Jumat, 28 Juni 2013

10 Danau Terbesar Di Dunia

Danau ialah cekungan besar di permukaan bumi yang tergenangi air dan dikelilingi oleh daratan. Air yang menggenangi cekungan tersebut bisa berupa air tawar, bisa juga berupa air asin. Meski demikian, mayoritas danau di dunia ini berair tawar.

Kebanyakan danau dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi dan olahraga. Berikut ini adalah informasi mengenai danau terbesar di dunia yang bisa membantu Anda untuk menentukan tempat rekreasi bersama keluarga.

1. Laut Kaspia

Laut Kaspia ialah danau terbesar di dunia. Meski bernama laut, namun sejatinya Lau Kapia merupakan sebuah danau karena terkurung daratan antara Asia dan Eropa. Danau yang juga dikenal sebagai Laut Mazandaran ini merupakan danau terbesar di dunia dengan luas mencapai 394.299 km². Danau yang memiliki tinggi sekitar 29 meter ini terletak di Asia.

2. Superior

Danau Superior menempati urutan kedua sebagai danau terbesar di dunia. Danau ini terletak di Amerika. Danau yang termasuk jenis danau glasial ini memiliki ketinggian 183 meter dan luas yang mencapai 82.431 km². Danau ini mendapat aliran masuk utama dari St. Nipigon, St Louis, Pigeon, Pic, White, Michipicoten, dan Kaministiquia, sedangkan aliran keluar utamanya adalah St Marys.

3. Victoria

Danau Victoria merupakan danau terbesar ketiga di dunia. Danau ini terletak di Afrika. Danau yang juga dikenal sebagai Ukerewe ini memiliki ketinggian yang mencapai 1.132 meter. Danau yang merupakan sumber dari cabang terpanjang Sungai Nil ini memiliki luas yang mencapai 69.484 km². Ada lebih dari 3.000 pulau di Danau Victoria. Mayoritas pulau-pulau tersebut tak berpenghuni.

4. Aral

Danau terbesar keempat di dunia ialah Danau Aral. Danau ini terletak di Asia Tengah. Danau ini diapit oleh Kazakhstan di utara dan Uzbekistan di selatan. Danau Aral memiliki luas yang mencapai 66.456 km² dan tinggi sekitar 50 meter. Sayangnya, karena kebutuhan irigasi negara yang bernaung di dekatnya, menjadikan proyek bendungan menyebabkan menyusutnya luas areal danau Aral ini.

5. Huron

Danau yang menempati posisi kelima sebagai danau terbesar di dunia ialah Danau Huron. Danau ini terlatak di Amerika. Danau Huron memiliki luas yang mencapai 59.595 km² dan tinggi sekitar 177 meter. Mayoritas kapal yang berlalu lalang di Danau Huron merupakan kapal pembawa barang seperti bijih besi.

6. Michigan

Danau Michigan merupakan danau terbesar keenam di dunia. Danau ini terletak di perbatasan Amerika Serikat. Danau Michigan memiliki luas sekitar 58.016 km² dan tinggi mencapai 177 meter.

7. Tanganyika

Danau terbesar di dunia yang ketujuh dipegang oleh Danau Tanganyika. Danau ini terletak di Afrika. Danau Tanganyika memiliki ketinggian sekitar 772 meter dan luasnya mencapai 32.893 km².

8. Baikal

Danau Baikal merupakan danau terbesar kedelapan di dunia. Danau ini terletak di Asia. Danau Baikal memiliki ketinggian sekitar 453 meter dan luasnya sekitar 31.499 km².

9. Great Bear

Danau Great Bear merupakan danau terbesar kesembilan di dunia. Danau ini terletak di Kanada. Danau Great Bear memiliki luas yang mencapai 31.080 km² dan tinggi sekitar 119 meter. Danau ini juga diliput oleh es selama delapan bulan dalam setahun. Keunikan dari danau ini ialah bentuknya yang seperti amuba raksasa dengan lima lengan besar.

10. Nyasa

Danau Nyasa merupakan danau terbesar kesepuluh di dunia. Danau ini terletak di Afrika. Danau yang juga dikenal sebagai Danau Malawi ini memiliki luas sekitar 30.044 km² dan tinggi sekitar 472 meter. Danau air tawar ini memiliki aliran keluar utama, yaitu Sungai Shire, sebuah anak sungai yang mengalir ke Sungai Zambezi.

Oleh : Nur Rokhanah


Related Posts :