Jumat, 28 Juni 2013

Eksotisme Laut Kaspia Sebagai Danau Terbesar Di Dunia

Danau adalah sebuah cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air tawar maupun asin yang dikelilingi oleh daratan di sekitarnya. ‘Terbesar‘ sendiri dapat dimaknai dari volume air atau luas permukaannya. Nah, Salah satu danau yang terkenal dan terbesar di dunia yaitu Danau Kaspia atau lebih dikenal dengan sebutan Laut Kaspia. Sebenarnya, Laut Kaspia ini lebih tepat disebut sebagai danau karena letaknya di daratan Asia dan Eropa (Eurasia) yaitu berbatasan di sebelah utara dengan Iran, di sebelah selatan dengan Rusia, di sebelah barat dengan Kazakhstan dan Turkmenistan, dan di sebelah timur berbatasan dengan Azerbaijan.

Kekhasan dari Kaspia yaitu selain memiliki karakteristik seperti yang dimiliki oleh danau, Kaspia juga memiliki karakteristik seperti laut yaitu wilayahnya luas serta rasa airnya asin. Rasa air yang asin ini akibat dari penguapan yang tinggi di Laut Kaspia yang mencapai 40 inci/tahun. Kadar garamnya sepertiga dari kadar garam yang dimiliki oleh laut yaitu 12,80/00.

Panjang laut Kaspia mencapai 1.210 kilometer dan lebarnya lebih dari 480 kilometer. Selain itu, bagian terdalamnya mencapai 1.025 meter dan ketinggian 28 meter di bawah permukaan laut. Luas danau ini mencapai 371.000 kilometer persegi.

Laut Kaspia kaya dengan kehidupan laut seperti ganggang biru hijau, ganggang cokelat, ganggang merah, ikan sturgeon, ikan salem, dan sebagainya. Ikan sturgeon ini merupakan ikan penghasil caviar yang harganya mencapai 50 juta per kilogramnya. Karena terlalu banyaknya peminat hingga membuat ikan ini terancam kepunahannya. Negara yang terkenal sebagai penghasil caviar terbesar di dunia yaitu Iran dan Rusia.

Selain kaya akan kehidupan lautnya, laut ini juga kaya akan minyak bumi dan gas alam. Eksplorasi tentang kekayaan minyak bumi dan gas alam ini dimulai sejak tahun 1920-an. Dan, di akhir tahun 1990-an dibangun pipa minyak yang menyalurkan gas alam melalui dasar Laut Kaspia ke Azerbaijan.

Di laut Kaspia ini terdiri dari 50 pulau kecil dan salah satu pulau terbesarnya yaitu pulau Chechen yang letaknya di sebelah barat laut. Di laut ini juga terdapat tiga sungai utama yang bermuara, diantaranya Sungai Volga, Sungai Ural, dan Sungai Terek.

Laut Kaspia memiliki peranan penting sebagai sarana transportasi air yaitu jalan bagi kapal-kapal yang mengangkut berbagai komoditas perdagangan seperti minyak bumi, kayu, kapas, dan beras.

Suhu udara di Laut Kaspia mencapai 24 hingga 26 derajat celcius pada musim panas sedangkan pada musim dingin suhu udaranya mencapai minus 10 hingga 10 derajat celcius. Wilayah Laut Kaspia memiliki iklim continental.

Berdasarkan hasil penelitian geologi dinyatakan bahwa danau ini terbentuk sekitar 5,5 juta tahun yang lalu akibat terjadinya penurunan muka bumi akibat peristiwa tektonik.

Oleh : Wahyu Inayah
Referensi:
Syukur, Abdul. 2005. ENSIKLOPEDI UMUM untuk PELAJAR jilid 5. Jakarta: PT Ichtiar Baru van Hoeve.
http://id.wikipedia.org/wiki/Danaudari
http://www.anneahira.com/danau-terdalam-di-dunia.htm
http://infobebas.web.id/2012/danau-terbesar-di-dunia.html. http://azembassy.or.id/ind/az/nature.shtml


Related Posts :