Senin, 08 Juli 2013

Menikmati Keunikan Danau-danau Terbesar Di Dunia

Mendengar kata danau, pastilah yang terlintas di pikiran kita adalah genangan air tawar yang luas, panorama perbukitan indah dibalut dengan hutan hijau yang lebat, serta udara segar yang sejuk dan bebas polusi.

Suasana di atas adalah sedikit gambaran mengenai suasana danau dan keindahan yang melekat padanya, yang biasa kita temui pada objek wisata danau yang ada di Indonesia. Namun tahukah anda, beberapa danau di dunia tak hanya indah, namun juga unik. Keunikan yang paling kentara adalah luas danau-danau tersebut melebihi danau lain umumnya, danau-danau ini tercatat sebagai danau terbesar di dunia, sehingga satu buah danau bisa dimiliki oleh lebih dari dua Negara.

Berikut ini akan disajikan enam danau terbesar di dunia, lengkap dengan letak dan keunikan masing-masing danau tersebut.

1. Laut Kaspia ( Danau Laut Kaspia)

Danau laut Kaspia adalah danau terbesar di dunia yang terletak antara perbatasan benua Asia dan Eropa. Danau ini sesungguhnya adalah laut yang terkurung oleh daratan, hal ini menyebabkan danau Kaspia memiliki air yang asin. Danau laut Kaspia mendiami lima Negara. Mulai dari Azerbaijan, Rusia, Kazakhstan, Turkmenistan, hingga sebagian provinsi di Negara Iran. Danau laut Kaspia mempunyai luas 394.299k km2 dan kedalaman 946 m2, danau ini memang begitu luas sehingga para penduduk menyebut sebagai laut, jika anda mengunjungi danau ini, anda akan dimanjakan oleh pesona alam mediterania yang eksotik.



2. Superior

Danau Superior merupakan danau terbesar kedua di dunia, namun merupakan danau air tawar dengan permukaan terluas nomor satu di dunia. Danau ini berada di Negara Amerika Serikat dan Kanada. Danau ini memiliki luas 82.414 km2 dan kedalaman hingga 406 m2. Danau ini memiliki pemandangan yang sangat indah, selain piknik keluarga, danau ini juga di gunakan wisatawan lokal untuk aktivitas memancing dan wisata alam air lainnya.



3. Victoria

Danau Victoria merupakan sebuah danau air tawar yang membentang di benua Afrika, mulai dari Negara Tanzania hingga Uganda. Danau dengan luas 96.485 km2 dan kedalaman maksimum 82 m2 ini adalah danau terbesar di Afrika serta danau tropis terbesar di dunia. Yang istimewa, danau ini merupakan muara dari salah satu cabang sungai Nil, selain itu di tengah danau ini bertebaran pulau-pulau kecil tak berpenghuni. Hal ini dapat menjadi daya tarik bagi anda yang tidak hanya gemar wisata air, tapi juga berpetualang menelusuri pulau-pulau tersebut.



4. Huron

Danau Huron adalah danau terbesar di dunia selanjutnya. Danau ini mendiami Benua Amerika dan dimiliki bersama oleh Negara Amerika Serikat dan Kanada. Danau air tawar ini memiliki luas permukaan 59.596 km2, sedangkan memiliki kedalaman 229 m2. Sebagaimana danau lain yang berfungsi sebagai jalur transportasi air, danau Huron juga merupakan objek wisata yang sangat populer dan diberdayakan dengan sangat baik, terutama oleh pemerintah Kanada. Di Kanada danau Huron merupakan objek wisata alam liar yang diminati. Di Negara itu, danau Huron terkenal dengan turnip stone atau batu besar di pesisir danau yang menyerupai lobak.



5. Michigan

Danau Michigan adalah salah satu dari lima danau terbesar di Amerika Serikat. Danau ini begitu terkenal karena membatasi empat dari Negara bagian di Amerika. Luas danau ini mencapai 58.016 km2 sedangkan kedalamannya hingga 281 m2. Jika anda mengunjungi kota Chicago, mungkin anda akan berminat menikmati hamparan luas danau ini, karena Chicago merupakan kota terbesar yang berbatasan dengan danau Michigan.



6. Aral

Di urutan ke-enam adalah danau Aral. Danau ini terletak antara Kazakhstan bagian utara dan Uzbekistan bagian selatan. Luas danau ini terus menyusut semenjak 1960-an dari 66.456 km2 menjadi hanya 59.596 km2. Hal ini menyebabkan posisi danau Aral sebagai danau terbesar ke empat di dunia juga menurun hingga hanya berada di posisi enam. Berbicara mengenai Danau Aral berarti membicarakan kelamnya masa lalu di bawah pimpinan penguasa diktator. Buah dari penerapan teknologi yang membabi-buta pada masa Uni Soviet telah mengakibatkan pencemaran lingkungan, rusaknya ekosistem dan penyakit-penyakit yang diderita penduduk sekitar danau yang diperkirakan bersumber dari pencemaran tanah dan air sekitar danau.



Demikianlah urutan enam danau terbesar di dunia, selain luas dan dalam, masing-masing danau memiliki keunikan dan kisah masing-masing. Selain keenam danau di atas tentu masih banyak objek wisata danau yang dapat dijadikan tujuan wisata, yang mana telah pula dianugerahi pemandangan alam dan keunikan yang tak kalah memukau.

Oleh : Tika Dwi


Related Posts :