Jumat, 23 Agustus 2013

Danau Plitvice, Danau Kembar 16

Pada artikel sebelumnya di situs ini telah membahas mengenai keeksotisan danau Kalimutu, NTT dengan tiga buah danau yang memiliki tiga warna berbeda. Melirik ke negara lain, tepatnya di Kroasia, negara yang terkenal dengan jumlah taman nasionalnya yang banyak. Kita akan mendapati sebuah danau yang tidak kalah hebat dengan danau Kalimutu milik Indonesia, terkenal dengan sebutan danau kembar 16. Mendengar namanya saja sepertinya sudah mulai terbesit di pikiran kita betapa uniknya danau ini. Di Kroasia sendiri, danau ini dinamakan danau Plitvice karena terletak di taman nasional Plitvice merupakan salah satu taman nasional di Kroasia dengan pengunjung wisata terbanyak. Disebut danau kembar 16 karena pada taman nasional Plivice terdapat 16 buah danau yang di mana setiap warna pada danau tersebut ada yang sama dan ada pula yang berbeda. Keragaman warna pada danau-danau Plitvice tergantung pada keadaan tempat, keadaan cuaca dan kandungan mineral tiap masing-masing danau, sehingga warna pada tiap danau tidak pernah menentu, kadang berwarna hijau, berwarna abu-abu, ada juga biru keputih-putihan. Jika kita melihatnya dari atas maka akan tampak danau-danau tersebut seperti bertingkat tangga dari yang teratas 2.087 kaki sampai danau terbawah 1.650 kaki.

Bagi anda yang mencari tempat wisata menarik di luar negeri, mengunjungi taman nasional Plitvice bisa menjadi wisata yang menyenangkan bagi anda. Melihat keunikan danau kembar 16 ini maka anda juga akan dimanja dengan pemandangan gunung-gunung indah yang mengelilinginya. Terdapat 3 gunung di sekeliling danau Plitvice : Gunung Mala Kapela, Dinaric Alps dan gunung Medvedak, tidak hanya itu sekitar danau juga terdapat bukit-bukit terjal yang akan menambah keindahan danau Plitvice dengan air terjunnya. Pantas saja semua keindahan ini menjadikan taman nasional Plitvice masuk dalam daftar warisan budaya dunia UNESCO.

Buat yang penasaran ingin liat foto-foto danau kembar 16 atau danau Plitvice, cek this out :



Ini dia guys, danau kembar 16, lihat banyak variasi bentuk danau-nya yang menambah keindahan danau tersebut. Bukit-bukit terjal/curamnya menciptakan air terjun yang menambah daya tarik danau plitvice.



Tampak danau Plitvice jika dilihat dari atas, bentuknya seperti tingkatan tangga. Dan karena sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia tentunya danau plitvice sangat dilindungi dan dijaga keasriannya.



Ini foto danau Plitvice jika dilihat dari jarak dekat, tampak sekali kejernihan air danaunya dan suasana danau yang rimbun. Sudah pasti akan mengesankan waktu wisata anda di tempat ini.

Demikian ulasan singkat mengenai danau kembar 16 atau danau Plitvice di Kroasia, keunikan danau tersebut menyuguhi keindahan pemandangan yang luar biasa. Keindahan dengan segala kekuasaan dan kebesaran Tuhan dalam menciptakannya.

Oleh : Roma Doni
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi : http://travel.detik.com
Sumber Photo: Google.com


Related Posts :