Jumat, 21 Februari 2014

Pesona Danau Hillier, Si Danau Merah Muda dari Australia

Pada artikel kali ini penulis mengajak anda untuk mengenal keindahan danau yang ada di salah satu negara tetangga yang terkenal dengan binatang kanggurunya, yaitu Australia. Di Australia, jelasnya di Middle Island, Australia Barat, terdapat sebuah danau yang dapat memanjakan mata siapapun yang melihatnya. Danau ini diberi nama danau Hillier, keindahan danaunya dikarenakan pada warna air danau yang berwarna pink atau merah muda.

Warna unik dari air danau inilah yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung melihat secara langsung keindahannya. Meskipun perlu diketahui juga, danau Hillier bukan satu-satunya danau di dunia yang memiliki keindahan itu, karena ada danau Retba dan kolam garam di San Francisco Bay yang juga memiliki keindahan warna air yang sama.

Awal mula ditemukannya danau ini adalah oleh seorang navigator dan hydrographer asal inggris yang bernama Matthew Flinder. Ketika itu pada tahun 1802, ia melakukan pendakian ke puncak tertinggi Middle Island dalam rangka mengamati perairan sekitar.

Sesampainya di puncak Middle Island atau yang sekarang dikenal puncak Flinder, di sanalah ia akhirnya menemukan adanya danau Hillier. Karena letaknya sendiri yang berada di tengah hutan belantara, jadi danau Hillier hanya bisa dilihat secara keseluruhan melalui udara, atau bisa juga menjelajahi kepulauannya langsung dengan berlayar dari Esperance, sekalian melihat pemandangan satwa-satwa liarnya di kawasan Recherche Archipelago.

Danau Hillier memiliki ukuran panjang sekitar 600 meter, di kanan kiri danau dihiasi dengan pepohonan paperbak dan eukaliptus. Bukit-bukit pasir pada tepian danau dan pepohonan yang tumbuh rimbun mengelilinginya memisahkan danau Hillier dengan samudra selatan. Kehadiran dari danau ini telah membawa pengaruh yang baik terutama untuk menghidupi sejumlah besar burung asli atau yang bermigrasi ke wilayah sekitar hutan dari danau Hillier. Sehingga danau ini dianugerahi sebagai Important Bird Area (BIA) oleh Birdlife International.



Jika dibanding dengan danau lain yang juga berwarna sama, air pada danau Hiller asli berwarna merah muda. Jadi bukan karena warna pantulan dasar dari danau ini, melainkan memang warna asli air tersebut berwarna merah muda. Apabila anda mengambil air tersebut kemudian menaruhnya pada sesuatu tempat maka warna airnya tidak akan berubah, tetap merah muda.

Sampai sekarang beberapa peneliti masih belum bisa memastikan mengenai asal muasal dari air danau tersebut. Hipotesis dari sejumlah peneliti ada yang menyatakan warna pada air danau itu berasal dari warna hasil produksi organisme Dunaliella salina dan Halobacteria yang ditemukan pada danau. Namun ada juga yang meyakini, warna merah muda pada danau, berasal dari bakteri halofilik merah yang hidup di kerak garam danau.

Di Australia sendiri, danau Hillier menjadi tempat tujuan favorit bagi para wisatawan yang berlibur ke sana. Kebanyakan para wisatawan memulai perjalanan dengan berlayar dari Esperance, karena di daerah ini wisatawan juga akan disuguhi banyak tempat-tempat seru yang tak kalah menarik, seperti tempat untuk melakukan aktivitas berkuda, selancar angin, bersepeda, memancing dan masih banyak lagi. Semua itu dimaksudkan untuk membuat hari-hari liburan di sana menjadi lebih berkesan dan semakin seru pastinya.

Oleh : Roma Doni
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi : http://www.australia.com/id/explore/states/wa/pink-lake.aspx
http://life.viva.co.id/news/read/396778-misteri-danau--pink--hillier-di-australia
Sumber Gambar : http://www.gen22.net/2013/03/keindahan-danau-hillier-danau-merah.html


Related Posts :