Rabu, 21 Mei 2014

Dibalik Keunikan Danau Kliluk, Si Danau Polkadot dari Kanada

Melirik danau yang ada di Kanada, di sana juga ada danau yang terkenal akan keunikan pada bentuk danaunya, ialah danau Kliluk. Kepopuleran danau Kliluk ini karena pada permukaan air danaunya secara alamiah membentuk bulatan-bulatan yang berwarna-warni dan menyerupai polkadot. Jika sebagian orang mengenalnya dengan nama danau Kliluk, sedangkan oleh masyarakat setempat, danau ini disebut spotted lake atau danau polkadot.

Danau Kliluk berlokasi di kota Osoyos di British Columbia, Kanada. Danau ini memiliki luas kurang lebih 38 hektar, disebutkan ada sekitar 365 bulatan menghiasi keindahan danau dengan ukuran yang berbeda-beda. Beberapa sumber informasi menyebutkan, bulatan tersebut terbentuk dari tumpukan garam yang mengapung di permukaan dan membentuk sebuah lingkaran. Garam-garam itu berasal dari kandungan mineral pada danau yang biasanya muncul ketika musim panas tiba.

Di musim panas, air pada permukaan danau ini akan menguap dan menghasilkan banyak kandungan unsur zat di dalamnya, diantaranya : Magnesium Sulfat, Kalsium, Natrium Sulfat, dan 8 jenis mineral lainnya namun ada juga kandungan perak dan titanium meskipun dalam kadar yang rendah. Setiap kandungan mineral akan memunculkan warna yang berbeda-beda pada bagian bulatan polkadot yang terbentuk, ada yang berwarna agak kekuningan, putih, biru, hijau, dan abu-abu.

Akibat dari kandungan unsur-unsur zat di dalamnya yang beragam pada danau Kliluk ini, danau ini sempat dimanfaatkan oleh pabrik pembuatan amunisi di kanada Timur pada saat perang dunia 1 dalam membuat amunisi mereka. Kualitas air danaunya juga dimanfaatkan oleh penduduk setempat sebagai terapi pengobatan. Bagi suku Indian ditempat ini, lumpur dan air danau Kliluk sering dipakai untuk menyembuhkan berbagai penyakit karena dipercaya sangat ampuh.



Dalam sebuah cerita dikatakan, saat terjadinya gencatan senjata dari peperangan diantara dua suku, maka beberapa orang yang mengalami luka dibawa ke danau ini untuk disembuhkan dengan bantuan lumpur dan air danau Kliluk. Sehingga oleh masyarakat asli setempat, danau Kliluk ini termasuk tempat yang suci dan tidak boleh dirusak.

Sebelumnya, selama 40 tahun lamanya kepemilikan danau ini dikuasai oleh Ernest Smith Family. Tetapi akibat dari adanya desakan dan penolakan dari masyarakat setempat yang menganggap sebagai pemilik asli danau tersebut. Maka pada tahun 2011 lalu, melewati serangkaian proses yang cukup rumit, akhirnya danau Kliluk dijual dengan harga US$720 ribu, atau jika dirupiahkan kurang lebih sebesar 8,2 miliar.

Saat ini, jika anda berlibur ke Kanada dan ingin berkunjung ke danau Kliluk ini, anda tidak diperbolehkan melihat danau ini terlalu dekat. Selain danau Kliluk dianggap sakral oleh masyarakat setempat, juga di sekeliling danau telah dipasang pagar kawat guna menghindari orang masuk. Anda dapat melihat keindahan danau Kliluk dari pinggir jalan, dijamin tidak akan mengurangi keeksotisan danau Kliluk ini. Apalagi dengan posisi yang seperti itu, anda juga sekalian dapat melihat pemandangan sekitar danau yang dikelilingi pepohonan hijau dan perbukitan yang curam akan menambah indahnya suasana dari danau Kliluk ini.

Oleh : Roma Doni
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi :
http://www.kisuta.com/20130528-indah-dipandang-dan-menyembuhkan
http://life.viva.co.id/news/read/449288-kliluk--danau-sakral-tempat-pembuatan-amunisi-perang-dunia-i
Gambar : http://travel.detik.com/read/2012/10/23/172800/2070748/1383/3/ini-dia-5-danau-paling-aneh-di-dunia


Related Posts :