Selasa, 17 Juni 2014

Mengenal Danau Dayang Bunting Beserta Mitosnya

Apabila anda berkunjung ke negara tetangga Malaysia, bolehlah sesekali untuk singgah menikmati pemandangan di salah satu danau yang terdapat di sana. Danau yang dimaksud adalah Danau Dayang Bunting (Pregnant Maiden Island). Nama danau yang sangat unik, bukan? di mana yang kita tau, istilah bunting dalam kamus KBBI memiliki arti mengandung atau hamil.

Sekilas nama yang dipakai memang sesuai dengan struktur geografis danau ini. Dikelilingi dengan perbukitan dan bebatuan yang rimbun yang jika dilihat dari atas seolah-olah menyerupai wanita hamil yang sedang terbaring. Namun ada juga yang mengatakan nama danau ini diambil dari legenda Tasik Dayang Sari atau Putri Mambang Sari yang merupakan seorang putri kayangan di zaman dahulu.

Danau Dayang Bunting ini tepatnya terletak di pulau Langkawi, Malaysia. Berjarak sekitar 17,6 km dari dermaga Kuah atau Pantai Cenang, Langkawi. Perjalanan dengan perahu bisa memakan waktu kurang lebih 15 menit.

Pulau Langkawi memang terkenal menjadi tujuan wisata para turis asing yang berkunjung ke malaysia. Sebab di pulau ini terdapat banyak danau yang masih terjaga keeksotisannya, ditambah dengan legenda, mitos, cerita-cerita rakyat yang beredar membuat banyak kalangan penasaran dengan tempat ini.

Berdasarkan data, ada sekitar 104 danau yang terdapat di pulau Langkawi. Beberapa danau di sekitar Langkawi diantaranya : Danau Mahsyuri, Gergaji Bertarung, Geroda dan Jentayu, Telani dan Telanai, Telaga Tujuh, termasuk juga Danau Dayang Bunting, dll.

Dibandingkan danau lainnya, danau Dayang Bunting merupakan danau nomor dua terbesar di Langkawi setelah pulau Langkawi itu sendiri. Danau ini menjadi sangat istimewa ketika dikaitkan dengan mitos yang berkembang di masyarakat setempat, yang mempercayai bahwa dengan mandi dan minum air Danau Dayang Bunting dapat menyuburkan kandungan wanita yang sulit memperoleh keturunan/anak.



Hal tersebut didasarkan oleh legenda Tasik Dayang Sari atau Putri Mambang Sari. Dikisahkan seorang putri kayangan bernama Mambang Sari memiliki paras yang cantik jelita. Sang putri sangat suka dan gemar sekali bermain dan mandi di danau ini. Hingga suatu waktu seorang raja bernama Mat Teja lewat di sekitar danau dan melihat sang putri. Melihat kecantikan sang putri, Mat Teja langsung jatuh hati kepadanya.

Segala upaya dilakukan sang raja untuk menaklukkan hati sang putri, namun upaya itu tidak pernah berhasil. Hingga akhirnya ia bertemu dengan seorang guru sakti, yang menyarankannya agar membasuh wajahnya dengan air mata putri duyung. Singkat cerita, berkat saran guru sakti tersebut putri Mambang Sari pun takluk kepada Mat Teja, dan mereka pun menikah.

Dari pernikahan tersebut, putri Mambang Sari melahirkan seorang anak, sayangnya kebahagiaan itu tidak berlangsung lama. Buah hati mereka meninggal dunia di hari ketujuh setelah kelahirannya, disebabkan penyakit misterius yang diderita sang anak. Dengan kesedihan yang mendalam, sang putri meletakkan jenazah anaknya di dalam danau ini, lalu ia kembali ke kayangan. Menurut masyarakat setempat, sebelum sekembalinya sang putri ke kayangan, ia membacakan mantera pada danau ini sebagai penawar bagi pasangan yang belum memperoleh keturunan/anak.



Terlepas dari mitos yang melekat pada danau Dayang Bunting ini, danau ini tetap menyuguhkan panorama keindahannya dalam memanjakan mata para pengunjung. Apalagi tak jauh dari danau ini kita bisa menemukan Gua Langsuir, hasil pengikisan ombak laut jutaan tahun lamanya. Hmmm.. menakjubkan.

Para pengunjung juga dapat mencoba berbagai olahraga air yang memang disediakan pihak pengelola, seperti mendayung perahu, dan banana boat. Jika anda ingin berenang juga diperbolehkan karena ombaknya tidak terlalu kuat dan masih aman. Air danaunya juga masih bening dan bersih.

Berbagai fasilitas lainnya di danau ini bisa dibilang lengkap. Tersedia pertokoan yang menjual suvenir khas setempat, penginapannya juga ada. Harga yang anda bayar sesuailah dengan kenyamanan yang akan anda terima. Selamat Berkunjung :)

Oleh : Roma Doni
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Gambar :
http://www.poenta.net/2013/11/danau-dayang-bunting-mitos-unik-di-danau-indah-malaysia.html
Referensi Tulisan:
http://jalan2.com/city/langkawi/pulau-dayang-bunting/
http://www.jalanjalanasyik.com/traveling/menyelami-legenda-dan-mitos-pulau-dayang-bunting-langkawi/
http://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Dayang_Bunting


Related Posts :