Jumat, 13 Juni 2014

Pesona Diksi Danau Webster

Dunia ini tercipta dengan berbagai pesona yang menawan. Panorama yang menakjubkan menjadi sasaran berkunjung untuk bersantai melepaskan kelelahan atau sebagai sarana untuk mempererat sebuah hubungan. Pantai, pegunungan, pulau, dan danau, menjadi tempat yang banyak diminati oleh masyarakat. Peminat biasanya akan menikmati keunikan serta keindahan dari suatu tempat. Pada umumnya, keindahan panoramalah yang akan memikat seseorang untuk berkunjung. Namun, ada salah satu danau yang menunjukkan sisi uniknya bukan hanya dari panorama tapi juga namanya.

Danau ini dikenal dengan sebutan danau yang mempunyai nama terpanjang di dunia, selain dengan sebutan danau terpanjang namanya di dunia, danau ini juga dikenal dengan sebutan danau Webster. Terletak di Amerika Serikat di kota Webster. Danau Webster mempunyai luas area sekitar 5.84 km2.

Danau Chaubunagungamaug adalah nama resmi danau Webster. Nama ini terlihat unik bukan? Untuk sebuah nama dengan bahasa Amerika ini termasuk nama yang unik, dan lebih uniknya ada versi nama lain yang lebih panjang daripada nama tersebut. Chargoggagoggmanchauggagogg, ini dia versi nama panjang danau Webster. Nama resmi danau Webster berasal dari suku Nipmuck yang artinya “memancing di perbatasan”, dan faktanya tempat ini memang menjadi lokasi utama pemancingan yang berada di perbatasan. Bukan hanya suku Nipmuck saja yang mempunyai sebutan untuk danau unik ini, tetapi suku-suku lain juga mempunyai nama khusus danau tersebut dengan sebutan ala sukunya.

Nama danau yang ekstra panjang ini dinobatkan sebagai nama danau yang terpanjang pertama di Amerika Serikat dan ke enam di dunia. Nama tersebut mengandung 45 huruf yang didominasi oleh huruf “g” dan “a”. Nama yang terpanjang ini digunakan pertama kali digunakan ketika abad ke-19 ketika orang kulit putih membangun pabrik di sana.



Sisi unik yang lain dari danau ini adalah menjadi pertemuan berbagai jalan setapak. Jalan ini menjadi sarana perhubungan suku asli di sekeliling danau, dengan kata lain, aktivitas suku asli sebagian besarnya ada di danau ini. Webster, danau ini pula dikenal sebagai tempat pertemuan untuk suku asli. Selain itu ada istilah humor yang digunakan sebagai arti dari danau Webster “you fish on your side, I fish on my side, no body fish in the middle” yang kurang lebih artinya “ada ikan di sisiku, ada ikan di sisimu, dan tak ada ikan di tengah”. Istilah pantas disandingkan dengan danau ini karena danau ini merupakan tempat yang nyaman untuk memancing dan ikanpun ada di mana-mana.



Inilah satu dari jutaan keunikan dunia. Diksi dari nama danau Webster, menjadi sisi unik danau tersebut. Walau ada beberapa nama yang tercipta justru nama yang paling panjang yang menjadi terkenal dan sering digunakan.



Oleh :
Sumber: Wikipedia.com, Oldwebster.com
Gambar diambil dari: http://sport.news.viva.co.id/cangkang/olimpiade/foto/read/10947-mengunjungi-danau-dengan-nama-terpanjang-di-dunia


Related Posts :