Selasa, 08 Juli 2014

Danau Turkana, Danau Gurun Terbesar di Dunia

Mungkin banyak diantara kita belum begitu familiar dengan nama Danau Turkana, tetapi tidak demikian dengan masyarakat yang berada di negara kawasan Afrika Timur, khususnya negara Kenya. Bagi masyarakat di sana keberadaan danau Turkana menjadi tempat yang sangat istimewa, tentu saja karena danau ini berada di tengah-tengah kawasan wilayah gurun yang gersang dan panas di mana sangat sulit untuk menemukan hamparan sumber air yang luas.

Ya, kehadiran danau Turkana menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat di sekitar danau. Ada sekitar satu juta orang lebih dari setidaknya sepuluh suku adat yang berbeda, menggantungkan hidupnya dari Danau turkana ini sebagai sumber pangan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Baik itu dari memancing, penggembalaan ternak (minum), untuk penyiraman tanaman dan lain-lain.

Lokasi geografis danau ini terdapat di negara Kenya tepatnya di daerah Great Rift Valley. Dahulunya danau Turkana ini dijuluki oleh masyarakat sekitar dengan sebutan Danau Rudolf, namun sebagian masyarakat malahan menyebut danau ini sebagai lautan bukan danau, hal ini akibat hamparan luas danaunya menyerupai lautan luas dan airnya juga yang tampak agak kebiru-biruan seperti batu giok, sehingga mereka menyebutnya laut giok atau jade sea.

Tidak berlebihan rasanya jika mereka mengira danau Turkana ini sebagai Lautan ataupun pantai, sebab luas danaunya sendiri mencapai kurang lebih 7000 km dengan kedalaman 30 m. Inilah yang menjadikannya sebagai danau gurun terbesar di dunia. Walaupun letaknya di kawasan gurun, tetapi di sekitar Danau Turkana ini hembusan anginnya cukup kenyang sekali dan kadangkala badai bisa datang dan terjadi, siapapun mungkin akan merasa berada di daerah pantai atau lautan jika berada di sini merasakan kondisinya langsung.



Air danaunya sendiri berasal dari tiga aliran sungai, yaitu sungai Omo Ethiopia, Turkwel dan sungai Kerio. Di sekitar danau banyak dikelilingi bebatuan yang menjadi sarang bagi kalajengking, tidak hanya itu danau ini memang menjadi rumah bagi beberapa habitat hewannya seperti burung, ular berbisa dan buaya Nil. Oleh karena itu, meskipun wilayah danau ini sudah seringkali dijadikan tempat ekspedisi para wisatawan, namun tetap harus memerlukan panduan dari orang-orang yang sudah berpengalaman untuk menelusuri tempat ini sebagai upaya menghindari atau berjaga-jaga dari bahaya binatang liarnya.


Seorang anak menggembala ternak di sekitaran danau

Danau Turkana ini juga pernah menjadi catatan bukti sejarah penemuan sebuah fosil manusia zaman dahulu. Fosil temuannya terkenal dengan sebutan bocah Turkana atau bocah Nariokotome, fosil ini ditemukan pada tahun 1984 oleh Kamoya Kimeu, terklasifikasikan menjurus kepada tiga jenis fosil manusia : Homo erectus, Homo ergaster atau Homo Habilis tertua yang hidup dua juta tahun yang lalu. Hal ini menandakan bahwa ditempat ini telah sejak lama dijadikan tempat hidup manusia pada zaman dahulu. Tak pelak, hal itu membuat danau Turkana ini menjadi salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO.


Wilayah Berbatu

Namun, kenyataan yang kurang menyenangkan saat ini adalah keadaan di wilayah Danau Turkana seringkali terjadi konflik saudara. Dikarenakan perebutan dalam pengaksesan air danaunya oleh dua wilayah yakni Kenya dan Ethiophia. Inilah yang menjadikan kehidupan di wilayah Turkana menjadi sangat keras di tengah daerah yang kering nan gersang. Dalam setiap kegiatan apapun yang berhubungan dengan danau Turkana masyarakat setempat selalu mewaspadai diri dengan membawa senjata tajam untuk berjaga-jaga dari adanya serangan.


Warga sekitar danau Turkana membawa senjata

Oleh : Roma Doni
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Gambar :
Pic 1 : http://derawanmurah.files.wordpress.com/2013/11/danau-paling-unik-di-dunia-laut-turkana.jpg
Pic 2 : http://berita.plasa.msn.com/wow/kerasnya-kehidupan-di-danau-turkana-1?page=22
Pic 3 : http://klik77.blogspot.com/2013/04/danau-turkana-danau-gurun-terbesar-di.html
pic 4 : http://berita.plasa.msn.com/wow/kerasnya-kehidupan-di-danau-turkana-1?page=10#image=10
Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Danau_Turkana
http://unfari.kelaskaryawan.co.id/_b.php?_b=infop2k&id=22548
http://warungkopi.okezone.com/showthread.php?6140-Luar-Biasa-Danau-Turkana-Seluas-Lautan!


Related Posts :