Selasa, 01 Juli 2014

Mengunjungi Danau Kakaban, Danau yang Kaya Ubur-ubur

Berwisata yang seru dan menyenangkan tidak harus pergi keluar negeri. Di Indonesia tercinta ini ada begitu banyak tempat wisata yang sangat indah dan mempunyai daya tarik tersendiri. Nah, khusus bagi anda pecinta diving atau snorkeling jangan sampai melewatkan untuk berwisata ke salah satu danau unik yang ada di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur, yaitu danau Kakaban namanya.

Pernahkah anda mendengar atau mengetahui tentang danau ini? Danau kakaban menjadi sangat populer dan menarik karena terdapat beragam biota laut di dalamnya, terutama ubur-ubur. Mungkin anda akan bertanya-tanya bagaimana mungkin sebuah danau dihuni oleh biota (hewan dan tumbuhan) laut? Yah, ini memang benar adanya.

Awal mulanya danau kakaban ini adalah danau prasejarah yaitu pada zaman peralihan holosin. Danau ini dahulunya berisi air laut yang terjebak di pulau kakaban. Memiliki luas sekitar 5 Km2 dan dikelilingi dinding karang terjal setinggi 50 meter, sehingga air laut yang ada di dalam tidak bisa keluar. Selama 2 juta tahun lamanya air laut tersebut bercampur dengan air hujan dan air tanah.

Karena proses perubahan dan evolusi yang cukup lama, maka danau yang semula berisi air laut tersebut lama-kelamaan sebagian besar airnya menjadi lebih tawar dari air laut di sekitarnya.Sehingga fauna laut di dalamnya juga melakukan adaptasi lingkungan untuk dapat bertahan hidup.

Di penjuru dunia, danau yang mengalami proses seperti ini hanya bisa dijumpai di dua tempat saja, satu di Indonesia, satunya lagi di Danau Ubur-ubur Palau, Kepulauan Micronesia di kawasan Tenggara Laut Pasifik.

Misalnya pada fauna ubur-ubur yaitu dengan melakukan simbiosis mutualisme dengan algae. Alhasil, bentuk ubur-uburnya sendiri juga mengalami evolusi berperilaku, dan tampilan fisik yang berbeda demi bisa bertahan hidup.



Jika di lautan lepas ubur-ubur memiliki kemampuan untuk menyengat, lain halnya di danau kakaban, ubur-ubur di danau ini tidak menyengat. Jadi, anda tidak perlu was-was dan takut tersengat jika harus memegang ubur-ubur ini. Memang yang membuat danau ini terkenal selain proses pembentukan danau ini sendiri, juga karena adanya berbagai jenis ubur-ubur yang populasinya cukup tinggi di danau kakaban. Tidak heran, sebagian masyarakat mengenal danau ini dengan sebutan danau ubur-ubur.

Bagi anda yang ingin berlibur mengunjungi danau Kakaban, tinggal datang ke pulau Derawan, Kalimantan Timur. Dari Derawan perjalanan dilanjutkan menuju Pulau Kakaban, bisa dengan perahu tradisional (sekitar 3 jam) atau juga speedboat (sekitar sejaman). Sesampainya di Pulau Kakaban, kita diharuskan mendaki bukit atol untuk bisa sampai ke danau Kakaban ini. Pendakian memakan waktu kurang lebih 45 menit. Barulah kita bisa melihat Danau Kakaban yang memiliki luas sekitar 5 km persegi ini.



Rute pendakian ke sana memang cukup terjal, selain itu anda diminta untuk jangan kaget melihat binatang-binatang berkeliaran di sana seperti biawak, ular, semut besar bercapit, kelabang yang mungkin akan anda temui. Tenang saja, segala rintangan tersebut akan terbayarkan lunas ketika anda telah sampai di danau Kakaban ini.

Demi melepas kepenatan selama perjalanan, anda bisa snorkeling di danau Kakaban, dan melihat ubur-ubur yang berkeliaran di sana. Bagi yang tidak bisa berenang, juga tetap bisa melihat cantiknya ubur-ubur di dalam danau itu karena air danaunya yang sangat bening. Jangan lewatkan untuk melihat ubur-ubur ketika sinar matahari mengenai danau, pada saat itu warna ubur-ubur akan terlihat indah sekali, berkerlap-kerlip.

Ada empat jenis spesies ubur-ubur yang nantinya dapat anda temui di sana. Ubur-ubur Emas (Mastigias cf papua, 1-20 cm), Ubur-ubur Bulan (Aurelia aurita, 5-50 cm), Ubur-ubur Terbalik (Cassiopea ornata, 15-20 cm), dan Ubur-ubur kotak (Tripedalia cystophora, 7-10 mm).

Danau Kakaban adalah satu dari beberapa danau yang memiliki daya tarik tersendiri di Indonesia. Danau ini menawarkan sejuta pesona yang akan membuat hari-hari liburan anda menjadi lebih berkesan. Ke Danau Kakaban Yuk!

Oleh : Roma Doni
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Gambar :
Pic 1 : http://borneo105.rssing.com/chan-6219419/latest.php
Pic 2 http://www.divetime.com/photos/Featured/Caroline_Istas/Jelly_Fish_Lake_5503.html
Referensi
http://id.wikipedia.org/wiki/Danau_Kakaban
http://www.readersdigest.co.id/travel/destinasi/4.danau.aneh.tetapi.nyata.di.indonesia/006/001/72


Related Posts :