Selasa, 19 Agustus 2014

Danau Boiling (Panas) vs Danau Abraham (Dingin)

Memang benar banyak sekali danau-danau di dunia ini yang dapat membuat mata setiap orang yang melihatnya terpesona. Namun, tahukah anda bahwa ada salah satu danau yang masuk kategori danau terindah namun sangat mematikan? Mematikan karena air danaunya yang super panas.

Danau Boiling terletak di Morne Trois Pitons National Park sekitar 10,5 km di sebelah timur Dominica. Dari namanya saja kita sudah dapat menarik kesimpulan bahwa air di danau Boiling sangat panas. Para ilmuwan memperkirakan bahwa suhu air di danau ini dapat mencapai 910C. Namun, para ilmuwan tidak dapat memperkirakan suhu tepatnya di pusat danau ini. Bayangkan saja betapa panas dan mendidihnya air di danau ini. Suhu di permukaan saja sudah mencapai 91,50C, apalagi suhu tepat di pusat air danau ini. Setelah diteliti oleh para ilmuwan, kedalaman air ini mencapai 59 m. Air di danau ini berwarna biru keabu-abuan dan dipenuhi gelembung-gelembung sebagai tanda air yang mendidih. Di sekitarnya banyak sekali uap seperti awan yang berasal dari air mendidih di danau ini. Air di danau ini berasal dari air hujan yang terkumpul selama bertahun-tahun.

Danau Boiling di Dominika merupakan mata air panas terbesar kedua setelah danau Wajan yang terletak di Lembah Waimangu dekat Rotorua, Selandia Baru.


1. Danau Boiling

Lalu bagaimana jika ada danau yang suhunya lebih dingin dari biasanya?

Danau Abraham merupakan sebuah danau buatan yang terletak di sungai Saskatchewan, di bagian barat Alberta, di Kanada. Danau Abraham sebenarnya merupakan suatu danau buatan. Danau Abraham berbeda dengan danau Boiling. Danau Boiling pasti sedikit bahkan tidak ada pengunjungnya karena airnya yang sungguh mematikan.Namun berbeda dengan danau buatan ini. Danau Abraham sangat ramai dikunjungi pengunjung karena permukaan airnya yang kelihatan seperti sebuah kaca. Biasanya danau-danau di dunia ini pada musim salju airnya akan membeku dan permukaannya tertutup salju. Akan tetapi, di danau Abraham permukaannya saja yang berbentuk padat sedangkan di bawahnya masih dapat terlihat kegelapan di dasar danau. Pengunjung pun boleh menginjakkan kaki di permukaan danau ini harus berhati-hati dikarenakan permukaannya yang sangat licin dan ditambah dengan hembusan angin.

Gelembung-gelembung udara yang biasanya terbentuk di dalam air, membeku di danau ini pada musim dingin. Gelembung tersebut akan membeku antara bulan November sampai dengan bulan Maret. Inilah yang membuat danau Abraham terlihat begitu unik. Bahkan beberapa fotografer sempat mengabadikan beberapa foto gelembung-gelembung tersebut yang membeku. Gelembung-gelembung tersebut sebenarnya berasal dari tanaman-tanaman bawah air yang melepaskan gas metan dan gelembung gas tersebut akan membeku ketika dekat ke permukaan. Suhu di sekitar danau Abraham juga lumayan dingin pada musim salju.


2. Danau Abraham

Oleh : Stevanus

Gambar:
1. http://4.bp.blogspot.com/-2hvFrThVeQs/UOTK0H6a_xI/AAAAAAAAAQI/ov7rjVghQbY/s1600/boiling+lake.jpg
2. http://media.viva.co.id/thumbs2/2013/01/07/186570_danau-abraham_663_382.jpg

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Boiling_Lake
Sumber:http://life.viva.co.id/news/read/380162-fenomena-gelembung-beku-di-danau-abraham
Sumber:http://www.apakabardunia.com/2013/01/indahnya-gelembung-membeku-danau-abraham.html


Related Posts :