Jumat, 29 Agustus 2014

Danau Loktak di India, dengan Phumdi yang Bermanfaat

India merupakan salah satu negara yang juga memiliki wisata alam berupa danau yang unik. Danau di India yang cukup menarik perhatian wisatawan dunia berkat keunikannya adalah danau Loktak. Danau ini berada di Provinsi Manipur (India), berjarak 39 Km dari Imphal ibu kota Manipur. Danau ini termasuk ke dalam bagian cagar alam Keibul Lamjao dan merupakan danau air tawar terbesar di timur laut India.

Setidaknya di danau Loktak ini ada 233 spesies tanaman air, ratusan jenis burung dan 425 spesies hewan langka hidup di danau ini seperti ular piton India, kijang, sambar dan Muntjac. Ini menjelaskan betapa kayanya keanekaragaman hayati dan hewani pada danau Loktak.

Bila melihat permukaan danau Loktak, ada yang berbeda dengan danau ini. Hampir dua pertiga permukaan danaunya dihiasi oleh gugusan pulau-pulau kecil yang terapung yang bentuknya melingkar menyerupai cincin. Garis lingkaran tersebut terbentuk akibat massa heterogen dari vegetasi, tanah, dan bahan organik pada berbagai tahap dekomposisi yang telah menebal menjadi bentuk padat seperti sebuah tanaman/rumput.

Gugusan pulau-pulau kecil itu dikenal oleh masyarakat setempat dengan nama Phumdi (tanaman Phumdi). Uniknya, Phumdi pada danau Loktak ini bisa bergerak dan berubah bentuk. Pergerakan Phumdi dipengaruhi oleh hembusan angin di sekitar danau, sementara perubahan bentuk Phumdi terjadi sesuai dengan pergantian musim.

Ketika musim kering tiba, bentuk Phumdi menjadi tidak beraturan, akar-akar Phumdi akan menyentuh dasar danau untuk menyerap nutrisi akibat dari air danau yang telah menyusut. Sebaliknya, bila musim hujan datang, akar-akar Phumdi yang telah tertancap pada dasar danau akan putus ditarik luapan air, dan Phumdi pun mengambang dan menyatu kembali berbentuk lingkaran di permukaan danau.



Phumdi di danau Loktak jumlahnya ada banyak, dan bentuk dari Phumdi itu bermacam-macam. Ada yang bagian tengahnya keras dan sudah tertutupi keseluruhan Phumdi, ada juga yang hanya berbentuk lingkaran dengan di tengahnya masih terdapat air danau Loktak.

Salah satu Phumdi ada yang memiliki ketebalan hingga 4,5 meter sehingga bisa membentuk daratan, keadaan itupun hampir menutupi danau Loktak itu sendiri. Phumdi yang dimaksud terletak di bagian tenggara danau, dengan luas mencapai 40 kilometer persegi dengan nama khangpoks. Ini merupakan Phumdi terbesar dan terluas di danau Loktak. Akibat dari ketebalan tanaman Phumdi tersebut bahkan dapat didirikan pondok-pondok mungil masyarakat yang bermukim di sekitar danau.

Sekalipun Phumdi-Phumdi itu sifatnya nomaden (tidak tetap) namun masyarakat tetap memanfaatkannya sebagai wilayah tempat tinggal, sebab masih banyak masyarakat yang menggantungkan hidupnya di danau Loktak ini. Tidak hanya masyarakat setempat, Provinsi Manipur pada umumnya juga bergantung dari pemanfaatan danau Loktak ini, misalnya sebagai sumber pembangkit listrik, irigasi, penyediaan air minum dan tempat mengais rezeki bagi nelayan. Para nelayan biasanya menggunakannya Phumdi yang berbentuk lingkaran dengan di tengahnya masih terdapat air danau Loktak sebagai tempat untuk membuat kandang melingkar guna budidaya ikan.



Kehadiran Phumdi pada danau Loktak juga memberikan peranan yang urgen bagi kehidupan makhluk di sekitarnya. Selain sebagai tempat penghidupan bagi manusia juga dalam upaya konservasi beberapa spesies hewan langka yang hanya hidup di sekitar danau tersebut.

Namun ironisnya, adanya proyek hidro elektrik di danau Loktak mengancam keberadaan Phumdi yang semakin menipis tiap tahunnya. Para wisatawan yang berkunjung diharapkan dapat menjaga kelestarian ekosistem Phumdi di danau Loktak dengan tidak berusaha memperparah keadaan yaitu dengan merusaknya.

Oleh : Roma Doni
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Gambar :
Pic 1 : http://wisbenbae.blogspot.com/2012/09/loktak-danau-terapung-india.html
Pic 2 : http://life.viva.co.id/news/read/416066-menikmati-misteri-danau-apung-di-india
Sumber Referensi :
http://wisbenbae.blogspot.com/2012/09/Loktak-danau-terapung-india.html
http://travel.detik.com/read/2012/09/05/192543/2009205/1383/unik-india-punya-pulau-pulau-yang-bergerak-sendiri
http://life.viva.co.id/news/read/416066-menikmati-misteri-danau-apung-di-india
http://m.merdeka.com/gaya/keajaiban-pulang-mengambang-di-danau-india.html


Related Posts :