Jumat, 08 Agustus 2014

Danau Nikaragua, Danau yang Berisikan Ikan Laut

Salah satu negara terbesar di kawasan Amerika Tengah adalah Republik Nikaragua. Negara yang pada mulanya dianggap berbahaya akibat sering terjadinya konflik politik, kini telah menjadi tujuan favorit bagi turis asing sejak terlaksana masa damai dan perubahan kepemimpinan di Negara ini.

Republik Nikaragua merupakan negara yang berbatasan dengan Honduras dan Kosta Rika. Di daerah ini terdapat dua danau, yakni danau Nikaragua dan danau Managua. Namun yang paling mempesona antara kedua danau tersebut tentu saja pada danau Nikaragua.

Sebenarnya tempat wisata di negara ini cukup banyak, ada pantainya, tempat berbelanja, kota-kota bersejarah, dan pemandangan gunung berapi (Gunung berapi Concepción, gunung Madera) juga dapat ditemui yang kerap dimanfaatkan para wisatawan untuk menyalurkan hobi hikingnya. Akan tetapi, yang menjadi ikon tempat berwisata di kawasan ini adalah keberadaan danaunya yang cukup unik dan menarik untuk ditelusuri.

Beberapa fakta mengenai danau Nikaragua diantaranya : Danau Nikaragua merupakan danau terluas kedua di kawasan Amerika Latin dengan luas 8.624 km2, kedalaman 26 meter dan ketinggian 32 meter di atas permukaan laut. Danau ini menempati urutan kesepuluh danau air tawar terluas di dunia. Ada lebih 400 pulau di danau Nikaragua, 300 diantaranya berada di daerah semenanjung Asese. Di mana pulau terbesarnya adalah pulau Ometepe yang terletak di tengah danau.



Pulau Ometepe

Dan yang lebih penting dari itu semua, di danau air tawar Nikaragua ini justru berisikan biota laut. Spesies Ikan laut seperti ikan hiu, ikan tuna, ikan pedang, ikan tarpon serta jenis ikan laut lainnya bisa anda temukan jika berkunjung ke danau Nikaragua ini, walaupun jumlahnya sendiri semakin hari semakin berkurang akibat penangkapan oleh masyarakat setempat.



Fenomena adanya biota laut pada danau air tawar ini seakan mengingatkan kita dengan sebuah danau di Indonesia, yaitu danau kakaban yang juga mengalami hal yang sama ketika spesies ubur-ubur yang umumnya berada di laut juga banyak di temukan di danau air tawar semacam itu.

Mengenai permasalahan mengapa hal ini bisa terjadi, menurut sumber Wikipedia, dulunya danau Nikaragua ini bagian dari Laut Karibia. Pada zaman pra-sejarah akibat dari peningkatan permukaan tanah, lama-kelamaan danau ini terpisah dari laut Karibia. Sehingga beberapa spesies hewan dan tumbuhan laut ada yang terikut pada danau ini yang kemudian beradaptasi menyesuaikan diri untuk hidup di danau Nikaragua.


Penduduk yang menangkap Ikan Hiu di danau Nikaragua

Sedangkan beberapa ilmuwan memercayai, danau ini mulanya adalah teluk yang menghadap ke Samudera Pasifik, tetapi akibat dari kegiatan gunung berapi akhirnya memisahkan teluk ini dari lautan. Dengan berkurangnya kadar garam pada air danau yang berubah menjadi tawar, para spesies laut yang terjebak di perairan ini mencoba beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

Berwisata ke danau Nikaragua tentu tidak hanya akan disuguhkan dengan realitas biota laut yang terdapat pada danau ini. Untuk menghabiskan waktu anda juga dapat melakukan olahraga surfing karena ombak di danau ini cukup kencang. Sedangkan apabila anda ingin berenang disarankan cukup di pinggiran danau saja agar terhindar dari kemungkinan serangan ikan hiu.



Selain itu, di sekitar danau atau tepatnya di tepi danau terdapat sebuah kota Granada, yang menjual berbagai suvenir setempat dan di sini anda juga dapat menikmati masakan khas negara ini.

Kota Granada merupakan kota tertua di Nikaragua yang menyimpan jejak sejarah berdirinya negara ini pada masa peperangan zaman dahulu. Sehingga masih banyak bangunan-bangunan tua peninggalan zaman dahulu yang dapat dijadikan bukti untuk mengamati sejarah dan budaya di negara Nikaragua.

Berwisata ke danau ini dengan melihat pemandangannya sekaligus mempelajari peristiwa sejarahnya tentu akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan dan lagi bermanfaat bagi anda.

Oleh : Roma Doni
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Gambar :
Pic 1 : http://quintessentialruminations.wordpress.com/2012/05/30/tilapia-a-red-herring-in-our-diet/
Pic 2 : http://anthonyjohncoletti.photoshelter.com/image/I0000JHRi197HOqo
Pic 3 : http://www.nicaliving.com/node/12346
Pic 4 : http://funlovingliving.com/category/nicaragua/
Sumber Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Danau_Nikaragua
http://wol.jw.org/id/wol/d/r25/lp-in/2009651
http://www.griyawisata.com/internasional/america/artikel/nikaragua-menjadi-objek-wisata-favorit-bagi-wisatawan-baru-seluruh-dunia


Related Posts :