Jumat, 01 Agustus 2014

Danau Unik Berbentuk Pistol di Belgia

Di negara Belgia tepatnya di wilayah Flandria, terdapat sebuah danau unik yang sangat populer bernama danau Schulensmeer. Keunikan danau ini akibat dari bentuk danaunya yang menyerupai sebuah pistol. Tentunya danau ini bukan merupakan danau alami yang terbentuk oleh alam, melainkan danau buatan manusia sehingga bentuknya bisa seperti itu.

Danau Schulensmeer dibangun pada tahun 1970, danau ini memiliki ukuran panjang 2,5 kilometer. Dibangun di dekat sebuah jalan raya kota menjadikan siapapun yang hendak berkunjung ke danau Schulensmeer tidak perlu menempuh perjalanan yang rumit untuk sampai ke tempat ini. Tidak heran, jika setiap harinya danau Schulensmeer selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun turis asing yang berkunjung ke Belgia.

Banyak yang mengira awal mula dibangunnya danau Schulensmeer ini adalah sebagai bagian dari promosi untuk salah satu film James Bond. Itu karena bentuk pistol pada danau ini menyerupai logo pistol yang sering dipakai dalam setiap judul film agen 007 tersebut.

Namun perkiraan itu salah, karena sebenarnya danau ini di awal pembuatannya sama sekali tidak terencana oleh si pemilik lahan untuk membuatnya seperti berbentuk pistol. Tapi karena secara tidak sengaja lahan-lahan warga yang di beli oleh si pemilik modal tersebut ternyata berbentuk pola yang menyerupai sebuah pistol, maka pola tersebut diteruskan dan dipercantik kembali oleh para pembuatnya sesuai persetujuan pemilik untuk dibentuk seperti sebuah pistol. Maka jadilah Schulensmeer ini persis tampak berbentuk seperti sebuah pistol apabila anda melihatnya dari ketinggian (atas) danau.


Bentuk Danau Schulensmeer

Sumber air danau Schulensmeer berasal dari sungai Demer, keberadaan danau Schulensmeer sekaligus berfungsi untuk menampung luapan dari sungai Demer saat banjir tiba. Dengan volume air yang cukup berlimpah, di danau ini anda juga dapat melakukan berbagai olah raga air seperti surfing, berlayar, berenang, ataupun selancar.

Tidak seperti danau pada umumnya yang banyak dikelilingi pepohonan rimbun, di sekitar danau ini anda akan melihat rerumputan hijau yang menghiasi danau. Kelebihannya anda tidak perlu takut terhadap ancaman binatang liar yang dapat mengganggu ketenangan anda berwisata di danau Schulensmeer ini. Selain karena tempatnya sendiri berada di pusat kota, juga keberadaan danau Schulensmeer ini dijaga kelestariannya oleh petugas yang berwenang dari gangguan apapun.


Danau Schulensmeer dari dekat

Danau ini murni dijadikan sebagai tempat wisata bagi masyarakat setempat sekaligus menjadi tujuan para wisatawan luar yang merasa tertarik untuk berkunjung melihat dan merasakan sensasi berwisata di danau Schulensmeer, danau yang bentuknya menyerupai pistol. Meskipun terletak di pusat kota, air danau Schulensmeer ini terjaga akan kebersihannya dari sampah-sampah masyarakat setempat. Namun untuk dapat melihat secara keseluruhan bentuk pistol dari danau ini, anda tentu harus melihat dari ketinggian dengan menggunakan pesawat, dan hal itu jelas memerlukan biaya yang anda keluarkan dengan jumlah yang tidak sedikit.

Oleh : Roma Doni
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Gambar :
Pic 1 : http://www.weirdlyodd.com/10-most-bizarrely-shaped-lakes-and-rivers/
Pic 2 : http://www.vandaag.be/binnenland/12241_recreatie-op-Schulensmeer-weer-toegelaten.html
Sumber Referensi : http://www.merdeka.com/gaya/5-danau-di-berbagai-belahan-dunia-dengan-bentuk-paling-aneh/danau-Schulensmeer-belgia.html


Related Posts :