Kamis, 07 Agustus 2014

Keganasan Danau Natron di Tanzania

Tidak selamanya kawasan danau selalu menawarkan nuansa yang menyenangkan, terkadang sebuah danau bisa menjadi ancaman yang mematikan. Demikianlah yang ditawarkan oleh sebuah danau di Tanzania bagian utara, yaitu danau Natron atau sebagian ada yang menyebutnya danau neraka.

Berbeda dari danau kebanyakan yang umumnya menjadi pusat tempat tinggal dan berkembang biak bagi berbagai spesies hewan dan tumbuhan, maka di danau ini justru sebaliknya adalah neraka bagi makhluk hidup. Bagaimana tidak, kandungan air danau ini dapat membuat hewan menjadi batu.

Yah, semua hewan yang terendam pada danau Natron akan berubah menjadi batu, seperti sebuah patung yang dicetak dalam adonan semen. Danau ini memiliki kandungan alkali (kebasaan) pH sampai 10,5 dengan suhu atau temperatur airnya bisa mencapai 60 derajat celsius. Itu artinya, kandungan air danau ini dapat membakar kulit dan mata bagi yang tidak bisa beradaptasi dengannya.

Selain itu, danau Natron mempunyai kandungan garam dan soda yang sangat tinggi. Namun garam pada danau ini tidak seperti garam masak yang terdapat di laut. Melainkan kandungan senyawa alami pada garam tersebut seperti pada kandungan abu vulkanik. Sedangkan kandungan mineralnya sama dengan yang digunakan orang Mesir kuno untuk membuat Mumi.

Kenyataannya memang benar, senyawa kandungan pada danau yang berbeda itu karena ada campuran unsur yang berasal dari sebuah gunung berapi Ol Doinyo Lengai yang terletak di selatan danau Natron. Sejatinya, gunung berapi Ol Doinyo Lengai pernah meletus lebih kurang delapan kali dari tahun 1883, letusan terakhir pada 2007 silam.



Sebagaimana yang diungkapkan Hannes Mattson, seorang peneliti di Swiss Institute of Technology di Zurich, gunung Ol Doinyo Lengai adalah satu-satunya gunung di Planet ini yang dalam letusannya memuntahkan "natrocarbonatite" yang kaya akan kalium karbonat, nyerereite, sodium,dan gregoryite. Sebab gunung berapi lain biasanya memuntahkan kandungan silikat, sementara senyawa "natrocarbonatite" memiliki kadar jauh lebih asin dari silikat.

Letusan gunung tersebut juga menghasilkan material abu vulkanik yang menyebar ke segala penjuru, begitupun kapur magmatik yang telah ditempa dalam bumi, akhirnya keluar melalui aliran lava, dan disemburkan ke udara menjadi awan abu setinggi 10 mil yang kemudian masuk ke danau Natron.


Air danau Natron yang panas dan asin

Proses inilah yang akhirnya menjelaskan setiap hewan yang terendam air danau Natron akan mengubah struktur fisiknya terlihat kering seperti masuk dalam adonan semen. Inilah kenapa tidak ada hewan yang bertahan hidup berada pada danau Natron. Bahkan, jika ada burung yang terjatuh masuk ke danau ini, tak akan lama setelah itu, senyawa atau kandungan pada danau natron akan mengubah daging burung tersebut menjadi keras seperti batu. Hanya spesies invertebrata, bakteri, alga dan ikan sejenis nila yang dapat bertahan hidup di sepanjang tepian danau yang kadar keasinannya rendah.

Fenomena ini merupakan realitas yang diketahui langsung oleh seorang fotografer Profesional, Nick Brandt saat mengunjungi danau Natron, yang melihat bangkai-bangkai hewan sudah mengeras seperti batu karena pengapuran, lalu kemudian ia mendokumentasikan keadaan pada danau Natron.

Hasil karya fotografi Nick Brandt tersebut saat ini dipamerkan di Hasted Kraeutler Gallery di New York dan rencananya akan dipublikasikan atau dimuat dalam buku fotografi yang berjudul “Across The Ravaged Land”. Nick Brandt mengambil gambar bangkai-bangkai hewan yang sudah mengeras itu dengan memosisikannya layaknya hewan yang masih hidup.

Berikut adalah hasil karya Nick Brandt.



Oleh : Roma Doni
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar :
Pic1: http://www.wildencounters.net/gallery2/main.php?g2_view=core.DownloadItem&g2_itemId=2352
Pic 2 : http://www.meke.cn/upload/show/20131011/1000426351708244255118721774048566.jpg
Pic 3 : http://31.media.tumblr.com/4173da73c231ed92708de58060bd81e8/tumblr_mu2o4u4bLt1rbuhr4o1_1280.jpg
Pic 4 : http://news.liputan6.com/read/710485/fenomena-aneh-danau-di-tanzania-mengubah-hewan-menjadi-batu
Pic 5 : http://www.apakabardunia.com/2013/10/natron-danau-mematikan-yang-mengubah.html
Referensi Tulisan :
http://www.apakabardunia.com/2013/10/natron-danau-mematikan-yang-mengubah.html
http://news.liputan6.com/read/710485/fenomena-aneh-danau-di-tanzania-mengubah-hewan-menjadi-batu
http://www.wowkeren.com/berita/tampil/00040852.html dan berbagai sumber lainnya.


Related Posts :