Jumat, 22 Agustus 2014

Keindahan Danau Wuhua Hai, Danau Lima Bunga dari Cina

Pesona keindahan danau rasanya selalu menimbulkan kesan yang menakjubkan dan mengesankan. Banyak keunikan-keunikan tersendiri yang terdapat pada sebuah danau jelas membuatnya bernilai lebih istimewa sehingga akan menjadi dari tarik bagi setiap orang untuk mengunjunginya. Begitulah fenomena yang terjadi pada danau Wuhua Hai di Cina yang hampir setiap tahunnya selalu dikunjungi oleh jutaan turis lokal maupun asing.

Bagi masyarakat Cina, tentu sudah tidak asing dengan danau Wuhua Hai, karena danau ini merupakan danau yang tercantik dan paling indah diantara 118 danau yang ada di lembah Jiuzhaigou. Lembah ini memang terkenal tempat keindahan alamnya negara Cina, dari mulai danau, air terjun, sampai pegunungannya. Terletak di di bagian utara provinsi Sichuan, barat daya China dengan luas mencapai 72.000 hektar keindahan alam yang terdapat di lembah Jiuzhaigou telah di akui oleh masyarakat dunia dan telah menjadi salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO sejak tahun 1992.

Apa yang menarik dari danau Wuhua Hai? Mungkin itu pertanyaan yang ada di benak anda sekarang. Menelusuri arti dari nama danau ini “Wuhua Hai” yang berarti “lima bunga” sedikitnya memberikan informasi adanya keanekaragaman di danau ini. keanekaragaman yang dimaksud adalah pada air danau yang multi warna. Tidak seperti danau-danau lain, air danau Wuhua Hai memiliki ragam warna yang membuatnya menjadi sangat indah. Ada lima warna yang terdapat pada air danaunya, yakni biru laut, biru tua, hijau gelap, kuning dan merah.

Perpaduan kelima warna pada air danau tersebut menghasilkan suatu pemandangan yang sangat indah, layaknya kita melihat sebuah pelangi. Warna-warna itu setiap saat bisa berubah tergantung dari jumlah kandungan mineral yang terdapat pada air danau. Kandungan mineral seperti kalsium karbonat dan hidrofita (tumbuhan air) memengaruhi perubahan warna pada air danau.



Bila kandungan mineralnya tinggi, warna pada air danau pun berubah menjadi hijau zamrud atau kuning, sebaliknya warna permukaan air danau akan berubah menjadi biru dan hijau gelap bila kandungan mineralnya rendah. Meskipun air danaunya penuh dengan ragam warna, tetapi sama sekali tidak mengurangi kejernihan pada air danaunya. Bahkan saking jernihnya, ikan-ikan kecil, batang-batang pohon atau serpihan kayu yang jatuh dan berada di dasar danau terlihat tampak jelasnya.

Di sekitar danau Wuhua Hai memang banyak ditumbuhi pepohonan besar nan rimbun. Pada musim semi batang pohon di sekitar danau yang sudah rapuh akan terjatuh dan masuk pada air danau. Tetapi kehadiran batang-batang pohon serta tumbuhan air yang terdapat pada danau tersebut justru yang membuat air danaunya menjadi semakin indah.



Sebenarnya selain karena jernih itu, yang membuat batang-batang pohon terlihat jelas juga karena kedalaman air pada danau ini sebenarnya cukup dangkal, hanya berkedalaman sekitar lima meter saja. Danau Wuhua Hai memang berada di ketinggian 2.472 meter di atas permukaan laut, terbentang di ujung sungai Merak, di atas tempat wisata Beting Pearl Waterfall.

Uniknya, dalam keadaan apapun suhu air danau Wuhua Hai selalu hangat. Sekalipun datang musim dingin, air danau ini tidak membeku, padahal air danau lainnya yang berada di lembah Jiuzhaigou semuanya membeku. Hal inipun menjadi tanda tanya banyak orang, akhirnya setelah diteliti diketahui penyebabnya adalah adanya sebuah saluran air alami pada dasar danau yang terhubung dengan danau Chang, salah satu danau di lembah Jiuzhaigou.



Saluran air alami tersebut mengalirkan air danau Chang ke danau Wuhua Hai dengan melewati terowongan yang kaya akan kandungan zat kapur. Zat kapur inilah yang menjadi alasan mengapa air danau Wuhua Hai selalu hangat. Berbeda dari apa yang diyakini masyarakat setempat, fenomena air danau yang tidak membeku kala musim dingin itu menurut kepercayaan mereka adalah karena dulunya danau ini merupakan tempat tinggal para peri.

Terlepas dari itu semua, yang pasti keindahan Danau Wuhua Hai benar-benar sangat menakjubkan dan mempesona.

Oleh : Roma Doni
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Gambar :
Pic 1 : http://cauchymurtopo.wordpress.com/2013/10/09/10-keajaiban-warna-keindahan-alam/warna8/
Pic 2 : http://www.merdeka.com/gaya/wuhua-hai-danau-lima-warna-tercantik-di-china.html
Pic 3 : http://djachsan.wordpress.com/2010/11/30/10-danau-terunik-di-dunia/
Sumber Referensi :
http://www.merdeka.com/gaya/wuhua-hai-danau-lima-warna-tercantik-di-china.html


Related Posts :