Senin, 06 Oktober 2014

Danau Yang Sensasional dan Melegenda

Kalau berbincang tentang wisata di Sumatera Utara, pasti yang nyaris terlintas di benak kita adalah pesona indahnya danau Toba, selain dijuluki danau vulkanik terbesar di dunia, danau Toba juga wisata yang sangat dikenali di mata dunia. Namun tahukah anda bahwa Sumatera Utara juga memiliki aset wisata yang tidak kalah sensasionalnya dengan danau Toba, sebut saja Danau Linting. Terletak di tiga desa sekaligus yaitu, Desa Si Bunga-Bunga, Desa Gunung Manumpuk dan Desa Durian IV Belang, kecamatan Sinembah Tanjung Muda (STM) Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Medan. Keindahan danau ini seakan menantang para pengunjung yang hendak menikmati kesejukan pemandangan Danau Linting, bagaimana tidak posisi nya saja tepat di atas bukit yang eksotis, sehingga jika berniat menikmati keindahan alamnya memang cukup memicu adrenalin. Tetapi bukan menjadi hal yang sia-sia, karena ketika anda telah sampai anda akan disuguhkan dengan warna air yang bening dan membiru, dengan pepohonan rimbun yang membuat tempat Danau Linting menjadi teduh dan sejuk, tak hanya mata yang sejuk namun istirahat di sekitar danau tersebut pun anda akan merasakan kesejukan yang benar-benar alami.

Danau Linting ini terlihat mungil, namun sensasi nya luar biasa, air yang membiru itu seakan membuat anda ingin menyentuhnya dan membasuh wajah, namun akan ada perbedaan yang anda akan rasakan, yaitu dari segi airnya. Ternyata danau yang membiru itu airnya tidak dingin melainkan hangat. Ini yang membuat unik, padahal air danau tersebut bukanlah air belerang dan tidak berasa belerang. Tak banyak danau dengan sensasi kesejukan sedemikian rupa, jadi jika berlama lama berendam di dalam danau anda tidak akan kedinginan dan terlepas dari penyakit masuk angin. Pergerakan air yang begitu tenang melukiskan bahwa danau semungil itu tidak patut dibilang cetek (tidak dalam) justru dengan lokasi danau yang hanya satu hektar ini ternyata cukup lama menelusurinya hingga ke dasar danau, dapat dikatakan bahwa Danau Linting ini terkira sangat dalam.



Jika anda berkunjung ke danau mungil ini, maka anda akan melihat tidak banyak orang yang akan berenang hingga ke tengah danau, disebabkan danau linting ini pinggirannya saja sudah dalam apalagi di pertengahan danau, ini yang membuat banyak orang terheran oleh keunikan Danau Linting, hanya dengan luas satu hektar danau ini memiliki kedalaman yang luar biasa dan sulit dijangkau manusia. Betapa hebatnya sang pencipta menciptakan danau yang tidak bisa diperkirakan manusia keunikannya. Hingga kini, kedalaman Danau Linting Kerap menyimpan misteri. Beberapa warga setempat menyatakan bahwa belum ada data secara resmi mengenai kedalaman danau ini.



Seorang peneliti asing pernah mencoba mengukur kedalaman danau dengan cara manual. Meski peneliti tersebut telah menghabiskan tiga gulung benang sepanjang 100 meter namun benang tidak kunjung menyentuh dasar danau. Sehingga timbul mitos di sekitar masyarakat bahwa danau tersebut sejatinya berbentuk seperti sumur yang sangat dalam. Maka dari itu bagi anda yang ingin berkunjung sangat dihimbau untuk tidak masuk ke tengah danau, kendati demikian anda masih bisa berendam di tepi danau sembari merasakan relaksasi air hangat sekitar 30 derajat celsius.



Sejarah dan lokasi Danau Linting.

Selain kedalaman yang masih mistis, Danau Linting juga memiliki sejarah pembentukan yang masih samar-samar. Masyarakat pun mempunyai cerita mistis yang telah beredar dari mulut ke mulut. Ada yang mengatakan bahwa danau vulkanik ini dahulu hanyalah berupa gundukan bukit yang kemudian tiba-tiba terjadi getaran yang sangat hebat dari dalam bumi dan terjadilah ledakan sehingga terdapat cekungan yang kemudian berisi air, dan dengan sekejap terbentuklah Danau Linting. Hingga kini danau tersebut tersohor keramat, bahkan menurut cerita bahwa sudah tiga kali terjadi korban tenggelam di danau tersebut. Bagi anda yang penasaran ingin menyaksikan langsung keindahan danau ini, serta membuktikan cerita-cerita rakyat tersebut, anda bisa langsung mengunjunginya. Jika menempuh jalan mulai dari bandara Kuala Namu akan menempuh jarak sekitar 70 an kilometer. Bisa dengan angkutan umum dengan tarif biaya sekitar 20.000 per orang. Ada sekitar 2 jam perjalanan dari Medan melalui Delitua dan Patumbak, Deli Serdang. Namun untuk perjalanan ini sebaiknya menggunakan mobil pribadi ataupun sepeda motor karena jalannya terhitung belum begitu mulus.

Oleh : Ade Sundari
Sumber dan Referensi :
http://mhdharis.wordpress.com/2013/08/11/danau-linting-danau-lukisan-dari-sumut/http://triy.wordpress.com/2009/04/28/menikmati-sensasi-menyegarkan-di-danau-linting/ .
http://jelajahsumatera.wordpress.com/2013/10/11/misteri-keindahan-danau-linting-di-deliserdang/
Sumber gambar :
http://permatasumut.blogspot.com/2011/06/danau-linting-sensasi-danau-mungil.html
http://jelajahsumatera.wordpress.com/2013/10/11/misteri-keindahan-danau-linting-di-deliserdang/


Related Posts :