Rabu, 29 Oktober 2014

Hipnotis Danau Leitisvatn: Danau Di Negeri Dongeng

Pernahkah anda mendengar ada danau di atas danau? Bila di tela’ah rasanya tidak mungkin dan sangat aneh sekali. Tetapi memang pada kenyataannya danau tersebut memang ada. Posisinya tepat di atas danau hanya dipisahkan oleh bukit-bukit yang tidak terlalu menjulang tinggi. Sebut saja Kepulauan Faroe, Denmark yang menyimpan pemandangan yang tidak biasa ini. Masih bertanya-tanya dalam benak kita pastinya kenapa bisa ada danau di atas danau.

Di kepulauan Faroe terdapat pulau Vagar yang mempunyai danau unik ini. Danau unik tersebut bernama Leitisvatn dan kabarnya danau yang memiliki luas 3,4 km persegi ini merupakan danau yang terbesar di kepulauan tersebut. Jika ingin Holiday ke Denmark, rugi jika tidak mengunjungi danau cantik ini. Karena kepulauan Faroe tercatat sebagai salah satu tempat yang paling indah di dunia, pemandangannya yang menyejukkan mata dan keeksotisannya mirip dengan tempat-tempat yang diceritakan dalam negeri dongeng. Adapun pulau ini terletak di antara Islandia dan Norwegia dengan dikelilingi perairan Samudra Atlantik.

Danau ini masih sangat tidak masuk akal. Tetapi apa yang tidak mungkin dengan Kuasa Tuhan, inilah keajaiban bumi yang patut kita syukuri. Selain keindahannya, kehadirannya membuka mata kita bahwa bahwa Tuhan banyak menunjukkan kuasanya dan memberikan nikmat keindahan yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya, penulis jadi teringat bahwa dalam al-quran di gambarkan bahwa didalam syurga terdapat sungai yang mengalir dan diatas nya ada pula sungai yang mengalir secara bersamaan, bisa jadi ini adalah gambaran kecilnya tentang keindahan syurga yang digambarkan dalam Al-quran.



Tempat ini bisa dijadikan tempat berkreasi bersama keluarga dan juga teman-teman. Jika dilihat sepintas danau ini seperti danau yang memiliki air yang bertingkat seolah menggambarkan ada dua susun permukaan air yang saling mengalir. Satu permukaan berada di bawah dengan ukuran yang lebih luas dari atasnya, sedangkan yang kedua berada di atas dengan ukuran yang relatif lebih kecil.

Sebenarnya danau ini tidak langsung menyatu. Danau ini dipisahkan oleh bukit di bawahnya yang berdiri tegak, jadi ada jarak yang memisahkan keduanya, namun jika dilihat secara kasat mata danau ini seolah menyatu langsung. Ini dipengaruhi oleh bentuk bukit yang tingginya sekitar 100 meter di atas permukaan danau yang di bawahnya.

Betapa panorama yang menakjubkan ini banyak mengundang rasa penasaran oleh setiap orang yang melihat foto danau ini yang telah beredar luas. Karenanya danau Leitisvatn ini pun menjadi tersohor hingga ke mancanegara. Tidak sedikit orang yang ingin melihat langsung danau cantik tersebut untuk membuktikan sendiri posisi danau yang gambarnya seolah bertingkat ternyata sangat banyak menarik perhatian masyarakat di belahan dunia.



Namun, masyarakat setempat tidak menyebutnya danau Leitisvatn melainkan mereka memberi nama danau tersebut yaitu : danau Vatni yang memiliki arti “Danau”. Pasalnya danau ini tidak hanya terletak di Desa Leitisvatn sebenarnya danau ini meliputi dua desa sekaligus, masyarakat kurang setuju jika nama danau di ambil dari satu desa saja, jadi untuk saling menghargai sesama nama danau Leitisvatn pun diganti dengan nama danau Vatni. Meskipun demikian danau tersebut sudah tersohor dengan nama awalnya yaitu danau Leitisvatn.

Perubahan nama tidak mengurangi kuantitas pengunjung yang penasaran tentang panorama keindahan danau tersebut.

Oleh : Ade Sundari
Sumber dan Referensi : http://hal-halanehdidunia97.blogspot.com/2012/12/unik-danau-di-atas-danau.html
Sumber Gambar : : http://menjelmania.blogspot.com/2012/09/wow-ada-danau-di-atas-danau.html#sthash.oef9Sm2R.dpuf


Related Posts :