Selasa, 14 Oktober 2014

Pesona Danau Yueyaquan, Danau di tengah Padang Pasir

Bila selama ini padang pasir selalu menawarkan suatu pemandangan yang monoton, yakni hanya berupa hamparan wilayah yang berisi lautan pasir yang luas, tidak demikian yang terjadi pada wilayah padang pasir di kota Dunhuang, Provinsi Gansu, China bagian barat. Sebab di tempat ini kita tidak hanya disuguhkan dengan panorama padang pasirnya yang indah, lebih dari itu terdapat juga sebuah danau yang unik hadir tepat di tengah-tengah padang pasirnya.

Keberadaan danau inilah yang mungkin langkah bisa kita temukan di wilayah padang pasir lainnya. Danau tersebut dikenal dengan nama danau Yueyaquan, danau ini ternyata sudah ada sejak 2000 tahun yaitu pada masa Dinasti Han. Pada zaman itu, danau ini sering dijadikan tempat peristirahatan para pengembara yang kehausan karena lokasinya merupakan rute jalan sutra dan pusat perdagangan antara China dan Barat.

Memiliki panjang 218 m dan lebar 58 m, danau Yueyaquan saat ini termasuk ke dalam kawasan di kota Dunhuang yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun asing. Yang menjadi daya tarik selain keberadaan danau di tengah padang pasir, juga karena bentuk danaunya yang unik, yakni berbentuk seperti bulan sabit. Maka tidak heran, banyak orang yang menjulukinya sebagai danau bulan sabit atau Crescent Moon Lake.

Pemandangan danaunya juga sangat indah. Betapa tidak, meskipun terletak di sebuah padang pasir tetapi kita masih bisa melihat rerumputan hijau dan pepohonan rimbun tumbuh di sekitar danau ini. Selain itu, danau ini masih menyimpan nilai sejarah yang cukup kental, ditandai dengan masih terawatnya bangunan-bangunan Tua yang merupakan peninggalan zaman kerajaan dahulu. Ada beberapa ruang bangunan yang cukup terkenal diantaranya : God of Medicine Cave (yaowangdong), Scripture Hall (jingtang), God of Medicine Cave (yaowangdong), Empress Palace (niangniangdian), Boddhisattwa Palace (Pusadian) dan masih banyak lagi.



Danau Yueyaquan memiliki kedalaman rata-rata 4-5 meter, bagian terdalamnya terdapat di bagian timur danau, sementara di bagian barat kedalamannya lebih dangkal. Herannya, air di danau ini tidak pernah kering, padahal kondisi di sekitar danau cukup panas, gersang dan sangat jarang turun hujan.

Hanya pernah terjadi pendangkalan yang cukup signifikan pada tahun 1999, di mana kedalaman danau hanya mencapai 1 meter saja. Namun kemudian melihat kondisi ini pada tahun 2006 pemerintah setempat melakukan perbaikan atau restorasi pada air danau dan melestarikan kawasan setempat agar kondisinya tetap terjaga. Sejak saat itu sampai sekarang air danau Yueyaquan tidak pernah menyusut lagi.

Walaupun berada di tengah-tengah padang pasir akan tetapi pasir di sekitar danau tidak pernah jatuh ke dalam danau, sekalipun pasir beterbangan kala terkena hembusan angin. Itulah kenapa air danau Yueyaquan sangat jernih bahkan kita bisa melihat sampai dasar danau. Inilah yang juga membuat banyak wisatawan terkagum-kagum akan keunikan danau Yueyaquan.



Mengenai flora dan fauna di sekitar danau. Kita bisa menemukan ikan dan tumbuhan yang cukup langkah. Ada ikan Tiebei Yu, yang memiliki nama lain ikan berpunggung besi hidup di dalam danau Yueyaquan, kemudian untuk floranya ada rumput Qixing Cao atau rumput air tujuh bintang. Konon katanya, bila kita mengonsumsi ikan dan rumput langka ini dapat membuat panjang umur dan menghilangkan berbagai penyakit. Penasaran ingin mencoba? Silakan datang ke danau Yueyaquen.

Oleh : Roma Doni
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Gambar :
Pic 1 : http://travelnyaman.blogspot.com/2013/05/danau-bulan-sabit-di-padang-pasir-china.html
Pic 2 : http://www.pinterest.com/pin/528539706239664632/
Sumber Referensi :
http://triy.wordpress.com/2010/01/17/yue-ya-quan-pesona-danau-bulan-sabit/
http://mas-sonny.blogspot.com/2012/04/danau-yue-ya-quan-yang-ajaib.html
http://travel.detik.com/read/2013/05/20/120912/2250507/1383/dahsyat-oasis-2000-tahun-berbentuk-bulan-sabit-di-china?991104topnews


Related Posts :