Senin, 29 Desember 2014

Menjumpai Flamingo di Danau Laguna Colorado, Bolivia

Kita tentu belum terlalu familiar dengan nama binatang yang satu ini, Flamingo. Flamingo adalah spesies burung yang termasuk ke dalam genus Phoenicopterus dan famili Phoenicopteridae. Secara fisik burung ini memiliki ciri-ciri: kaki dan lehernya yang panjang, paruhnya yang unik karena terbuat dari keratin, bulu burung yang indah dan kontras dengan warna merah, putih, pink atau campuran dari warna merah dan putih.

Ada 6 jenis Flamingo yang terdapat di seluruh dunia, yaitu Andes Flamingo, Chilean Flamingo, Greater Flamingo, Lesser flamingo, James’ flamingo, dan Rosy/Caribbean flamingo. Jenis-jenis ini tersebar di belahan bumi barat (Afrika, Eropa Selatan, dan Timur Tengah) juga bagian bumi Timur (Amerika Selatan, Peru, Chili, Bolivia, dan Argentina).

Nah, untuk melihat beberapa jenis Flamingo berkumpul dalam satu tempat sekaligus anda dapat berkunjung ke salah satu danau yang ada di negara Bolivia, tepatnya ke Danau Laguna Colorado. Di danau ini, setidaknya ada tiga Flamingo yang bisa anda temui, yakni James Flamingo, Andes Flamingo dan Chilean Flamingo.


Gambar : Flamingo

Kumpulan Flamingo yang memenuhi sekitaran danau menambah suasana keindahan danau, apalagi jika kita melihat dari atas danau. Sesekali jika ramai para Flamingo itu berkumpul, tampak Flamingo seperti menutupi air danau Laguna Colorado yang membuat air terlihat lebih berwarna merah. Karena dasar air danaunya sendiri yang sebenarnya telah berwarna merah, ditambah paduan warna dari bulu Flamingo itu sehingga pancaran warna airnya menjadi lebih kontras.

Sementara, mengenai warna merah pada air danau Laguna Colorado sendiri, berasal dari ganggang yang berada pada dasar danau. Ganggang tersebut mengeluarkan pigmen berwarna merah. Ditambah dengan kedalaman danau yang cukup dangkal membuat efek pigmen warna merah yang dihasilkan ganggang menjadi sangat jelas.


Gambar : Danau Laguna Colorado

Danau Laguna Colorado juga termasuk danau dengan kandungan garam yang cukup tinggi, ditandai pada pinggiran danau akan ditemui tumpukan-tumpukan garam yang mengendap, terutama di wilayah Salar De Uyuni. Sedangkan di dalam danaunya merupakan tempat hidup bagi banyak plankton, inilah yang kemudian menarik para Flamingo menyelami danau untuk mencari makan.

Berada pada ketinggian 14.000 kaki di barat daya dari Altiplano, danau Laguna Colorado memiliki luas permukaan 60 km2, panjang 10,7 km, dan lebar 9,6 km. Suhu udara pada danau sangat dingin, namun pada musim panas, suhu udara di sekitar danau akan menjadi hangat. Pada musim dingin, air danau Laguna Colorado sebagian membentuk pulau-pulau kecil yang warna airnya berubah menjadi warna putih. Perubahan ini terjadi akibat pengendapan boraks yang terkandung pada air danau.



Pemandangan lain dari danau ini adalah berasal dari bukit-bukit kecil dan batu-batu gurun yang mengelilingi danau. Bisa dikatakan lokasi danaunya sendiri sedikit ekstrem, yaitu berada dalam Taman Suaka Nasional Eduardo Avaroa Andean Fauna. Sehingga kita tidak hanya akan disuguhi dengan melihat burung Flamingo saja, karena wilayah ini merupakan tempat hidup bagi hewan-hewan liar lainnya. Untuk itu perlu kewaspadaan terhadap serangan hewan liar itu saat berkunjung ke danau Laguna Colorado ini.

Oleh : Roma Doni
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Gambar :
Pic 1 : http://dunia.news.viva.co.id/news/read/287322-dingin-ekstrem--flamingo-prancis-mati-beku
Pic 2 : http://versesofuniverse.blogspot.com/2014/11/laguna-colorada-di-bolivia.html
Pic 3 : http://www.wowkeren.com/berita/tampil/00061704.html
Referensi Tulisan:
http://id.wikipedia.org/wiki/Danau_Colorada
http://id.wikipedia.org/wiki/Flamingo
https://id.berita.yahoo.com/misteri-air-laguna-colorada-di-083058420.html
http://www.wowkeren.com/berita/tampil/00061704.html
http://versesofuniverse.blogspot.com/2014/11/laguna-colorada-di-bolivia.html


Related Posts :