Kamis, 29 Januari 2015

Kengerian Danau Skeleton, Danau Penuh Tengkorak dari India

Tidak seperti biasa di mana sebuah danau menawarkan keindahan pemandangannya, danau yang akan kita bahas kali ini justru sebaliknya penuh dengan unsur mistis yang menakutkan. Bagaimana tidak, danau ini dipenuhi dengan tengkorak-tengkorak manusia yang berjumlah sangatlah banyak. Berbagai sumber menyebutkan sekitar 500 tengkorak manusia ada di danau ini.

Danau yang berlokasi di India, tepatnya di kota Uttarakhand ini dikenal dengan nama danau skeleton. Berada di sebuah lembah kecil di atas pegunungan yang berketinggian 16.000 mdpl membuat danau ini hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki, terkecuali dengan menggunakan helikopter yang tentunya mengeluarkan banyak biaya.

Untuk pertama kalinya danau skeleton ditemukan pada tahun 1942 oleh seorang penjaga hutan. Tentu saja orang tersebut kaget ketika melihat begitu banyak kumpulan tengkorak manusia di sekitar danau. Berawal dari berita yang dibawa oleh si penjaga hutan tersebut, akhirnya mulai banyak yang mengetahui keberadaan danau skeleton.


Gambar 1. Danau Skeleton

Terkait dengan banyaknya tengkorak pada danau, muncullah berbagai asumsi. Tidak sedikit yang meyakini bahwa dahulunya pernah terjadi pembunuhan massal yang dilakukan di tempat ini. Sedangkan asumsi lainnya mengatakan tengkorak tersebut merupakan tengkorak dari tentara jepang yang meninggal karena coba menyusup ke wilayah India.

Namun berbagai asumsi tersebut akhirnya terpatahkan. Setelah pada tahun 2004, melalui prakarsa National Geographic Channel, para ilmuwan dari Eropa dan India datang untuk melakukan penelitian. Para ilmuwan melakukan tes DNA pada tulang, rambut, daging yang masih menempel. Akhirnya barulah menemui sebuah titik terang mengenai tengkorak tersebut.


Gambar 2. Danau Skeleton dipenuhi Pengunjung

Setelah diteliti, tengkorak yang berjumlah sekitar 500-an itu terbagi atas dua jenis. Pertama, tengkorak dengan postur tubuh yang tinggi. Ini merupakan tengkorak dari para traveler yang hendak berziarah ke India melintasi jalur Himalaya. Sedangkan jenis yang kedua, merupakan tengkorak dari warga setempat. Ditandai dengan ukuran postur tubuh yang lebih pendek.

Yang membuat heran kemudian adalah kesemuanya mati dengan cara yang sama. Yakni ditemukannya semacam bekas pukulan di bagian kepala dan pundak tengkorak. Hal ini sempat menimbulkan berbagai spekulasi terkait dengan kematian tengkorak manusia tersebut. Sampai akhirnya ditemukan juga jawaban atas pertanyaan itu.


Gambar 3. Tengkorak di Danau Skeleton

Dan penyebab munculnya bekas pukulan di beberapa bagian tengkorak adalah akibat dari timbunan bola es. Yah, mereka mati akibat tertimbun bola-bola es yang secara mendadak menggelinding jatuh dari puncak gunung. Para traveler dan warga setempat coba untuk menyelamatkan diri dengan masuk ke lembah ini, namun karena tidak adanya penghalang yang mampu menghindari dari bola-bola es yang jatuh, akhirnya mereka kesemuanya pun tertimbun hidup-hidup.

Itulah kenapa banyak tengkorak-tengkorak ditemukan di sekitar danau skeleton ini. Namun untuk bisa melihat tengkorak-tengkorak tersebut sebaiknya datang ke danau ini ketika musim panas tiba. Sebab, pada saat itu es (salju) yang menutupi tengkorak akan mulai mencair. Ketika itulah tengkorak-tengkorak yang ada akan mudah dilihat.

Oleh : Roma Doni
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi :
1. http://travel.detik.com/read/2013/01/16/191342/2144249/1383/misterius-danau-berisi-500-tengkorak-di-india?vt22011381
2. http://www.life.viva.co.id/news/read/383857-foto--danau-tengkorak--timbunan-jasad-puluhan-tahun

Gambar :
1. http://buayatolol.blogspot.com/2013_01_01_archive.html
2. http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2013/01/17/misterius-danau-di-india-ini-berisi-500-tengkorak-525294.html
3. http://topspot-official.blogspot.com/2013/01/Danau-Skeleton-Danau-Tengkorak-Menyeramkan-di-India.html


Related Posts :