Selasa, 03 Februari 2015

Air Laut dan Air Tawar Dalam Danau Labuan Cermin

Apa jadinya jika di dalam sebuah danau terdapat dua jenis air yang berbeda, air tawar dan air laut. Inilah yang menjadi daya tarik keunikan yang ada pada danau labuan cermin sebagai bentuk dari kekuasaan Tuhan. Jika anda tidak percaya, anda bisa buktikan dan datang langsung ke lokasi danau yang terletak di desa Labuan Kelambu, kecamatan Biduk-Biduk, Kalimantan Timur.

Dengan fenomena itu, organisme di dalam danau Labuan Cermin juga terbagi atas dua. Air danau di bagian atas diisi oleh air tawar, sehingga ikan-ikan dan organisme air tawar juga yang hidup pada lapisan ini. Sedangkan di lapisan bawah yang berisi air laut tentu dihuni oleh organisme laut, tak terkecuali ikan-ikan laut ada di lapisan ini. Pembatas dari air tawar dan air laut pada danau Labuan Cermin adalah berupa garis berwarna putih yang bening.

Meski berada dalam satu tempat, air tawar dan air laut tidak menyatu. Benarlah yang dikatakan dalam sebuah ayat Al-Quran yang berbunyi: “Dan Dialah yang membiarkan dua laut yang mengalir (berdampingan); yang ini tawar lagi segar dan yang lain asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang menghalangi”  (QS. Al-Furqan: 53).


Gambar 1. Danau Labuan Cermin

Sesuai dengan namanya, air danau ini juga seperti sebuah cermin yang sangat bening dan jernih. Sampai-sampai karang dan ranting kayu yang berada di dasaran danau menjadi kelihatan. Karena memang danau labuan cermin juga tidak terlalu dalam, ukuran luasnya bahkan tidak lebih luas dari sebuah lapangan sepak bola. Akan tetapi keindahan yang ditawarkan danau ini mampu memanjakan para wisatawan yang datang. Apalagi tempatnya masih sangat asri, dipenuhi pepohonan yang rindang dan masing terjaga.

Untuk bisa sampai ke danau ini, harus dilalui menggunakan perahu kayu. Itupun jika kita sudah sampai ke desa labuan kelambu. Biaya memakai perahu kayu tersebut sekali jalan sebesar Rp 100.000 per-perahunya. Peralatan berenang, snorkling bisa kita dapatkan dengan menyewa sekaligus pada saat kita menyewa perahu kayu itu. Sebab di lokasi danau Labuan Cermin sendiri tidak ada tempat penyewaannya.


Gambar 2. Kejernihan Air Danau Labuan Cermin

Waktu yang terpakai dalam perjalanan dari desa labuan kelambu sampai ke lokasi danau kurang lebih sekitar 10-15 menit saja. Selama perjalanan pun akan disuguhi dengan pemandangan alam yang indah. Di danau ini kita bisa bermain air sepuasnya, dari berenang dan snorkling melihat keindahan bawah danau Labuan Cermin yang dihiasi oleh ikan-ikan tawar dan ikan lautnya. Selain itu, kita juga bisa hunting foto dengan memanfaatkan keindahan sekitar danau sebagai backgroundnya sungguh menghasilkan gambar yang bagus.

Jika berkunjung ke tempat ini, sekalian jangan melewatkan berwisata ke pantai yang terdapat di sepanjang kecamatan Biduk-Biduk, juga ke teluk Sulaiman yang cukup terkenal akan keindahannya. Dan yang lebih penting kebersihan tempat-tempat wisata di sini sangat terjaga. Contohnya pada pantai dan teluknya, pasir-pasir di pinggiran pantai dan teluk masih putih bersih, belum tercemar oleh sampah-sampah yang disebabkan oleh aktivitas manusia.


Gambar 3. Salah satu pantai di kecamatan Biduk-Biduk

Inilah yang membuat pengunjung betah berlama-lama mengunjungi tempat wisata di Kalimantan Timur. Ditambah dengan perilaku masyarakatnya yang ramah, tentu membuat siapapun akan merasa nyaman berada di sini.

Oleh : Roma Doni
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi :
1. http://www.backpackerborneo.com/2013/08/danau-labuan-cermin-keajaiban-dua-rasa.html
Sumber Gambar :
1. http://mewarnai.us/221163-danau-labuan-cermin-pemandangan-alam-paling-indah-di-indonesia
2. https://plus.google.com/+utiket/posts/Rqm6WfKBeES
3. http://www.backpackerborneo.com/2013/08/danau-labuan-cermin-keajaiban-dua-rasa.html


Related Posts :