Rabu, 29 Juni 2016

Ada Ikan Gurami dan Lele Raksasa di Danau Jurassic Mountain, Thailand

Sebenarnya nama danau ini bukanlah Jurassic Mountain, ini hanya sebuah danau kecil tanpa nama. Cuma karena keberadaannya berada di kawasan Jurassic Mountain Resort & Fishing Park, jadilah disebut dengan nama Danau Jurassic Mountain Resort & Fishing Park untuk memudahkan. Sesuai dengan namanya, ciri khas dari danau ini adalah keberadaan ikan di dalamnya. Apa yang menarik? Beberapa spesies ikan memiliki ukuran raksasa. Ini yang kemudian menjadi daya tarik danau ini khususnya bagi wisatawan yang memiliki kegemaran memancing.

Orang-orang datang ke tempat ini untuk merasakan sensasi memancing ikan raksasa. Ikan-ikan air tawar yang biasanya kita temukan di tempat lain hanya berukuran kecil, di sini ukurannya bisa berkali-kali lipat. Lihatlah, umumnya ikan gurami dewasa hanya memiliki ukuran panjang 65 cm dengan berat 10 kilogram saja, tapi di danau ini beberapa spesies ikan bisa mencapai berat 90,7 kilogram dengan panjang rata-rata 3 sampai 4 meter. Termasuk diantaranya adalah ikan gurami dan ikan lele. Kita bisa bayangkan betapa serunya sensasi saat menarik ikan yang memakan umpan pancing kita.


Gambar 1. Permukaan Danau Jurrasic Mountain

Tapi harus diingat, ikan-ikan yang berhasil ditangkap tidak boleh di bawah pulang. Ikan-ikan itu harus dilepaskan kembali ke danau agar bisa tetap hidup. Hal ini karena tidak mudah untuk membentuk ikan air tawar bisa sebesar itu. Butuh waktu yang lama agar ikan memiliki tubuh ukuran raksasa dibandingkan ikan sejenis lainnya. Untuk itulah biasanya, sebelum melepaskan ikan itu kembali ke danau, para wisatawan terlebih dahulu akan mengabadikan momen dengan berfoto bersama ikan raksasa hasil tangkapannya.


Gambar 2. Lele Raksasa di danau ini

Setidaknya ada 17 jenis spesies ikan berukuran raksasa di danau ini. Sebagian adalah ikan-ikan yang tidak asing kita kenal, seperti ikan gurami, lele, gabus, ikan mas, ikan bawal. Tapi ada juga yang belum familiar, seperti ikan aligator, Redtail Catfish, ikan mas India dan lainnya. Disebutkan 10 spesies ikan diantaranya masuk dalam keluarga Cyprinidae dengan ukuran terbesar di dunia. Tidak heran jika para mancing mania sangat antusias berkunjung ke danau ini, bahkan menurut penjaga resort di danau itu banyak pengunjung yang sampai lupa waktu karena sibuk dengan umpan-umpan pancingan mereka.


Gambar 3. Gurami Raksasa

Tapi tidak perlu khawatir andaikan pun pengunjung merasa belum puas untuk menikmati fasilitas pemancingannya. Karena di kawasan Jurassic Mountain Resort & Fishing Park ini juga disediakan tempat penginapan bagi wisatawan yang hendak bermalam atau menghabiskan waktu luang liburan di tempat ini. Sebagai biaya awal untuk bisa masuk ke kawasan ini dibutuhkan biaya sebesar 5.800 baht atau sekitar Rp 2 Juta. Sekilas bagi kita mungkin biayanya terasa berat di kantong, tapi jika telah merasakan fasilitas dan apalagi menikmati sensasi memancing tentu kita akan menyadari bahwa harga sebesar itu sangat sebanding dengan kepuasannya.

Dan satu lagi, danau ini tidak melulu menawarkan daya tariknya soal mancing dan ikan, sebab panorama alam sekitar danau juga menampilkan keindahan yang menakjubkan. Lokasi danau yang berada dikelilingi sawah-sawah penduduk dan pengunungan kapur yang menjulam tinggi,semakin menawarkan keasrian alam yang alami.

Oleh: Roma Doni
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://global.liputan6.com/read/2441056/danau-di-thailand-ini-dihuni-ikan-gurami-dan-lele-raksasa
2. http://www.bintang.com/style/read/2448464/menangkap-ikan-raksasa-di-danau-rahasia
Sumber Gambar:
1. http://www.bintang.com/style/read/2448464/menangkap-ikan-raksasa-di-danau-rahasia
2. http://global.liputan6.com/read/2441056/danau-di-thailand-ini-dihuni-ikan-gurami-dan-lele-raksasa
3. http://www.anglingthailand.com/gallery/imagedata.asp?cat=giantGourami


Related Posts :