Senin, 27 Juni 2016

Danau Pitch, Danau Aspal Terbesar di Dunia

Sekitar 20.000 ribu wisatawan setiap tahun mengunjungi danau Pitch, yang terletak di desa La Brea, Trinidad, Afrika ini. Danau ini berbeda dari danau kebanyakan yang menawarkan keindahan air danaunya. Sebab, pada air danau Pitch tidak berwarna bening dan berbentuk cair seperti danau pada umumnya. Dikarenakan air danau Pitch punya keunikan tersendiri dengan kandungan zat yang membentuknya menjadi sebuah aspal.

Ya, danau Pitch dipenuhi dengan kandungan sumber daya aspal yang sangat kaya. Dengan luas danau yang mencapai 41 hektar dan memiliki kedalaman 75 meter menjadikan danau Pitch sebagai danau aspal terbesar di dunia. Dengan potensi aspal yang melimpah itu, danau ini juga kerap dijadikan sebagai area pertambangan.


Gambar 1. Permukaan Danau Pitch

Hasil produksi aspalnya kadang dimanfaatkan bagi perbaikan jalan di wilayah setempat, namun lebih sering diberdayagunakan bagi pemasukan sisi ekonomi daerah tersebut dengan mengekspornya ke negara-negara lain seperti Mesir, Amerika, India, Singapura, Jepang, dan Inggris. Banyaknya peminat dari berbagai negara menandakan kualitas aspal yang dihasilkan dari danau Pitch ini memiliki kualitas yang mumpuni.

Mengulas cerita ditemukannya danau Pitch oleh beberapa sumber disebut terjadi pada tahun 1595 oleh seorang yang bernama Sir Walter Raleigh. Pada saat ditemukan, Raleigh lantas menggunakan aspal yang ada untuk memperbaik kapal miliknya yang bocor. Tapi saat ditemukan oleh Raleigh keberadaan danau ini tidak lantas dikenal secara luas. Kondisi itu bahkan berlangsung dalam kurun waktu yang lama, dua abad lebih. Barulah pada tahun 1867 keberadaan danau Pitch tersiar luas ke publik.

Setelah diketahui keberadaan danau Pitch itu, banyak pusat-pusat pertambangan berdiri di sekitar danau untuk mengekploitasi sumber daya aspalnya. Begitu juga para ilmuwan berdatangan untuk meneliti bagaimana proses penciptaan aspal di danau Pitch bisa terbentuk. Tak ketinggalan para wisatawan yang penasaran dengan bagaimana bentuk aspal di danau Pitch meramaikan tempat ini setiap tahunnya.


Gambar 2. Wisatawan menarik aspal danau Pitch

Terkait dengan penelitian para ilmuwan menghasilkan banyak teori, namun teori yang familiar menyebutkan bahwa aspal itu berasal dari proses subduksi yang memakan waktu selama ribuan tahun di lapisan bumi, oleh karena terjadinya peristiwa jalur patahan di lapisan bumi menyebabkan kandungan minyak yang kelak membentuk aspal itu naik ke permukaan.

Mencermati aspal di danau Pitch lebih dekat kita akan mengetahui bentuk aspalnya sendiri tersusun dengan komponen yang lumayan padat atau lebih tepatnya disebut dengan istilah semi-solid. Jadi para wisatawan yang berkunjung ke area danau ini bisa berjalan di atasnya. Tapi pada beberapa bagian memang ada juga yang permukaan aspalnya lembut, sangat boleh jadi membuat sedikit kaki kita tenggelam.

Pada saat hujan deras turun, di beberapa bagian danau yang memiliki dataran lebih rendah akan digenangi air hingga membentuk seperti kolam-kolam kecil. Air hujan yang bercampur dengan kandung aspal menghasilkan warna yang hitam pekat pada kolam tersebut. Oleh penduduk setempat percaya berenang atau mandi di kolam itu menyehatkan tubuh, ampuh menyembuhkan berbagai penyakit seperti penyakit kulit dan nyeri sendi.


Gambar 3. Wisatawan dan Penduduk Lokal mandi di danau Pitch

Keberadaan danau Pitch ini sangat membantu perekonomian penduduk setempat, terutama dari kunjungan para wisatawan yang datang. Untuk setiap wisatawan yang hendak berkunjung, diberlakukan harga tiket masuk yang berbeda untuk kategori anak-anak dan orang dewasa. Tapi biaya yang perlu dikeluarkan masih terjangkau, untuk anak-anak yakni US$ 12 atau sekitar Rp. 158.000, sedangkan bagi orang dewasa dikenakan biaya US$ 30, atau jika dirupiahkan Rp 395.000. Danau ini menerima kunjungan wisatawan dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore.

Oleh: Roma Doni
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://www.anakregular.com/2015/03/danau-unik-di-trinidad-isinya-aspal.html
2. https://id.crowdvoice.com/posts/danau-pitch-isinya-bukan-air-tapi-aspal-2vFt
3. http://www.apakabardunia.com/2011/03/melihat-keunikan-danau-aspal-di.html
4. http://www.sayangi.com/gayahidup1/travel/read/18125/pitch-lake-pesona-danau-aspal-terbesar-di-dunia
Sumber Gambar:
1. http://www.sayangi.com/gayahidup1/travel/read/18125/pitch-lake-pesona-danau-aspal-terbesar-di-dunia
2. http://www.rinagu.com/2014/01/danau-unik-berisi-aspal-terbesar-di.html
3. http://www.anakregular.com/2015/03/danau-unik-di-trinidad-isinya-aspal.html


Related Posts :