Minggu, 26 Juni 2016

Uniknya Desa Es di Danau Shikaribetsu, Hokkaido (Jepang)

Pada musim dingin tiba danau Shikribetsu yang terletak di kawasan Hokkaido, Jepang akan ramai dikunjungi para wisatawan. Saat air danaunya beku dan berubah jadi es, maka di saat itulah di atas danaunya akan disulap menjadi bangunan-bangunan perumahan yang cantik hingga membentuk pemandangan seperti sebuah desa, tepatnya desa es. Setiap tahun kebiasaan itu terus berlanjut sampai saat ini, di mulai sejak pertama kali dilakukan pada tahun 1980.

Karena bangunan-bangunan itu terbentuk dari lapisan salju dan es, maka pada musim semi datang, bangunan-bangunan itu akan mencair seperti semula menjadi genangan air yang memenuhi danau Shikribetsu. Maka itu, untuk bisa menikmati desa es di danau Shikribetsu ini, kita harus berkunjung sebelum musim dingin berakhir yakni antara bulan Desember sampai Mei.


Gambar 1. Desa Es di Danau Shikribetsu

Desa Es ini dibangun atas inisiatif penduduk lokal yang ingin mengangkat pesona wilayahnya agar ramai dikunjungi wisatawan. Terlebih pada musim dingin tiba, suasana di lingkungan sekitar selalu tampak sepi dan menjemukan. Sebab, orang-orang urung untuk keluar rumah karena udara yang dingin tidak mendukung. Apalagi keberadaan lingkungan yang berada di ketinggian 810 meter di atas permukaan laut, menjadikan setiap orang berpikir dua kali untuk berkunjung. Kondisi itulah yang akhirnya memunculkan ide untuk mendirikan desa es di danau Shikribetsu tersebut agar mampu menarik perhatian pengunjung berdatangan ke wilayah mereka.

Dan memang upaya itu berhasil, bayangkan sudah lebih dari 40000 wisatawan yang berkunjung untuk menyaksikan pemandangan yang ditawarkan danau Shikribetsu di musim dingin. Betapa tidak, bangun-bangun perumahan itu di desain dengan sangat kreatif dan unik. Dari mulai rumah igloo, bar, cafe, hotel, beserta dengan barang-barang perlengkapan di dalamnya seperti meja dan kursi semuanya terbuat dari es dan salju. Meskipun bahan dasarnya hanyalah berupa es dan salju tapi oleh kekreatifan penduduk setempat bisa dibentuk dengan begitu indah. Itulah yang menjadikan banyak wisatawan menantikan musim dingin tiba untuk melihat dan mengabadikan momen indah di danau Shikribetsu tersebut.


Gambar 2. Kondisi Dalam Bangunan

Tempat ini bukan hanya dijadikan destinasi untuk bersenang-senang atau menghilangkan penat bagi para wisatawan. Sebab, tidak jarang pula keberadaan desa Es ini dimanfaatkan oleh pengunjung untuk menonton acara live musik yang istimewa, atau bahkan mengabadikan momen sakral dalam hidupnya, seperti melangsungkan acara pernikahan. Mengingat selain tempatnya yang indah, cukup banyak juga fasilitas yang bisa kita nikmati di sekitar danau, dan itu sangat membantu para pengunjung merasa puas berkunjung ke tempat ini baik untuk orangtua maupun anak-anak.

Contohnya saja ada labirin mini yang bisa jadi tempat bermain anak-anak, ada kursus membuat orang-orang salju yang menambah wawasan, ada persewaan mobil es yang bisa digunakan untuk mengelilingi area danau, dan yang paling diminati tentu saja pemandian air hangat onsen es yang berguna bagi pengunjung yang merasa kedinginan. Tidak hanya itu, di sekitar lokasi danau banyak juga terdapat objek wisata lain yang saling berdekatan. Apabila berkunjung menikmati keindahan danau ini, Anda juga bisa menyempatkan diri menelusuri objek wisata yang berada di sekelilingnya.

Kurang lebih ada 11 objek wisata di dekat danau Shikribetsu, diantaranya: Museum Seni Minerva, Nupukano Sato, Naita Kogen Farm, Gunung Nupukaushinupuri Barat, Fukuhara Sanso, Museum Taisetsu Higashi, Museum Kereta Kamishihorocho, Kamishihoro Golf Course, Mori no Torokko Ecorail, Shikaoicho Riding Park, Higashi Taisetsu Nature Guide Center.


Gambar 3. Pemandian Air Hangat Onsen Es

Oleh karena itu, berkunjung ke Jepang di musim dingin akan sangat rugi rasanya jika tidak menyempatkan diri mengunjungi desa Es di danau Shikaribetsu ini, sebab banyak hal yang bisa kita nikmati.

Oleh: Roma Doni
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://japanesestation.com/yuk-berkunjung-ke-shikaribetsuko-kotan-kota-es-di-atas-danau-shikaribetsu/
2. http://www.anibee.tv/news/id/food-travel-japan/5453/40000-orang-di-festival-shikaribetsu-kotan-yang-memindahkan-alaska-ke-hokkaido
3. http://sayasukajepang.blogspot.co.id/2013/01/shikaribetsuko-kotan.html
4. https://www.tripadvisor.co.id/AttractionsNear-g1120380-d1569545-Shikaribetsu_Lake-Shikaoi_cho_Kato_gun_Hokkaido.html
Sumber Gambar:
1. http://japanesestation.com/yuk-berkunjung-ke-shikaribetsuko-kotan-kota-es-di-atas-danau-shikaribetsu/
2. http://www.anibee.tv/news/id/food-travel-japan/5453/40000-orang-di-festival-shikaribetsu-kotan-yang-memindahkan-alaska-ke-hokkaido
3. http://sayasukajepang.blogspot.co.id/2013/01/shikaribetsuko-kotan.html


Related Posts :