Rabu, 20 Juli 2016

Fenomena Danau ‘Berdarah’ di Kota Sadr, Irak

Banyak fenomena-fenomena unik yang bisa kita temukan pada sebuah danau. Pada artikel kali ini yang akan kita bahas adalah tentang keunikan air danau yang terdapat di Kota Sadr, Irak. Warna merah pada air danau ini persis seperti warna merah pada darah manusia. Inilah fenomena yang sempat menghebohkan dunia maya di tahun 2007 lalu. Saat itu satelit Google Earth tak sengaja menemukan pemandangan ini dari luar angkasa. Hasil jepretan Google Earth yang ditangkap pada titik Koordinat 33.39845000,44.48416800 ini cepat sekali menyebar di ranah dunia maya, dan itu langsung membikin heboh netizen.

Seperti terlihat dalam gambar, danau itu tepat berada di tengah pemukiman penduduk. Pun demikian belum ada informasi yang memberi keterangan pasti mengenai asal muasal warna merah pada danau tersebut. Keadaan itu membuat banyak orang semakin penasaran, apakah warna merah itu benar-benar berupa darah, atau karena penyebab yang lain.


Gambar 1. Danau Darah di Kota Sadr, Irak

Berbagai spekulasi berkembang terkait warna merah pada danau ini. Ada yang menyebut fenomena warna merah pada air danau adalah karena tragedi perang berdarah yang terjadi di Irak. Warna merah itu merupakan darah dari korban-korban yang tewas akibat kalah dalam peperangan.

Sementara itu, spekulasi yang lain mengatakan warna merahnya berasal dari darah tempat pemotongan hewan yang dibuang melalui kanal-kanal yang bermuara pada lokasi danau. Tapi untuk spekulasi ini lantas dibantah oleh para ilmuwan karena airnya danaunya sendiri tidak menimbulkan bau busuk ataupun ciri-ciri yang mengarah pada spekulasi itu. Lagi pula, secara logika tentu butuh darah yang sangat banyak untuk bisa mengubah warna air danau seluas itu.

Para ilmuwan mencoba menelitinya secara ilmiah, lalu mendapat satu kesimpulan yang cukup masuk akal untuk diterima. Dijelaskan, warna merah pada air danau berasal dari bakteri atau ganggang yang tubuhnya mampu mengeluarkan pigmen berwarna merah. Pigmen-pigen itulah yang kemudian mengubah warna air danau menjadi tampak merah menyerupai darah. Bakteri ini biasanya banyak ditemukan pada air danau yang memiliki tingkat keasinan yang tinggi. Sebab, pada kondisi demikian bakteri atau ganggang itu bisa cepat berfotosintesis.

Spekulasi ilmiah inilah yang paling mendekati untuk bisa kita terima. Mengingat di beberapa danau lain di dunia juga memiliki air danau yang berwarnah merah, dan itu disebabkan oleh keberadaan bakteri atau ganggang tersebut. Seperti misalnya warna merah muda (pink) di danau Hillier di Australia, atau ada juga warna merah di danau Pagaralam Bengkulu.

Kenyataan bahwa air danaunya berwarna merah menjadikan danau yang berada di Kota Sadr, Irak ini dikenal dengan nama The Bloody Lake (Danau Darah). Sedikitnya informasi yang bisa kita dapatkan mengenai danau ini membuat kita kesulitan mengetahui fakta menarik apa yang bisa kita ketahui dari danau ini selain warna merah darahnya. Untuk itu, bagi para pembaca yang mempunyai informasi tambahan tentang danau Darah ini bisa menuliskan di kolom komentar.

Oleh: Roma Doni
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
http://jagatberitaterkini.blogspot.co.id/2010/01/misteri-danau-darah-di-irak-gambar-dari.html
http://www.merdeka.com/gaya/fenomena-danau-darah-yang-misterius-di-sadr-irak.html
http://uniqpost.com/114483/fenomena-danau-darah-di-sadr-irak/
Sumber Gambar:
http://uniqpost.com/114483/fenomena-danau-darah-di-sadr-irak/


Related Posts :