Kamis, 29 September 2016

Danau dengan Nama Terpanjang di Dunia

Kata sebagian orang apalah arti sebuah nama, yang menunjukkan kesan bahwa nama tidak terlalu penting dalam kehidupan. Tapi nyatanya tidak demikian, nama memiliki pengaruh besar sebagai bagian dari identitas. Bahkan ada yang mengatakan nama itu adalah doa. Tak terkecuali berlaku pada sebuah danau yang justru menjadikan namanya sebagai daya tarik utama.

Di kota Webster, Amerika Serikat terdapat sebuah nama yang mempunyai nama yang sangat unik. Keunikan itu mencatatkan danau tersebut sebagai pemilik rekor danau dengan nama terpanjang di dunia. Bayangkan danau itu memiliki nama yang tersusun dari 45 huruf, yakni danau “Chargoggagoggmanchauggagoggchaubunagungamaugg”. Begitu terasa rumit memang menyebutnya, tapi bukan berarti susunan huruf-huruf itu tidak memiliki arti apapun.


Gambar 1: Bukti Papan Nama Danau

Sejarawan menjelaskan kata “Chargoggagoggmanchauggagoggchaubunagungamaugg” memiliki kandungan makna yang berarti “Tempat memancing di Tapal Batas”. Semula nama yang akan dilekatkan pada danau itu tidak sepanjang itu. Ada beberapa usulan nama, diantaranya Chabanaguncamogue, Chaubanagogum, dan Chaubunagungamau.

Namun untuk memberikan kekhasan secara rinci berdasar sejarah yang ada di tempat itu, maka dipilihlah nama “Chargoggagoggmanchauggagoggchaubunagungamaugg” yang merupakan penggabungan kata Chaubunagungamau (Nama asli suku Indian) dan Chargoggagoggmanchoggagogg (Julukan orang Indian terhadap koloni Inggris).

Berdasarkan informasi, dulu di sekitar lokasi danau merupakan tempat persinggahan para koloni Inggris yang bekerja di pabrik dekat desa Manchaug. Suku Indian asli tempat itu kerap menjuluki mereka dengan sebutan “Chargoggaggoggmanchoggagogg” yang artinya orang Inggris di Manchaug. Sehingga jika diartikan dalam versi lengkapnnya maka mempunyai makna “Orang Inggris di wilayah suku Manchaug di tempat pertemuan dan lokasi memancing di perbatasan”.


Gambar 2: Air danau ini yang bening kebiru-biruan

Danau ini memang merupakan lokasi memancing utama yang terdapat di perbatasan, dan seringkali dijadikan lokasi pertemuan beberapa suku yang terdapat di wilayah itu. Namun oleh karena penyebutan namanya yang panjang dan sukar diucapkan, sebagian orang lebih memilih menyebutnya dengan nama danau Webster. Sebaliknya, penduduk setempat lebih menyukai mempertahankan nama yang panjang itu sebagai bagian dari ciri khas identitas danau.

Bukan Hanya Menjual Nama

Meskipun nama uniknya yang kerap menjadi sorotan utama, bukan berarti kelebihan danau ini hanya terletak pada namanya saja. Sebab, keindahan danaunya sendiri memberikan kepuasan bagi wisatawan yang berkunjung ke tempat itu. Terbentuk dari lelehan gletser pada zaman es, yang kemudian terisi kembali dari mata air dan sungai. Air danaunya sendiri memancarkan warna bening kebiru-biruan. Lokasi permukaan danau yang bersih dan belum tercemari sampah-sampah menambah kesejukan tatkala mengunjungi danau tersebut.

Kita bisa melepas penat dengan menikmati panorama keindahana danau ini. Bagi wisatawan yang hobi memancing dapat menyalurkan hobinya dengan memancing di danau ini. Kapal-kapal kecil seperti speadboat disediakan pengelola danau bagi para pengunjung yang ingin berkeliling menikmati keindahan danau secara lebih dekat.


Gambar 3: Speadboat di tepian Danau

Selain itu, di tepian danau juga bisa dijadikan para wisatawan yang berkunjung untuk mencari satwa liar yang lucu dan menggemaskan.

Oleh: Roma Doni
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://life.viva.co.id/news/read/451194-foto-ini-danau-unik-dengan-nama-terpanjang-di-dunia
2. https://id.wikipedia.org/wiki/Danau_Chaubunagungamaug
3. http://versesofuniverse.blogspot.co.id/2013/10/danau-chargoggagoggmanchauggagoggchaubu.html
Sumber Gambar:
1. http://life.viva.co.id/news/read/451194-foto-ini-danau-unik-dengan-nama-terpanjang-di-dunia
2. https://www.youtube.com/watch?v=X3ZveZaW4o0
3. http://www.bostonkayaker.com/cgi-bin/bkonekpage.cgi?pagekey=webster


Related Posts :