Jumat, 30 September 2016

Danau Don Juan, Danau Anti Beku di Antartika

Rasanya siapa pun tahu, bahwa Antartika adalah tempat terdingin yang ada di bumi. Untuk perkiraan rata-ratanya saja, suhu dinginnya telah mencapai tingkatan yang sangat ekstrem yakni -85 dan -90 derajat celcius. Atas hal itu, hampir seluruh bagian wilayahnya tertutupi oleh es. Ketebalan es yang menyelimuti bahkan mencapai 2,5 kilometer. Tapi siapa yang menyangka, dalam kondisi iklim yang teramat dingin tersebut, ada sebuah danau yang anti beku di sana. Danau yang tidak terpengaruhi oleh keadaan ilkim dinginnya yang ektrem, dan mampu mempertahankan airnya dalam kondisi cair.

Danau yang dimaksud adalah danau Don Juan. Kehadiran danau Don Juan lantas dilirik sebagai bagian dari fenomena alam. Bagaimana bisa airnya tak membeku di tengah suhu yang berada di titik terendah bumi. Yang bahkan, tingkat curah hujannya sangatlah minim. Kondisi ini yang kemudian menimbulkan pertanyaan, hingga para ilmuwan melakukan penelitian untuk mencari tahu jawaban bagaimana hal itu bisa terjadi. Setelah melakukan penelitian yang cukup panjang, akhirnya diketahui alasan dibalik fenomena itu. Bahwa kondisi air danaunya dengan tingkat keasinan yang sangat tinggi merupakan rahasia dibaliknya.


Gambar 1: Danau Don Juan

Disebutkan tingginya tingkat keasinan (sanitasi) di danau ini setara dengan 18x lipat keasinan pada air laut biasa dan 8x lipat keasinan air Laut Mati di Yordania. Maka ada yang menyebutkan danau Don Juan menjadi danau terasin di danau, mensejajarkannya dengan danau Assal di Afrika Utara. Dengan kandungan sanitasi yang tinggi, danau Don Juan mampu menghasilkan garam dalam jumlah yang besar. Keberadaan garam-garam dan air itu kata para Geolog berasal dari deposit kalsium klorida yang berada di sekitar danau. Keberadaan garam mampu menyedot air di udara pada saat terjadinya peningkatan kelembaban di wilayah sekitar danau, sehingga lelehan salju yang mencair mampu mengalir ke arah danau.

Sejak ditemukan pertama kali pada tahun 1961 kondisi air danaunya memang telah mencair. Itulah yang menarik perhatian dua pilot helikopter bernama, Letnan Don Roe dan Lt John Hickey, untuk menyelidiki lebih lanjut pada permukaan danau yang mereka lihat dari atas. Hanya kini, sesuatu yang berubah pada danau Don Juan adalah pada volume airnya yang terus mengalami pengurangan hingga volume airnya sangat dangkal.


Gambar 2: Danau Don Juan dari Dekat

Di wilayah Antartika, danau Don Juan berada di posisi McMurdo Dry Valley. Sebagai informasi, Dry Valley merupakan lokasi paling kering yang ada di bumi. Dengan itu, keberadaan danau Don Juan dengan airnya yang anti beku seakan menghadirkan oase di tengah wilayah yang kering. Kering yang dimaksudkan adalah karena suhu udarnya yang sangat ekstrem sehingga sulit ditemui genangan air karena telah beku dan tertutupi salju.

Wisatawan yang ingin menyusuri wilayah Antartika bisa menggunakan ekspedisi pelayaran laut.. Melihat gunung-gunung es pada wilayah Antartika dalam jarak yang relatif aman. Sebelumnya memang wisatawan bisa menggunakan pesawat terbang untuk melihat keindahan alam wilayah antartika dari ketinggian. Namun, akibat kecelakaan pesawat yang terjadi pada tahun 1978, menikmati pemandangan wilayah Antartika dengan menggunakan pesawat sudah tak diizinkan lagi.

Oleh: Roma Doni
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Antarktika
2. http://archive.kaskus.co.id/thread/11089319/0/don-juan-pond-antartika-danau-paling-asin-di-dunia
3. http://sains.kompas.com/read/2013/02/12/1011210/Rahasia.Danau.Paling.Asin.di.Dunia.Terkuak
Sumber Gambar:
1. http://sains.kompas.com/read/2013/02/12/1011210/Rahasia.Danau.Paling.Asin.di.Dunia.Terkuak
2. http://www.sayangi.com/gayahidup1/travel/read/9216/don-juan-pond-sejumput-garam-dari-planet-mars


Related Posts :