Rabu, 28 September 2016

Danau Loghareema, Danau yang Bisa Menghilang dari Irlandia

Bukan sulap bukan sihir, apa jadinya jika sebuah danau keberadaannya bisa menghilang? Pastilah kita akan bertanya-tanya bagaimana mungkin itu bisa terjadi? Ternyata danau yang bisa menghilang itu benar-benar ada, dan danau yang dimaksud adalah pada Danau Loghareema yang terdapat di Irlandia ini.

Sebuah papan nama bertuliskan “Loghareema, Vanishing Lake” terpampang di sekitar danau yang memiliki arti Loghareema, si danau yang menghilang. Struktur tanah yang mengandung campuran tanah liat dan gambut menjadi faktor mengapa danau air di danau ini cepat menyusut ketika musim panas tiba, sedang cepat tergenang air saat musim hujan.


Gambar 1: Papan Nama Danau Loghareema


Gambar 2: Permukaan Danau Loghareema

Berada di tepian jalan kota Ballycastle, keberadaan danau ini kerap menjadi pusat perhatian bagi masyarakat yang melintas. Pada suatu waktu mereka menemukan danau berisi genangan air yang berlimpah, dan akan menemui hamparan tanah yang kering di waktu yang lain. Terlebih bagi orang-orang baru yang melintasi daerah itu biasanya tidak menyadari jika di tepian jalan merupakan danau Loghareema saat kondisinya sedang mengering.

Kandungan dasar danau yang merupakan tanah liat dan gambut mengakibatkan genangan air cepat meresap menghilang dari permukaaan. Tapi jika intensitas hujan turun terlalu sering, genangan air yang terkumpul bisa menimbulkan banjir ke tepian jalan, sehingga menghalangi masyarakat yang ingin melintas.

Beruntung kini jalan baru menuju kota Ballycastle telah di bangun pemerintah setempat dengan bantaran yang cukup tinggi, diharapkan pada musim hujan tiba, masyarakat sekitar lokasi bisa menggunakan jalan baru itu sebagai alternatif.


Gambar 3: Ketika Danau Loghareema Hilang (Mengering)

Peristiwa Lampau

Konon katanya pernah terjadi peristiwa memilukan pada danau Loghareema ini yang menelan korban jiwa. Adalah kolonel John Magee Mcneille beserta ajudannya yang tengah mengendarai kereta kudanya tenggelam ke dalam danau Loghareema. Peristiwa itu terjadi pada tahun 1898, ketika disebutkan sang kolonel tengah mengejar kereta api yang berangkat jam 3 sore dari pusat kota.

Bersama seorang ajudan yang bertindak sebagai kusir dan gerobak kereta yang ditarik oleh dua ekor kuda, mereka menyusuri perlintasan jalan tepat di atas danau Loghareema ini. Meskipun kondisi jalan pada saat itu sedang tergenang air, si ajudan tetap berusaha melajukan kereta kudanya. Naas, saat telah berada di tengah danau dalam kondisi tergenang air yang tinggi, kedua ekor kudanya berontak tak terkendali. Amukan kuda tersebut mengjungkirbalikkan kereta hingga sang kolonel beserta ajudannya terhempas dari kereta. Dikabarkan sang kolonel beserta ajudannya akhirnya tewas tenggelam di danau Loghareema itu.

Dari kejadian itu sering ditemui masyarakat setempat terkait penampakan misterius di sekitar danau. Ada yang mengaku pernah menyaksikan semacam siluet kereta kuda terlihat di danau Loghareema ini. Sementara yang lain mengaku pernah melihat penampakan sang kolonel yang tengah berdiri di ujung danau. Cerita-cerita yang hadir sedikit banyak menciptakan nuansa sisi mistis pada danau Loghareema ini. Ditambah keberadaan air danau yang bisa menghilang itu maka keberadaan danau Loghareema semakin membuat banyak orang penasaran. Bagaimana dengan anda?

Oleh: Roma Doni
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber tulisan:
1. http://travel.detik.com/read/2012/12/10/072907/2113599/1383/ajaib-danau-ini-bisa-menghilang
2. http://versesofuniverse.blogspot.co.id/2015/04/loughareema-danau-yang-lenyap-dan-muncul.html
Sumber Gambar:
1. http://versesofuniverse.blogspot.co.id/2015/04/loughareema-danau-yang-lenyap-dan-muncul.html
2. http://versesofuniverse.blogspot.co.id/2015/04/loughareema-danau-yang-lenyap-dan-muncul.html
3. http://versesofuniverse.blogspot.co.id/2015/04/loughareema-danau-yang-lenyap-dan-muncul.html


Related Posts :