Kamis, 22 September 2016

Gelembung Unik di Danau Abraham, Kanada

Keunikan pada sebuah danau seakan tidak pernah habisnya. Kali ini, keunikan itu berasal dari sebuah danau yang terletak di negara Kanada. Danau Abraham namanya. Danau Abraham telah lama menjadi tempat favorit bagi para fotografer. Keunikan air danaunya menjadi objek menarik bagi pencinta foto yang ingin mengabadikan momen terbaik dengan background yang indah.

Jika kita biasa melihat gelembung-gelembung udara muncul dari dalam air, begitu pula yang terjadi di danau Abraham ini. Hanya saja, gelembung-gelembung udara yang tercipta menghadirkan pemandangan yang indah pada permukaan danau karena membentuk pola-pola yang unik. Penyebabnya adalah gelembung-gelembung udara tersebut telah membeku sebelum mencapai permukaan. Dengan demikian, berada di sekitar danau seperti dikelilingi dengan keindahan danau hasil olahan photoshop. Padahal, keunikan air danaunya murni keindahan alam yang tercipta secara alamiah.


Gambar 1. Permukaan Danau Abraham

Gelembung-gelembung beku yang muncul terbentuk dengan pola dan bermacam ukuran yang tidak teratur. Dari mulai yang berukuran kecil sampai gelembung yang memiliki diameter mencapai 1 meter lebih. Apabila diperhatikan sekilas, gelembung-gelembung beku itu seperti menyerupai ubur-ubur yang sedang berkumpul meramaikan permukaan danau. Tidak heran jika para fotografer terkadang merasa tidak puas jika tak mengambil gambar dalam jarak yang dekat, sekaligus untuk memastikan keindahan gelembung-gelembung udara itu secara lebih dekat.


Gambar 2: Permukaan Danau Abraham tampak dekat

Pada mulanya berdasarkan informasi yang penulis himpun danau Abraham hadir hasil buatan manusia. Pada tahun 1972, danau ini dibuat untuk menyokong keberadaan bendungan Bighorn Dam. Namun tidak pernah ada yang menduga jika kemudian pada danau Abraham akan muncul fenomena unik pada air danaunya tersebut. Hingga akhirnya danau Abraham kini ramai menjadi pusat perhatian atas fenomena uniknya.

Penjelasan secara ilmiah menyebutkan, gelembung-gelembung udara yang membeku itu berasal dari gas metana yang dilepaskan oleh tumbuhan di dasar danau. Gas metana yang keluar dari dasar danau akan membeku sebelum mencapai permukaan danau karena suhu air yang semakin dingin. Dengan keadaan itu terbentuklah pola-pola unik yang menyerupai gelembung-gelembung udara dalam air.

Atas kandungan gas metana yang terdapat pada danau Abraham tersebut, menjadi perhatian serius bagi keamanan pengunjung. Mengingat gas metana sensitif menerima rangsangan api yang bisa membuat terjadinya ledakan, maka papan-papan peringatan bagi pengunjung agar tidak menyalakan api banyak terpasang di sekitar danau. Jika misalnya terjadi satu ledakan, itu dapat memancing ledakan dahsyat pada air danau secara menyeluruh oleh karena tingginya kandungan gas metana pada air dananunya.

Keunikan pada air danau Abraham bisa kita saksikan saat musim dingin tiba, yakni antara bulan Desember sampai Februari. Pada saat itu permukaan air danaunya akan membeku dengan berketebalan 20-23 cm. Meskipun dengan ketebalan yang cukup besar, pengunjung masih tetap bisa menikmati keunikan gelembung-gelembung udara beku yang terdapat pada air danaunya secara jelas. Ini karena permukaan air danau Abraham biasanya tidak tertutup salju yang menghalangi keunikannya. Bagi Anda yang sekiranya ada rencana berkunjung ke Kanada, menyambangi danau Abraham ini bisa menjadi tujuan wisata yang mengesankan.

Oleh: Roma Doni
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://travel.detik.com/read/2016/08/04/091900/3268144/1520/fenomena-alam-yang-unik-di-kanada-gelembung-beku
2. http://atjehpost.co/berita1/read/Fenomena-Gelembung-Beku-di-Danau-Abraham-34508
Sumber Gambar:
1. http://ngebro.com/24-foto-danau-telaga-dan-lautan-yang-membeku-yang-menyerupai-lukisan/
2. http://ngebro.com/24-foto-danau-telaga-dan-lautan-yang-membeku-yang-menyerupai-lukisan/


Related Posts :