Senin, 03 Oktober 2016

Keindahan Danau Sentani dengan 22 Pulaunya di Papua

Papua, wilayah paling timur Indonesia itu memang sangat terkenal terkait panorama keindahan alamnya. Sampai dikatakan, Papua itu adalah surga kecil yang diturunkan Tuhan ke bumi. Hal ini dikarenakan keindahan alam di tanah Papua yang sangat menakjubkan. Dan yang paling melekat kuat tentu saja objek wisata Raja Ampat yang begitu mendunia. Bahkan keindahan bawah air yang ditawarkan objek wisata Raja Ampat termasuk dalam 10 tempat penyelaman wisata terbaik di dunia.

Tapi perlu diketahui, Papua bukan hanya soal Raja Ampat. Objek wisata di Papua masih banyak yang menawarkan pesona alam yang mengagumkan. Diantaranya: Taman Nasional Laurenz, Teluk Triton, Lembah Baliem, Pulau Rumberpon, Desa Wisata Suwandarek dan masih banyak lagi. Tak terkecuali dengan keberadaan danaunya yang memiliki pesona keindahan tersendiri. Sebut saja, danau Pania dan danau Sentani. Dan artikel ini akan mengulas pembahasan menggenai keindahan danau Sentani dengan 22 pulaunya.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke tanah Papua, tak lengkap rasanya jika melewatkan untuk mengunjungi danau Sentani yang indah nan mengesankan ini. Sebab, danau ini tidak hanya menawarkan keindahan alamnya saja, melainkan juga hal-hal baru yang bisa menambah pengalaman. Seperti menyaksikan budaya masyarakat setempat, tari-tarian, upacara adat-istiadat, membeli suvenir, maupun menikmati kuliner khas suku asli daerah itu.


Gambar 1: Danau Sentani

Dengan sebanyak 22 pulau yang terdapat di dalamnya, bisa dipastikan betapa sangat luas danau ini. Dan memang danau Sentani merupakan danau terluas di Papua, dengan luas perkiraan mencapai 9.360 ha, berada di ketinggian 75 mdpl. Bagi wisatawan yang berminat, bisa mengunjungi pulau-pulau yang terdapat di danau Sentani. Sebagian pulau-pulau itu dihuni oleh suku adat wilayah itu yang mampu hidup berdampingan secara damai. Keadaan itu sesuai dengan nama danau Sentani itu sendiri yang berarti “di sini kami tinggal dengan damai”.


Gambar 2: Salah satu pulau yang dihuni suku adat

Mengunjungi objek wisata danau Sentani sebaiknya dilakukan pada pertengahan tahun atau bulan Juni. Karena biasanya di bulan itu akan diadakan Festival Danau Sentani (FDS) yang meriah. Dengan lokasi danau yang mudah terjangkau, berjarak 50 Km dari kota Jayapura, perjalanan menuju ke sana tak terlalu melelahkan. Festival tahunan itu sudah cukup lama dilakukan pemerintah setempat untuk mempopulerkan keberadaan danau Sentani sejak tahun 2007 lalu. Bermacam kebudayaan, seni, hasil kerajinan, tari-tarian, sampai bagaimana proses pemilihan kepala suku adat setempat juga ditampilkan pada festival tersebut.

Festival Danau Sentani biasanya dibuka dengan penampilan tarian unik bernama tarian isolo. Tarian itu dilakukan di atas beberapa perahu dan juga di pelataran dataran yang biasa disebut Yau. Tarian ini dimaksudkan sebagai bentuk penghormatan antar kepala suku yang mendiami pulau-pulau di danau Sentani. Terlihat betapa masyarakat sekitar sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kedamaian. Itu adalah jenis tarian suka cita yang dilakukan oleh sekelompok orang, baik itu orang dewasa maupun anak-anak dengan perasaan riang gembira.


Gambar 3: Tarian Isolo Danau Sentani

Selain kaya dengan beragam nuansa lokal, danau Sentani juga memiliki kekayaan bawah air berupa keberagaman spesies ikan di dalamnya. Setidaknya ada 33 spesies ikan yang hidup di danau Sentani. Empat spesies diantaranya merupakan ikan endemik yang hanya ada di danau itu, yakni Ikan Gabus danau Sentani (Oxyeleotris heterodon), Ikan Pelangi Merah (Glossolepis incisus), Hiu Gergaji (Pristis microdon), dan Ikan Pelangi Sentani (Chilatherina sentaniensis). Bahkan pada Ikan Gergaji yang dikabarkan telah punah ternyata ditemukan di danau tersebut yang merupakan habitat aslinya.

Melihat keindahan danau Sentani sesungguhnya akan sangat mempesona jika kita bisa melakukannya dari ketinggian. Sebab dengan demikian, permukaan wilayah danau yang dipenuhi dengan pepohonan asri tampak indah dipandang. Tapi jangan khawatir Anda tidak diharuskan menyewa pesawat terbang hanya untuk menikmati keindahan itu, cukup melihatnya dari ketinggian di Monumen Mcarthur saja pemandangan secara menyeluruh dari danau ini bisa terlihat dengan begitu indah. Akhir kata, selamat berkunjung!

Oleh: Roma Doni
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://travel.detik.com/read/2014/12/04/162924/2767990/1519/danau-sentani-di-papua-danau-unik-yang-punya-22-pulau
2. http://festivaldanausentani.com/2016/05/23/festival-danau-sentani-kolaborasi-keindahan-alam-dan-budaya-papua/
3. http://adeevatravel.blogspot.com/2016/01/10-destinasi-wisata-paling-populer-di-papua.html
Sumber Gambar:
1. https://travelinghematnusantara.wordpress.com/2015/04/13/seperti-di-luar-negeri-pemandangan-di-danau-sentani-papua/
2. http://www.dodaholiday.com/danau-sentani-tempat-wisata-penuh-keindahan-alam/
3. http://festivaldanausentani.com/2016/05/23/festival-danau-sentani-kolaborasi-keindahan-alam-dan-budaya-papua/


Related Posts :