Jumat, 18 November 2016

Danau Frying Pan, Danau Sumber Air Panas Terbesar Di Dunia

Danau yang satu ini dari namanya saja sudah unik ya kawan. Frying Pan Lake, danau penggorengan, ada juga yang menyebutnya Waimangu Cauldron. Danau ini diberi nama danau penggorengan karena bentuknya yang seperti penggorengan jika dilihat dari atas. Mengepulkan asap dan sangat luas permukaannya. Danau ini merupakan danau air panas terbesar di dunia, temperatur suhu airnya berkisar antara 50-60 derajat Celcius. Danau ini terdiri dari beberapa danau yang terisi sumber air panas, keren ya sobat traveller. Berminat untuk berkunjung? Kita cari tau info lebih jauh dulu yuk.


Gambar 1. Penampakan Danau Frying Pan Lake

Danau ini berada di Waimangu Volcanic Rift Valley, North Island, Selandia Baru. Luas permukaan danau ini adalah 3,8 hektar dengan volume air dua ratus ribu meter kubik, memiliki kedalaman rata-rata 6 meter dan kedalaman maksimal 20 meter. Danau vulkanik ini terbentuk akibat adanya letusan gunung Tarawera yang dipicu karena adanya gempa dahsyat di wilayah Rotorua pada bulan Juni 1886. Erupsi dari letusan gunung berapi ini menjadi erupsi terbesar sepanjang masa Selandia Baru. Letusan ini meluluh lantahkan keadaan alam di sana, terjadi kematian masal. Bahkan letusan ini telah merusak salah satu keajaiban dunia, yaitu keindahan teras-teras yang spektakuler yang ada di Rotomakariri (danau dingin) dan Rotomahana (danau hangat). Teras yang besar diberi nama White Terraces, suku Maori sering menyebutnya Te Tarata (batu bertato) dan untuk yang berukuran lebih kecil disebut Pink Terraces, suku Maori menyebutnya Otukapuarangi (air mancur dari langit mendung).


Sumber 2. Danau Frying Pan Lake dari Atas

Walaupun air danau ini tergolong panas, tetapi masih berpenghuni loh kawan. Ada beberapa jenis alga yang hidup di sana, seperti Mastigocladus Laminosus. Keberadaan alga ini membuat warna danau biru kehijau-hijauan. Karena sifat siklik yang unik, maka danau penggorengan saat ini menjadi subjek penelitian. Sangat menyenangkan untuk dipandang mata, dengan suasana alam sekeliling danau yang indah. Suasana uap yang mengepul dari danau sangat mengundang untuk berendam. Tapi ini tidak dianjurkan ya, karena suhu di danau ini tidak stabil, kedalamannya juga kurang bersahabat. Walaupun ada beberapa sisi yang hangat tetap tidak diperbolehkan berenang atau melakukan aktifitas apapun di sekitaran danau. Dikhawatirkan nanti menghirup uap beracun, atau berenang ke daerah yang bersuhu tinggi. Air di danau ini tidak bisa diminum karena rata-rata PH 3,5. Uap yang di keluarkan danau ini bukan hanya berasal dari suhu yang panas, tapi juga dari gas Karbon Dioksida dan Hidrogen Sulfida yang terkandung dalam danau. Tempat ini hanya bisa digunakan untuk menikmati keindahannya yang mempesona saja, dan berfoto tentunnya. Di tempat ini ada trackking sepanjang kawasan Volcanic Rift Valley.

Oleh: Nora
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi tulisan:
1. http://www.kupavena.com/2016/11/danau-air-panas-alami-terbesar-di-dunia.html
2. http://versesofuniverse.blogspot.co.id/2015/09/lenyapnya-keajaiban-dunia-ke-8-di-danau.html
Sumber gambar:
1. https://2.bp.blogspot.com/-aqZPYdwxwcw/WBmf62O0V-I/AAAAAAAABYo/KHUQ51vwj98gxapGtePTjTKDKXJlaJkdQCPcB/s1600/danau-mendidih-terbesar-di-dunia-frying-pan-lake-003.jpg
2. http://i1.wp.com/traveling.indonesiaflight.id/wp-content/uploads/2016/08/frying.jpg?resize=710%2C710


Related Posts :