Rabu, 23 November 2016

Danau Superior, Danau Air Tawar Terbesar di Dunia

Danau ini terletak di Kanada dan Amerika Serikat, di Kanada berbatasan dengan Ontario, di Amerika Serikat berbatasan dengan Minnesota, Wisconsin dan Michigan. Danau ini terbentuk akibat adanya erosi oleh gletser. Danau Superior menjadi danau air tawar terbesar di dunia karena luas permukaannya, sedangkan Danau Baikal di Siberia menjadi danau air tawar ter besar di dunia karena jumlah volume air yang dimiliki. Sesungguhnya jika dilihat dari luas permukaannya danau terbesar di dunia dipegang oleh Danau Kaspia, atau biasa disebut Danau Laut Kaspia, tetapi air di danau ini asin, sama seperti air laut.


Gambar 1. Keindahan Danau Superior

Danau yang termasuk dalam danau jenis Glasial ini memiliki luas permukaan 82,000 km² (32.000 mil persegi), luas yang dimiliki danau ini lebih luas dari Republik Czech. Sedangkan panjang maksimum yang dimiliki adalah 350 mil (563 km) dan lebar maksimum danau 160 mil (257 km). Kedalaman rata-rata yang dimiliki danau adalah 489 kaki (149 m) dan kedalaman maksimumnya adalah 1.333 kaki (406 m). Jumlah volume air yang dimiliki danau super ini yaitu 2.935 mil kubik (12.232 km kubik). Suhu yang dimiliki danau ini pada musim panas adalah sekitar 40° F . Karena panjang dan luas yang dimiliki, danau ini menjadi sarana transportasi air, digunakan untuk rute pelayaran kapal-kapal penting guna melakukan pengiriman bijih besi.

Danau air tawar terbesar ini masuk dalam salah satu Great Lakes, yaitu link dalam rantai badan air tawar. Di dalam sistem Great Lakes ini terdapat lima danau, yaitu Superior, Huron, Michigan, Erie dan Ontario. Garis tepian Danau Superior adalah 2.730 mil (4.393 km) (termasuk juga pulau-pulau). Pulau terbesar yang terdapat di Danau Superior adalah Pulau Royale, memiliki panjang 72 km dan lebar - 14 km, letaknya berada di tengah danau. Pulau ini tercipta akibat adanya aktivitas vulkanik, bersama 450 pulau kecil lainnya termasuk ke dalam taman nasional Isle Royale. Luas pulau ini menjadikannya pulau terbesar ke lima di dunia. Sedangkan nama kota-kota yang ada di sekitar danau adalah Duluth, Thunder Bay, Marquette, Sault Ste Marie. Warga yang mendiami wilayah sekitaran danau adalah suku Anishinaabe.


Gambar 2. Danau Superior dari Atas

Menurut legenda yang beredar, jika ada kejadian kapal karam di danau ini maka kapal dan jenazah atau mayat yang tenggelam tidak akan bisa ditemukan, tidak akan muncul ke permukaan danau. Ini dikarenakan suhu air di danau yang dingin dan kedalaman danau yang berbeda dari danau yang lainnya. Berdasarkan catatan wikipedia, peristiwa kapal pelayar yang tenggelam terakhir kali adalah kapal SS Edmund Fitzgerald yang terjadi pada tahun1975.

Oleh: Nora
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi tulisan:
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Danau_Superior
2. http://tipings.com/id/pages/105703
Sumber gambar:
1. http://4.bp.blogspot.com/_DOT3mn1Gb6Q/S5CDiVBsFKI/AAAAAAAAAhY/mmnkQOr-_0g/s320/danau+superior.jpg
2. http://chromler.com/wp-content/uploads/2016/01/danau-superior-300x200.jpg


Related Posts :