Senin, 21 November 2016

Indahnya Ubur-ubur Danau Kakaban

Danau Kakaban ini terbentuk karena adanya air laut yang terperangkap di Pulau Kakaban bercampur dengan air dari dalam tanah dan air hujan sejak 2 juta tahun yang lalu. Karena adanya perubahan dan evolusi yang cukup lama di danau ini, menyebabkan air di danau ini menjadi payau. Danau yang terletak di Pulau Kakaban, Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini termasuk danau prasejarah, yaitu zaman peralihan Holosin. Pulau Kakaban memiliki arti sebuah pulau yang memeluk danau.


Sumber 1. Pulau Kakaban dari Atas

Salah satu keunikan yang sangat tersohor dari Danau Kakaban ini adalah adanya ribuan ubur-ubur yang sangat bersahabat, karena ubur-ubur yang ada di sana tidak akan menyengat. Kenapa ubur-ubur di sini tidak menyengat seperti ubur-ubur yang ada di laut pada umumnya? Ubur-ubur ini tidak bisa menyengat karena adanya dampak evolusi yang di jelaskan di atas tadi. Jadi ubur- ubur di sini menyesuaikan diri dengan kondisi air yang ada. Usut punya usut, ubur-ubur seperti ini hanya ada di dua tempat loh di dunia, yaitu di Danau Kakaban, Kalimantan Timur dan Jellyfish Lake di Palau, Mikronesia di kawasan tenggara Laut Pasifik.

Danau ini terkenal memiliki empat jenis ubur-ubur, yaitu ubur-ubur bulan, ubur-ubur totol, ubur-ubur kotak, dan ubur-ubur terbalik. Di antara keempat jenis ubur-ubur ini, ubur-ubur terbaliklah yang paling unik. Kenapa ubur-ubur terbalik ini dikatakan unik? Karena ubur-ubur pada umumnya berada di atas dengan tentakel menghadap ke bawah, sedangkan ini memiliki tentakel menghadap ke atas. Untuk ubur-ubur jenis ini letaknya berada di dasar danau.


Gambar 2. Ubur-ubur di Danau Kakaban

Bagi pengunjung yang berminat untuk menikmati eksotisnya danau ubur-ubur ini, ada beberapa hal yang harus diketahui dan dipatuhi pastinya. Pertama, ketika anda menikmati berenang dengan ubur-ubur, jangan pernah membawa ubur-ubur ini untuk naik ke permukaan air, tindakan ini akan membunuh si ubur-ubur. Kedua, jangan gunakan krim sunblock atau tabir surya ketika ingin menyelam, karena bahan kimia dari krim ini dapat mencemari air danau dan membayakan ubur-ubur. Ketiga, jangan menggunakan sepatu katak, karena ini menyakiti dan membunuh ubur-ubur jika terkena sepakan sepatu katak. Keempat, jika anda ingin berenang ke bagian lautnya juga, usahakan berenang di danau dulu baru ke laut. Karena jika anda berenang ke lautnya dulu dikhawatirkan plankton, larva hewan laut dan lain-lainnya terbawa ke danau. Itu akan menjadi pesaing hidup bagi kelangsungan hidup ubur-ubur yang ada di danau. Kelima, dilarang menyebur kedanau dengan cara melompat. Di sana disediakan tangga yang bisa dituruni untuk masuk ke danau. Hal ini dilakukan supaya air tidak menjadi keruh dan tidak merobek ubur- ubur yang ada. Yang terakhir dan yang pasti jangan anda lakukan adalah jangan membuang sampah sembarangan baik di Pulau Kakaban ataupun di danaunya. Ini akan merusak habitat yang ada di sana.

Selamat menikmati berenang bersama ubur-ubur cantik…

Oleh: Nora
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi tulisan:
https://id.wikipedia.org/wiki/Danau_Kakaban
http://www.kompasiana.com/gapey-sandy/please-jangan-lakukan-ini-di-danau-kakaban-4_569af60bef9273af0fb1f3c9
Sumber gambar:
http://assets.kompasiana.com/items/album/2016/01/17/tanjungbatuderawan-com-569aefdc22afbd7410c20306.jpg?v=600&t=o?t=o&v=700
http://keprimedia.com/wp-content/uploads/2016/09/svfdb.jpg


Related Posts :