Rabu, 16 November 2016

Pesona Air Danau Kelimutu

Berbicara mengenai danau unik yang berada di Indonesia, kita mesti membahas keunikan danau Kelimutu. Pada danau yang terletak di Kota Ende, Propinsi Nusa Tenggara Timur, terdapat satu keunikan tersendiri yang jarang ditemukan di danau pada umumnya. Keunikan tersebut yaitu warna air danau yang berubah-ubah. Danau ini disebut danau Kelimutu, karena berada di antara puncak Gunung Kelimutu.

Danau yang terbentuk dari proses vulkanis (letusan gunung berapi) ini terdiri dari tiga bagian. Masyarakat setempat menyebut masing-masing bagian tersebut Nua Muri Koo Fai, Ata Polo, dan Ata Mbupu. Tiwu Nua Muri Koo Fai merupakan sebutan untuk danau yang paling dalam, yaitu sekitar 127 meter. Sedangkan Tiwu Ata Polo merupakan sebutan untuk danau yang sedalam 64 meter dan seluas 4 hektare. Terakhir, Tiwu Ata Mbupu merupakan sebutan untuk danau yang sedalam 67 meter dan seluar 4,5 hektare.


Gambar 1. Danau Kelimutu yang Terdiri Dari 3 Anak Danau. Dilihat Dari Atas

Nah, warna air pada masing-masing danau ini berubah-ubah. Inilah yang menjadi keunikan tersendiri danau yang ditemukan oleh komandan militer Belanda bernama Van Such Tellen ini. Dilansir dari Data Balai Taman Nasional, dari sejak tahun 1915 hingga 2011, Danau Tiwu Ata Polo telah mengalami 44 kali perubahan warna. Sedangkan Danau Muri Koo Fai, dalam kurun waktu yang sama, telah mengalami 25 kali perubahan warna. Lalu, bagaimana dengan Danau Ata Mbupu? Dalam kurun waktu yang sama, danau ini telah mengalami 16 kali perubahan warna.

Karenanya air di ketiga danau tersebut biasanya menampakan warna yang berbeda, danau ini disebut juga Danau Tiga Warna.

Lalu, bagaimana proses perubahan warna yang terjadi di Danau Kelimutu? Menurut Benedictus Rio Wibanto, Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Kelimutu, proses perubahan warna air terkadang dimulai dari tengah danau lalu menyebar ke danau lainnya. Selain itu, terkadang hanya warna air bagian tengah danau saja yang berubah.


Gambar 2. Contoh Perubahan Warna Di Danau Kelimutu


Gambar 3. . Contoh Perubahan Warna Di Danau Kelimutu

Karena perubahan warna air danau serta prosesnya termasuk hal yang langka, menarik perhatian banyak peneliti termasuk ahli geologi. Tentu saja, para peneliti ingin menemukan penjelasan ilmiah mengapa air pada masing-masing danau tersebut berubah-ubah.

Lalu, apa yang sesungguhnya menyebabkan warna air berubah-ubah? Hingga saat ini, jawaban pertanyaan tersebut sebenarnya masih menjadi misteri. Bila merujuk kepada beberapa penelitian ilmiah, proses perubahan warna air disebabkan karenanya reaksi kimia di dalam dasar danau. Reaksi ini menghasilkan zat-zat kimia yang mengubah warna air. Sedangkan menurut beberapa penelitian ilmiah lainnya, proses perubahan warna disebabkan karena adanya suatu pembiasan cahaya matahari.

Nah, bila merujuk kepada kepercayaan masyarakat setempat, perubahan warna air danau menandakan akan datangnya suatu peristiwa. Bila ada air di salah satu danau tersebut yang berubah menjadi merah, pertanda datangnya hal-hal negatif seperti peperangan, cuaca ekstrem, wabah penyakit, ataupun kelaparan. Sedangkan bila berubah menjadi coklat, pertanda akan mengalami gagal panen. Nah, bila berubah menjadi hijau ataupun biru, pertanda akan datangnya kesejahteraan dan keselamatan.

Selain airnya yang selalu berubah warna, daya tarik danau Kelimutu lainnya yaitu kondisi hidrotermal (suhu udara) dan geofisika (kondisi fisik) yang berbeda dari danau pada umumnya. “Itulah yang menyebabkan daya tarik Danau Kelimutu”, tutur Benedictus.

Nah, tertarik ingin berwisata ke Danau Kelimutu? Danau Kelimutu menawarkan pesona alam tersendiri.Bila tertarik berwisata ke danau, kita mesti mempersiapkan kondisi fisik yang prima. Sebabnya, kita mesti mendaki Gunung Kelimutu agar dapat menikmati keindahan dan pesona Danau Kelimutu. Selamat menikmati pesona keindahan alam Danau Kelimutu…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1.http://media-cache-ak0.pinimg.com/736x/a7/f4/8f/a7f48f586b033c3d2bc0f3da4c1a816e.jpg
2. http://i1.trekearth.com/photos/115968/dscfl_0139.jpg
3. http://assets.kompas.com/data/photo/2014/01/30/1641181kelimutut780x390.jpg
Sumber Referensi:
http://regional.kompas.com/read/2016/04/01/15090021/Warna.Air.Danau.Kelimutu.Berubah.dari.Hijau.Tua.Menjadi.Merah.Hati


Related Posts :