Kamis, 17 November 2016

Tentang Danau Toba

Danau Toba adalah salah satu keajaiban alam yang dimiliki Indonesia, danau vulkanik ini adalah danau yang paling besar dan terkenal di Indonesia. Dan yang lebih hebatnya lagi, Danau Toba adalah danau yang paling dalam di Asia Tenggara dan terbesar ke dua di dunia setelah Danau Victoria di Afrika. Secara geografi Danau yang berada di Sumatra Utara ini dikelilingi oleh 7 kabupaten, yaitu Kabupaten Karo, Kabupaten Dairi, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Simalungun, Humbang Hasundutan. Luas permukaan danau ini sekitar 1.145 km² dengan kedalaman sekitar 529 m. Dilihat dari luas permukaannya memang lebih mirip lautan dari pada danau.

Danau Toba diperkirakan terbentuk sekitar 74.000 tahun yang lalu, yang diakibatkan oleh ledakan dahsyat Gunung Toba yang berada di dasar Danau Toba. Dalam sejarah Gunung Toba ini sudah meletus sebanyak 3 kali. Pertama sekitar 800.000 tahun yang lalu, yang ke dua, sekitar 500.000 tahun yang lalu. Nah, dari ke tiga kejadian meletusnya Gunung Toba ini, kejadian yang ke tigalah yang paling besar. Ledakannya menghasilkan kaldera yang besar, yang kemudian terisi air dan menjadi Danau Toba sekarang. Sedangkan tekanan magma yang belum keluar menghasilkan pulau, yaitu Pulau Samosir, luas pulau ini hampir sama dengan luas Negara Singapore. Dari pulau ini anda bisa menikmati keindahan Danau Toba dari berbagai arah, karena pulau ini terletak di tengah-tengah Danau Toba.


Gambar 1. Salah Satu Sudut Danau Toba

Dengan memuntahkan total material sekitar 2.800 km3. Letusan Gunung Toba ini ditetapkan sebagai salah satu letusan gunung yang terbesar di dunia pada tanggal 25 Mei 2010. Letusan itu berlangsung selama satu minggu dan debunya mencapai 10 km di atas permukaan laut, menghancurkan lahan seluas 20.000 km2, dan sampai memengaruhi Iklim. Peristiwa ini menyebabkan kematian massal, menyusutkan populasi manusia hingga 60% saat itu, beberapa spesies makhluk hidup pun punah. Penyebaran abu vulkanik terdeteksi sampai ke Kutub Utara. Bahkan dikabarkan juga bahwa matahari tertutup selama 6 tahun. Bisa anda bayangkan seberapa dahsyatnya letusan tersebut.


Gambar 2. Salah Satu Sudut Pulau Samosir

Bagi kawan-kawan pencinta alam yang ingin berkunjung ke Sumatra Utara tidak ada salahnya mampir ke Danau Toba, tidak akan rugi deh pokoknya berkunjung ke sana. Mata anda akan dimanjakan dengan hamparan air biru, hijaunya pemandangan pegunungan, sejuknya suasana dan udara. Saat ini Danau Toba sudah menjadi salah satu destinasi wisata favorit, baik wisatawan dalam negeri ataupun mancanegara. Banyak sekali agen travel yang menawarkan paket wisata ke Danau Toba. Atau bagi anda yang ingin berangkat sendiri juga bisa, saat ini sudah dibuka bandara bandara baru untuk ke Danau Toba yaitu Bandara Silangit, Tapanuli Utara. Jadi tidak harus membuang banyak waktu untuk ke Kuala Namu dahulu. Dari bandara anda bisa naik taksi menuju ke Pelabuhan Tiga raja. Taksinya ada 2 pilihan bisa regular atau carter. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan. Selamat menikmati perjalanan anda.

Oleh: Nora
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi tulisan:
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Danau_Toba
2. http://daerah.sindonews.com/read/744228/24/danau-terbesar-di-asia-tenggara-ada-di-indonesia-1369889799
3. http://jalan2.com/forum/topic/20912-panduan-lengkap-untuk-kamu-yang-mau-wisata-ke-danau-toba/
Sumber gambar:
1. https://media.licdn.com/mpr/mpr/jc/AAEAAQAAAAAAAAFFAAAAJDIyMGI3MjBhLTc3MWUtNDE5Yy1hZTUxLTQ3YmIzNWYxMjNkYQ.jpg
2. http://beritadia.com/wp-content/uploads/2016/04/Pulau-Samosir.jpg


Related Posts :