Kamis, 01 Desember 2016

Danau Labuan Cermin, Dua Jenis Rasa Air Jadi Satu

Ini dia danau yang amat sangat cantik yang dimiliki Indonesia. Lebih terdengar lebai ya, mungkin ini efek karena masih benar-benar takjub dengan kejernihan dan keindahan Danau Labuan Cermin, benar-benar seperti cermin loh. Bahkan, karena saking jernihnya dasar danau yang memiliki kedalaman lebih dari 3 meter ini bisa kita lihat dengan jelas dari permukaan. Pemerintah kota setempat memang sudah menetapkan lokasi ini sebagai kawasan konservasi atau kawasan lindung, sehingga danau ini terlihat sangat terrawat.

Warna gradasi airnya yang memukau sulit untuk dilupakan. Dari warna biru tua, biru muda, putih dan hijau di permukaan danau, ini terlihat sangat cantik. Ada lagi yang lebih unik, di danau ini ada dua jenis air, di atas air memiliki rasa tawar, sedangkan di dasar danau air terasa asin, dan air ini tidak bercampur. Begitu juga dengan ikan-ikan yang mendiami danau, mereka berpisah berada di habitatnya masing-masing. Ikan air tawar berada di bagian air tawar, ikan laut berada di bagian yang memiliki air asin. Biota di dalam danau ini juga sangat beragam.


Gambar 1. Danau Labuan Cermin

Menyelam atau snorkeling adalah aktifitas wajib yang harus anda lakukan ketika berkunjung ke danau ini. Ketika anda menyelam ada akan sangat terhibur dengan apa yang ada di depan mata. Ketika anda menyelam ke dalam danau, maka akan terlihat dengan jelas batas air tawar dan asin, putih seperti awan. Ikan yang hidup terpisah itu terlihat menakjubkan. Penyu yang berenang menuju permukaan terlihat sangat jelas.


Gambar 2. Jernihnya Air Danau

Kalau tidak percaya pembaca bisa buktikan sendiri deh. Danau ini terletak di Desa Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Untuk melakukan perjalanan menuju tempat ini akan lebih baik jika anda rombongan, apalagi alasannya kalau bukan untuk menekan angka pengeluaran anda. Dari bandara Sepinggan, Balikpapan anda bisa langsung terbang menuju Bandara Tanjung Redeb, Bera. Anda akan menempuh perjalanan darat selama 6 sampai 7 jam dengan menyewa mobil menuju Desa Biduk-biduk, harga mobil sewaan di sana sekitar Rp. 500.000. Jika sudah sampai anda akan melalui jalur tracking melewati hutan. Sambil menyelam, minum air. Sambil berjalan menyusuri tracking anda bisa menikmati pemandangan yang di sajikan hutan ini, pepohonan rindang dan satwanya. Untuk mencapai tepian danau anda harus melakukan perjalanan sekitar 30 sampai 45 menit. Nanti akan ada perahu yang bisa anda sewa ketika di sana, siap mengantar anda mengelilingi danau, menikmati kesejukkan dan keindahan ciptaan Tuhan Biaya ke tempat ini memang tergolong mahal sih, tapi bagi anda yang tidak suka ribet, lebih suka terima beres, lebih suka dilayani, ada banyak sekali agen travel yang menawarkan paket perjalanan ke danau ini.

Oleh: Nora
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi tulisan:
http://www.utiket.com/id/obyek-wisata/berau/240-danau_labuan_cermin.html
http://www.tabloidwisata.com/danau-labuan-cermin-kalimantan-timur/
Sumber gambar:
http://www.indonesiakaya.com/uploads/_images_gallery/cover/labuan_cermin_1290.jpg
http://liburmulu.com/wp-content/uploads/2016/01/Ke-Labuan-Cermin-nggak-perlu-bayar-tiket-bayar-perahu-saja.jpg


Related Posts :