Sabtu, 17 Desember 2016

Danau Linting, Danau Seindah Danau Toba yang Menyimpan Misteri

Berbicara mengenai danau indah yang berada di Sumatera Utara, pikiran kebanyakan tertuju kepada Danau Toba. Memang, Danau Toba begitu identik dengan provinsi tersebut. Nah, selain Danau Toba, ada satu danau lainnya yang tak kalah indahnya. Danau tersebut bernama Danau Linting. Danau dengan luas sekitar 1 hektare yang berada di Deli Serdang ini mulai difungsikan sebagai tempat wisata semenjak tahun 2014.

Danau ini dikelilingi pepohohan. Karenanya, pengunjung akan merasa lebih sejuk dan segar. Pengunjung pun akan disuguhkan pemandangan alam yang begitu mempesona. Hanya saja, perjalanan menuju danau ini relatif sukar. Sebabnya, sebagian besar akses jalan menuju danau ini masih terjal dan berbatu-batu.


Gambar 1. Danau Linting

Nah, menurut keterangan penduduk setempat, konon danau ini terbentuk dari bukit yang mengalami ledakan maha dahsyat pada zaman dahulu kala. Ledakan dahsyat ini menyebabkan munculnya cekungan danau. Nah, bagaimana terbentuknya danau ini bila ditinjau dari sisi ilmiah? Hingga saat ini, belum ada penelitian ilmiah mengenai terbentuk danau ini. Karenanya, terbentuknya danau ini sebenarnya masih menjadi misteri.

Air Danau yang Hangat dan Perubahan Warna Air Danau
Air Danau Linting sangat hangat walaupun berasal dari aliran gunung. Air danau pun sama sekali tak mengeluarkan aroma belerang. Biasanya, air yang berasal dari aliran gunung mengeluarkan aroma belerang. Karena air di danau ini hangat, pengunjung biasanya merendamkan kakinya di pinggir danau. Ataupun juga, biasanya mencuci muka dengan air danau ini. Selain hangat, air danau Linting pun terkadang berubah warna. Ada saatnya berwarna hijau toska dan ada saatnya juga berwarna biru. Warna air danau yang berubah-ubah ini membuat Danau Linting terlihat begitu eksotis.


Gambar 2. Air Danau Linting Saat Berwarna Biru

Apakah Danau Linting Merupakan Danau Tanpa Dasar?
Salah satu hal yang menjadi misteri Danau Linting lainnya yaitu kedalaman danau. Beberapa waktu yang lalu, seorang peneliti mengukur kedalaman danau dengan cara tradisional, yaitu menggunakan benang. Walaupun sudah menghabiskan hingga 100 meter benang, ujung benang belum menyentuh dasar danau. Berdasarkan penelitian tersebut, beberapa penduduk setempat meyakini bahwa kedalaman danau ini sangat dalam ibarat sumur. Sebabnya, bila air danau berwarna hijau toska, biasanya kedalaman danau begitu dalam. Ada juga beberapa penduduk setempat yang meyakini bahwa danau ini sama sekali tak ada dasarnya. Nah, untuk mencegah pengunjung tenggelam saat berada di tengah-tengah danau, pengunjung dihimbau untuk hanya berada di pinggir danau saja. Beberapa waktu lalu, dilaporkan ada pengunjung yang tenggelam saat berada di tengah-tengah danau.

Demikian, keindahan-keindahan Danau Linting. Dan juga, beberapa misteri danau ini yang hingga saat ini belum terpecahkan. Sama seperti danau-danau pada umumnya, danau ini menawarkan pesona keindahan tersendiri. Nah, tertarik berwisata ke danau ini?

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. https://myphotographyhobby.files.wordpress.com/2011/07/dsc02443.jpg
2. http://mw2.google.com/mw-panoramio/photos/medium/45725877.jpg


Related Posts :