Rabu, 07 Desember 2016

Danau Lost Lake Dapat Berubah Menjadi Padang Rumput

Di Amerika Serikat, tepatnya di Oregon, terdapat danau yang menarik untuk kita amati. Saat musim hujan dan musim dingin, danau dangkal dengan kedalaman 2,7 meter yang dikelilingi pepohonan pinus ini terlihat seperti danau pada umumnya. Namun, saat musim panas dan musim gugur, air danau terhisap oleh lubang misterius berdiameter sekitar dua meter yang berada di salah satu sisi bagian dalam danau. Karenanya, daerah yang semula diisi air danau berubah menjadi padang rumput. Air, yang bersumber dari aliran sungai-sungai kecil, badai, dan air hujan, akan kembali mengisi danau saat musim gugur akan berakhir. Nah, karena danau ini dapat menghilang ibarat tertelan bumi, penduduk setempat menamakan danau ini Danau Lost Lake (danau yang hilang).


Gambar 1. Danau Lost Lake Terisi Air Saat Musim Hujan dan Musim Dingin. Danau Ini Terlihat Begitu Mempesona.


Gambar 2. Danau Lost Lake Berubah Menjadi Padang Rumput Saat Musim Panas dan Gugur


Gambar 3. Lubang Misterius Berdiameter Sekitar 2 Meter Menyedot Air Danau

Menurut keterangan penduduk setempat, fenomena alam ini sudah berlangsung lama. Karenanya, bagi penduduk setempat, fenomena alam ini bukan hal yang aneh. Sedangkan bagi kebanyakan orang, tentunya merupakan hal yang unik dan langka.

Lalu, apa yang sesungguhnya menyebabkan terjadinya fenomena alam ini? Mari kita mulai memahaminya dari proses terbentuknya lubang tersebut. Menurut beberapa ahli, lubang tersebut terbentuk karena adanya semacam terowongan yang terbentuk secara alami di bawah tanah. Terowongan ini mengeringkan aliran larva yang dikeluarkan gunung berapi saat meletus. Nah, mengapa lubang ini tak ditutup agar air danau tak tersedot? Menurut beberapa ahli, bila lubang ini ditutup, sangat berisiko menyebabkan daerah di sekitarnya mengalami kebanjiran.

Nah, karena volume air danau berkurang menjelang musim panas, air akan tersedot lubang tersebut sehingga hanya menyisakan genangan-genangan air saja. Karenanya, danau ini tak terlihat lagi seperti danau. Saat musim gugur akan berakhir, air akan mengisi area danau yang berupa padang rumput. Karena volume air yang mengisi area danau sangat tinggi, terowongan tersebut tak mampu menyedot air sehingga membentuk danau. “Selama musim hujan dan musim dingin, danau Lost Lake akan terisi air sehingga terowongan tak mampu menampungnya”, tutur Jude McHugh, juru bicara Wllamette National Forest.

Setelah air danau tersedot oleh lubang tersebut, kemanakah air mengalir? Jawaban pertanyaan ini sesungguhnya masih misteri. Dan juga, masih menimbulkan perdebatan di kalangan ilmuwan. Namun, menurut beberapa penelitian, air yang tersedot oleh lubang tersebut merembes ke beberapa sumber mata air di sekitarnya.

Demikian, keunikan danau dengan panjang 1644 meter dan 1265 meter ini. Fenomena alam yang terjadi di danau Lost Lake, yaitu danau berubah menjadi padang rumput saat musim panas dan musim gugur, membuat kita merasa sangat takjub bukan?

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. http://earthrenewal.org/images_2/DSCN0013.JPG
2. http://www.eugenecarsey.com/camp/lostlake/lostlake01lake02.jpg
3. http://api.ning.com/files/9sCsOc19JdObsA3LpnKu1e89K0pC9a7e-NaBBXNdyEXunB-ikYUZVJFP-TCQ7uZUbBuFEIfVa*eIgClsvwgfazaYC9mt6gz5/Lost1.jpg


Related Posts :