Rabu, 28 Desember 2016

Pesona Air Biru Danau Pukaki, Selandia Baru

Selandia Baru atau yang disebut juga New Zealand semakin terkenal menjadi salah satu negara dengan tempat-tempat wisata yang menakjubkan. Bahkan oleh karena pemandangan alamnya yang eksotis itu, beberapa lokasi di Selandia Baru seringkali dijadikan sebagai latar dalam pembuatan film. Sebut saja dalam film The Lord of the Rings dan film The Hobbits. Keadaan itu lantas memberikan dampak positif bagi peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung ke negara ini setiap tahunnya.

Berbicara mengenai tempat wisata berupa danaunya, maka sangat tepat jika banyak wisatawan merujuk pada keindahan danau yang terdapat di Selandia Baru sebagai destinasi tujuan. Di negara ini terkenal dengan pemandangan danau-danaunya yang mempesona, diantaranya: Danau Tekapo, Danau Pukaki, Danau Mapourika, Danau Frying Pan, Danau Rotorua, dan masih banyak lagi. Nah, pada artikel ini penulis akan mengulas salah satu danau yang termasuk favorit dikunjungi wisatawan di Selandia Baru, yaitu Danau Pukaki.


Gambar 1: Pesona Air Biru Danau Pukaki

Apa yang membuat danau Pukaki menjadi tempat favorit wisatawan? Tidak lain adalah pesona keindahan air danaunya yang jernih kebiru-biruan, didukung pula oleh pemandangan di sekelilingnya yang sejuk. Selain itu, kenyataan bahwa danau Pukaki merupakan danau terbesar di Selandia Baru menjadi nilai tambah mengapa danau ini layak dikunjungi. Luas danau yang mencapai 178,7 km membuat air danaunya yang jernih kebiruan itu terhampar indah seakan lukisan dari hamparan birunya langit. Kejernihan air danaunya memungkinkan kita bisa bercermin di danau tersebut.

Jernihnya air danau Pukaki disebabkan oleh tinggginya kandungan mineral yang berasal dari peristiwa gletser yang terjadi selama berabad lalu pada danau ini. Di sekitar danau memang banyak terdapat pegunungan maupun bukit-bukit bersalju yang memungkinkan terjadinya aktifitas glester itu. Dengan di kelilingi oleh perbukitan dan pegunungan itu, keuntungannya saat berada di danau Pukaki adalah kita bisa menyaksikan dengan jelas pemandangan gunung Aoraki atau Mount Cook sebagai gunung tertinggi di Selandia Baru.

Bukan hanya itu, di beberapa bagian, bunga-bunga lupin tumbuh berwarna-warni di sekitar danau Pukaki. Meskipun pada jarak terdekat danau, umumnya didominasi dengan tumpukan bebatuan dan rerumputan yang tampak gersang. Tapi hal itu tidak mengurangi keindahan danau Pukaki yang tentu saja sangat sayang untuk dilewatkan dalam mengabdikan momen berkesan bagi pengunjung dengan background yang indah di danau ini. Walau banyak dikunjungi wisatawan setiap harinya, kebersihan lokasi di sekitar danau dan air danaunya sendiri selalu menjadi prioritas untuk dijaga pihak pengelola..


Gambar 2: Bunga Lupin di Sekitar Danau Pukaki

Sayangnya pengunjung tidak bisa menyusuri keindahan danau Pukaki lebih dekat. Dalam artian, bagi yang ingin merasakan sensasi mengelilingi danau Pukaki dengan menggunakan sampan atau kapal spead boat misalnya, tidak tersedia di danau ini. Begitu juga yang hobi memancing, tidak ada aktifitas memancing di danau ini. Hanya saja, di tepian danau, bisa menjadi area lintasan bagi wisatawan yang memiliki hobi bersepeda. Paling tidak dengan bersepeda kita bisa melihat keindahan danau Pukaki dari sisi yang lain.

Tapi jangan khawatir jika itu menyangkut urusan perut dan tempat tinggal. Ada rumah makan dan hotel yang tidak jauh dari lokasi danau yang bisa kita kunjungi. Bahkan untuk menambah kesan liburan, Anda bisa berkunjung ke peternakan ikan salmon tertinggi di dunia yang kira-kira butuh waktu setengah jam dari lokasi danau. Di sana kita bisa melihat bagaimana cara membudidayakan ikan salmon dengan konsep eco-sustainability. Tentu saja jangan lupakan untuk mencicipi kelezatan menu andalan ikan salmon tersebut.

Oleh: Roma Doni
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. https://catatanwisata.wordpress.com/2016/06/13/topdestination-danau-pukaki-di-kaki-gunung-mt-cook/
2. http://www.hipwee.com/daripembaca/7-wisata-alam-selandia-baru-yang-membuatmu-berpaling-dari-romantisme-eropa/
3. http://www.travelingprecils.com/2012/01/mencicipi-salmon-terlezat-di-dunia.html
Sumber Gambar:
1. https://h0tchocolate.com/2014/05/24/in-pictures-the-road-to-queenstown/danau-pukaki-2-bisa-ngaca-disitu/
2. http://www.tipsciamik.com/2015/08/14-tujuan-wisata-paling-populer-di.html


Related Posts :