Selasa, 13 Desember 2016

Pesona Danau Kawah Putih Ciwidey

Danau Kawah Putih terbentuk karena adanya letusan dahsyat Gunung Patuha yang terjadi pada abad ke 10. Danau yang eksotis ini terletak di bawah puncak tertinggi Gunung Patuha, pada ketinggian lebih dari 2090 m di atas permukaan laut. Keindahan danau ini baru diketahui pada tahun 1837, ditemukan oleh seorang peneliti dari Belanda yang bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn. Dinamakan Danau Kawah Putih karena air dan tanah di sekitar danau berwarna putih, ini disebabkan karena tanah di sana sudah bercampur dengan belerang. Yang lebih unik lagi air di danau ini bisa berubah warna di saat-saat tertentu. Suhu udara tempat wisata ini bisa dibilang cukup ekstrem, pada bulan Juli – Agustus suhu siang hari berkisar di 10 derajat celsius dan 5 derajat celsius di malam hari.


Gambar 1. Kawah Putih Ciwidey

Awalnya keindahan Danau Kawah Putih yang terletak di kawasan wisata alam Ciwidey, Bandung Selatan ini tidak diketahui siapapun. Penyebabnya adalah keangkeran kawasan Gunung Patuha yang sangat terkenal. Penduduk sekitar beranggapan bahwa di puncak gunung ini adalah tempat berkumpulnya arwah para leluhur. Konon katanya tidak ada satu orang pun yang berani menginjakkan kaki di kawasan Gunung Patuha. Bahkan burung pun tidak ada yang terbang di area gunung, jika ada yang terbang melintasi daerah itu maka si burung akan mati.


Gambar 2. Pesona Danau Kawah Putih

Sejak ditemukan oleh peneliti dari Belanda itu pesona keindahan Danau Kawah Putih semakin terkenal, dan pada tahun 1987 pemerintah mulai mengembangkan Kawah Putih sebagai tempat pariwisata. Eksotisnya danau yang super nyaman ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, baik wisatawan lokal ataupun manca negara. Bahkan bukan hanya untuk berwisata menghilangkan penat, di lokasi ini juga sering digunakan untuk shooting film atau foto prewedding. Kemudahan mengakses lokasi juga menjadi salah satu faktor pendukung majunya kawasan wisata ini.

Untuk menuju kawasan wisata ini anda bisa melewati jalan berikut, keluar Tol Padaleunyi masuk Jl Raya Kopo, dilanjutkan Jl. Raya Kopo Sayati, Jl. Raya Soreang Kopo, masuk Jl Panyirapan (Alternatif) , Jl. Raya Soreang Ciwidey , Jl. Raya Ciwidey, Jl. Raya Rancabali , Jl Raya Patengan, kemudian Masuk kawasan parkir bawah – Kawah Putih. Untuk jalur alternatif bisa melalui Tol Buah Batu. Untuk yang menggunakan angkutan umum, dari terminal Leuwi Panjang bisa naik angkutan menuju ke terminal Ciwidey.

Di luar daya tarik keindahan dan kemudahan akses tempat wisata ini anda juga harus memperhatikan waktu berkunjung. Usahakan untuk melakukan perjalanan sepagi mungkin, karena jika sudah menjelang siang kawasan ini akan tertutup kabut tebal, tidak menutup kemungkinan hujan lebat. Disarankan juga untuk tidak terlalu lama berada di kawasan Danau Kawah putih ini, karena menghirup udara dengan aroma belerang yang menyengat cukup berbahaya untuk kesehatan. Segeralah menjauh dari danau jika anda sudah mulai merasakan pusing.

Oleh: Nora
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi Tulisan:
https://id.wikipedia.org/wiki/Kawah_Putih
Sumber gambar:
http://anekatempatwisata.com/wp-content/uploads/2014/08/Kawah-Putih-2.jpg
https://kota.tokopedia.com/bandung/wp-content/uploads/2016/08/kawah-putih-3.jpg


Related Posts :