Jumat, 30 Desember 2016

Taman Bawah Air yang Indah di Danau Gruner See, Austria

Jangan sia-siakan momen langkah apabila berencana liburan ke negara Austria ketika musim semi dan panas tiba. Sempatkanlah waktu liburan Anda dengan mengunjungi tempat wisata Danau Gruner See yang terdapat di sana. Sebab hanya pada musim itu, kita bisa menikmati tempat wisata danau Gruner See yang menawarkan keindahan bawah airnya. Ada taman yang indah di dalam danau Gruner See yang bisa dinikmati wisatawan saat berkunjung ke sana.


Gambar 1: Permukaan dan bawah air danau Gruner See

Sedangkan ketika musim dingin datang, keberadaan danau Gruner See pun akan menghilang. Volume air danaunya akan menyusut dan lokasi danau pun berubah menjadi taman biasa. Ya, pada mulanya memang lokasi danau yang berada di tepi pegunungan Hochschwab ini didirikan sebagai area taman wisata, bukan danau. Tidak disangka sebelumnya, jika musim semi dan panas tiba, lokasi taman tersebut justru berubah menjadi kolam yang besar. Yang bahkan, oleh karena digenangi air dengan volume yang tinggi itu hingga mengubah lokasi taman itu bisa digunakan untuk berenang.


Gambar 2: Beningnya Air danau Gruner Sea

Menariknya, itu pula yang kemudian menambah daya tarik wisatawan untuk datang menyaksikan fenomena unik tersebut. Karena fenomena itu rutin terjadi setiap tahun, maka lokasi taman wisata itu lebih dikenal akan fenomena danaunya yang dinamakan danau Gruner See, atau sebagian ada yang menyebut Green Lake karena keindahan bawah airnya yang ditumbuhi rerumputan hijau. Keindahan taman bawah airnya telah dinobatkan oleh salah satu asosiasi diving profesional, PADI sebagai salah satu spot menyelam terbaik untuk dikunjungi.

Air danau Gruner See yang bening membuat pemandangan taman bawah airnya terlihat dengan jelas. Bangku taman, akar-akar pohon, rerumputan alpine, sampai bunga-bunga yang bermekaran tumbuh di dalamnya menampilkan kolaborasi pemandangan yang indah. Dengan suhu air berkisar 4-8 derajat celsius, mengharuskan kita berada dalam kondisi fit untuk bisa menyelam pada air danaunya yang tergolong sangat dingin.


Gambar 3: Keberadaan Bangku Taman di danau Gruner See

Volume air danaunya sendiri rata-rata berkisar 12 meter. Akan tetapi, saat musim dingin tiba, volume air danaunya menyusut hingga tersisa hanya 1-2 meter saja, itu pun dalam kondisi beku. Maka pada saat bersamaan danau Gruner See kembali pada fungsinya semula sebagai taman wisata, dan kita pun dapat berjalan di atas danau dengan bebas.

Danau Gruner See sangat direkomendasikan bagi para fotografer yang suka bereksperimen dengan hal-hal baru. Memotret pemandangan di dalam air pasti menciptakan sensasi yang mengesankan. Apalagi pada danau ini yang memiliki keindahan di berbagai sudutnya, maka banyak objek menarik yang bisa diabadikan. Selain itu, letak danau yang berada di tengah-tengah pegunungan dengan banyaknya pepohonan besar yang tumbuh di sekitarnya, semakin menyempurnakan panorama keindahan danau ini untuk menghasilkan objek foto yang berkualitas.

Seorang fotografer, Marc Henauer bahkan mencoba peruntukkan mengambil gambar taman bawah air di danau Gruner See ini untuk diikutsertakan dalam kompetisi National Geografic pada 2014 lalu. Hasilnya tidak mengecewakan, gambar hasil bidikan Marc Henauer tersebut berhasil menyabet juara ketiga. Terlepas dari itu, perlu diingat kembali bahwa semua keindahan danau Gruner See hanya bisa dinikmati saat musim semi, atau puncaknya saat musim panas tiba. Maka berkunjunglah ke tempat wisata ini di pertengahan tahun, antara bulan Mei, Juni, dan Juli agar bisa menikmati keindahan taman bawah airnya.

Oleh: Roma Doni
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://www.bacaanmenarik.com/2016/01/gruner-see-danau-yang-menyimpan.html
2. https://wilhelm13.wordpress.com/2014/04/20/taman-bawah-air-green-lake-austria-yang-indah-dan-unik/
3. http://lifestyle.sindonews.com/read/1083295/156/danau-gruner-see-sajian-keindahan-dua-alam-sekaligus-1454734877
Sumber Gambar:
1. http://www.cam111.com/photo/2013/08/01/173311.html
2. http://www.aura-ilmu.com/2014/10/gruner-see-danau-indah-menakjubkan.html
3. http://www.aura-ilmu.com/2014/10/gruner-see-danau-indah-menakjubkan.html


Related Posts :