Rabu, 21 Desember 2016

Uniknya Danau Di Tengah Gurun

Ada danau di tengah gurun, sepertinya itu suatu yang mustahil ya. Jika mendengar kata gurun, yang terlintas di pikiran kita pasti panas yang menyengat, debu pasir, kering, dehidrasilah pokoknya kalau kita jalan-jalan ke daerah gurun. Jarang sekali orang tertarik untuk melakukan travelling ke daerah gurun.

Tetapi danau di tengah gurun ini benar-benar ada loh di Gurun Gobi, padang pasir terluas di Asia. Lebih tepatnya berada 6 km di sebelah selatan Dunhuang, provinsi Gansu, Cina bagian Barat. Danau ini terbentuk dari oasis alami, masyarakat setempat menyebutnya Yueyaquan yang memiliki arti Danau Bulan sabit, nama ini didapat pada zaman Dinasti Qing. Masyarakat menyebutnya Danau Bulan Sabit karena bentuknya yang sama persis dengan bulan sabit. Danau istimewa ini memiliki usia lebih dari 2.000 tahun.


Gambar 1. Danau Bulan Sabit dengan Kuil di Tepi Danau

Pada zaman dahulu kawasan danau ini digunakan untuk tempat istirahat para pedagang sutera dari Cina yang menuju ke Eropa. Tempat melepas lelah dan dahaga yang dirasakan setelah menempuh perjalanan jauh dengan cuaca panas yang cukup membakar. Mereka beristirahat di sebuah kuil Buddha lengkap dengan pagodanya yang berada di tepi danau. Begitu pula dengan pedagang yang berasal dari Eropa, pedagang ini juga harus melintasi Gurun Gobi untuk menuju Cina, menjajakan logam yang mereka punya.

Danau yang sudah ditetapkan sebagai warisan sejarah yang harus dilindungi oleh UNESCO ini pada tahun 1960 masih memiliki kedalaman rata-rata sekitar 5 meter dan kedalaman maksimal 7,5 meter. Akan tetapi keadaan Danau Bulan Sabit saat ini sudah jauh berbeda dari 30 tahun yang lalu. Danau ini sudah mengalami penyusutan debit air yang cukup parah. Ukurannya semakin mengecil dikarenakan cuaca yang semakin panas dan perubahan iklim. Curah hujan di gurun ini sangat kecil, bahkan bisa tidak ada hujan sama sekali selama satu tahun.


Gambar 2. Pemandangan Danau yang Menyejukkan

Ada berminat untuk melakukan travelling ke Gurun Gobi? Gurun yang membentang di antara negara Cina dan Mongolia. Memang ini bisa menjadi perjalanan yang sangat menyenangkan bagi anda traveler yang menyukai tantangan. Akan tetapi jangan sampai anda melupakan segala sesuatu yang harus dipersiapkan untuk mengarungi tandusnya padang pasir. Persiapkan diri anda matang-matang. Buatlah daftar barang bawaan yang wajib anda bawa, supaya tidak ada yang tertinggal. Dan yang paling penting adalah kondisi badan anda yang harus benar-benar fit, karena akan dibutuhkan tenaga ekstra untuk melakukan perjalanan menaklukkan si gurun ini.

Untuk mengeksplore kawasan ini anda bisa menggunakan mobil jeep atau menaiki unta. Menjelajahi bukit pasir untuk mendapatkan view danau yang spektakuler. Dari atas bukit gurun yang mengelilinginya, bentuk danau ini akan terlihat benar-benar seperti bulan sabit. Di kuil juga terdapat toko suvenir yang bisa anda kunjungi.

Oleh: Nora
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi Tulisan:
https://travel.detik.com/read/2014/01/16/184418/2469405/1520/keren-danau-2000-tahun-di-tengah-gurun-pasir-china
Sumber Gambar:
1. https://images.detik.com/customthumb/2014/01/16/1520/184559_sabit1.jpg?w=455&q=90
2. http://3.bp.blogspot.com/-R2QfoA0pKtc/VQ_C9NEAl5I/AAAAAAAAJWQ/LTIhzeemF2U/s1600/danau-bulan-sabit-cina-4.jpg


Related Posts :