Senin, 19 Desember 2016

Warni-Warna Air dan Mitos Danau Telaga Warna

Bila kita mengunjungi ataupun berekreasi ke Bogor, terasa kurang lengkap bila tak mengunjungi Danau Telaga Warna. Terlebih, bila ingin melepaskan lelah ataupun melepaskan segudang rasa penat. Sebabnya, danau yang terletak di kawasan Puncak ini menawarkan pesona keindahan alam tersendiri. Menikmati pesona keindahan danau ini membuat kita lebih merasa fresh.

Sesuai namanya, yaitu Danau Telaga Warna, warna air danau ini berubah-ubah setiap saat. Lalu, warna apa saja yang tampak pada air danau ini? Terkadang, air danau berwarna hijau sehingga terlihat menyatu dengan pepohonan di sekitarnya. Terkadang juga, air danau berubah menjadi coklat, kuning gelap, ataupun kuning terang. Berubah-rubah warna air danau tentunya membuat siapapun merasa takjub.


Gambar 1. Pesona Alam Danau Telaga Warna

Nah, menurut penelitian, ada 7 warna yang ditampakkan air danau dalam waktu yang berbeda. Salah satu penyebabnya, menurut penelitian tersebut, yaitu adanya pantulan cahaya dari warna-warna pohon di sekitar danau. Ada juga beberapa peneliti yang menyatakan bahwa perubahan warna ini disebabkan adanya tumbuhan alga yang mengalami perubahan warna. Karena ketidaksepakatan diantara para peneliti mengenai penyebab perubahan warna, penyebab berubah-ubah warna air menjadi misteri.


Gambar 2. Air Danau Berwarna Hijau. Terlihat Menyatu Dengan Pepohonan di Sekitarnya.

Selain airnya yang berubah-ubah warna, danau ini pun dikelilingi pepohonan rindang dan perkebunan teh. Karenanya, pengunjung akan merasakan kesejukan dan kesegaran saat berada di danau ini. Selain itu, udara di danau ini pun terasa begitu asri. Sebabnya, danau ini berada di ketinggian sekitar 1400 meter dari permukaan laut. Perpaduan udara yang asri, pepohonan rindang, dengan pemandangan perkebunan teh membuat siapapun merasa ingin berlama-lama berada di danau dengan luas sekitar 1,5 hektare ini.


Gambar 3. Air Danau Berwarna Coklat

Keindahan danau bekas peninggalan Kerajaan Kutatanggeuhan ini tak hanya sampai di situ. Beberapa aneka flora dan fauna langka pun turut menghiasi keindahan Danau Telaga Warna. Beberapa contoh flora diantara tumbuhan paku, tumbuhan tiang, tumbuhan rotan, dan sebagainya. Sedangkan beberapa contoh fauna yaitu kera abu-abu, Surili, Lutung, burung tekukur, burung walet, burung puyuh, burung kadanca, dan sebagainya.

Mitos-Mitos Danau Telaga Warna
Di mana ada danau biasanya di situ ada mitos. Hal ini juga berlaku di Danau Telaga Warna Ada beberapa mitos terkait keberadaan danau ini. Lalu, apa saja mitos-mitos danau ini?
Pertama, menurut keterangan penduduk setempat, ada dua ekor ikan tinggal di dalam danau ini. Masing-masing ikan ini berwarna kuning dan hitam. Nah, bila ada orang yang melihat kedua ikan tersebut meloncat dari dalam danau, keinginannya dan cita-citannya akan terkabul.

Kedua, siapapun yang membasuh muka dengan air Danau Telaga Warna akan selalu terlihat awet muda. Hal ini berdasarkan keterangan penduduk setempat. Nah, apakah hal ini tak hanya mitos belaka? Dari sudut pandang ilmiah, belum ada penelitian yang mampu membuktikan hal tersebut.

Ketiga, warna-warni air Danau Telaga Warna disebabkan oleh bercerai-berainya kalung berwarna-warni hadiah ulang yang ditolak Putri Ayu Kencana Ungu. Konon, menurut cerita rakyat penduduk setempat, Prabu Swarnalaya, seorang raja Kerajaan Kutatanggeuhan, memberikan hadiah ulang tahun kepada Putri Ayu Kencana Ungu berupa kalung berwarna-warni. Namun, Putri Ayu Kencana Ungu menolak hadiah itu. Suatu saat, terjadi keanehan yaitu menyemburnya air dari permukaan tanah. Kalung tersebut masuk ke dalam air yang merendam tanah lalu bercerai-berai. Nah, kalung inilah yang diyakini, menurut cerita rakyat penduduk setempat, menyebabkan berubah-ubahnya warna air danau Telaga Warna.

Demikianlah, pesona keindahan Danau Telaga Warna. Serta, mitos-mitos danau ini. Nah, tertarik berwisata ke danau ini?

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. http://www.klikhotel.com/blog/wp-content/uploads/2015/12/Telaga-Warna-puncak-1024x685.jpg
2. http://www.indeksberita.com/files/photo/2016/02/Telaga-Warna.jpg
3. http://cdn-2.tstatic.net/tribunnews/foto/bank/images/taman-wisata-alam-telaga-warna_1_20151107_131716.jpg


Related Posts :