Senin, 09 Januari 2017

4 Danau di Australia yang Airnya Berwarna Pink

Kangguru begitu identik dan juga menjadi ikon negara Australia. Nah, selain kangguru, salah satu hal lainnya yang sebenarnya identik dengan Australia yaitu danau-danau yang airnya berwarna pink. Nah, di negara yang bertetangga dengan Indonesia di sebelah selatan ini, terdapat danau-danau yang airnya berwarna pink. Nah, apa sajakah danau-danau tersebut?

1) Danau Hillier
Diantara danau-danau berwarna air pink di Australia, mungkin danau Hillier yang paling terkenal. Danau sepanjang 600 meter yang ditemukan tahun 1812 ini terletak di Kepulauan Recherce, Australia Barat. Menurut beberapa penelitian, air danau yang berwarna pink disebabkan oleh adanya ganggang merah yang mengeluarkan semacam pigmen dan adanya sejenis bakteri yang berkonsentrasi garam yang tinggi. Warna air danau tak berubah bila dituangkan ke dalam gelas. Karena danau ini begitu mempesona, tak sedikit pelancong asing yang mengunjungi danau ini.


Gambar 1. Danau Hiller

2) Ladang Danau (Field of Pink Lake)
Di suatu lokasi antara Esperance dengan Caiguna, suatu kawasan di Australia Barat, terdapat banyak cekungan danau. Warna air danau pada setiap cekungan berbeda-beda. Nah, salah satunya yaitu warna pink. Lalu, mengapa warna air danau pada setiap lubang tak sama? Hal ini disebabkan karenanya perbedaan kadar garam dan pigmen yang dikeluarkan ganggang pada setiap cekungan. Menariknya, jalan dibangun melewati areal danau ini. Karenanya, siapapun yang melewati jalan tersebut, akan dapat menikmati keindahan pesona danau ini.


Gambar 2. Danau Field of Pink

3) Danau Hutt Lagoon
Di Kawasan Australia Barat, tepatnya Di sebelah utara muara Sungai Hutt, terdapat sebuah danau yang airnya berwarna pink. Danau ini yaitu Danau Hutt Lagoon. Posisi danau yang panjangnya 14 kilometer dan lebarnya 2 kilometer ini tak jauh dari lautan. Diantara lautan dan danau ini, terdapat kota kecil bernama Gregory. Seperti halnya proses tercipta warna pink air danau, warna pink air Danau Hutt Lagon disebabkan adanya ganggang yang mengeluarkan pigmen. Nah, menjelang sore, air danau tak berwarna pink. Melainkan, berubah menjadi warna ungu. Hal ini disebabkan oleh pantulan cahaya matahari


Gambar 3. Danau Hutt Lagon

4) Danau Pink Quairading
Danau berwarna pink lainnya yang berada di Kawasan Australia Barat yaitu Danau Pink Quarading. Akan tetapi, hanya sebagian danau saja yang berwarna pink. Sisa bagian danau lainnya berwarna coklat pekat. Nah, pada bagian danau yang menampakkan warna pink, warna air terkadang berubah-berubah. Saat suatu sisi danau berwarna pink terang, sisi lainnya berwarna pink gelap. Lalu, mengapa ada perbedaan warna air danau meskipun dalam danau yang sama? Inilah salah satu keajaiban fenomena alam yang mungkin saja yang terjangkau logika manusia. Nah, seperti halnya danau Field of Pink, jalan dibangun melewati danau. Karenanya, saat berada di jalan ini, dapat melihat langsung keindahan pesona danau ini.


Gambar 4. Danau Pink Quairading

Demikian, danau-danau di Australia yang airnya berwarna pink. Karena masing-masing danau ini begitu mempesona, tak salah bila memberikan julukan negeri danau pink kepada negara tersebut.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. http://semuaadadisini.com/wp-content/uploads/2015/08/Danau-Hillier.jpg
2. http://2.bp.blogspot.com/-vN5sv5cPaWY/UdHyP5B_ezI/AAAAAAABk6U/98jL1zTpl34/s580/Louise-OGrady-Amazing-Pink-Lakes-2-425x318.jpg
3. http://lewatgambar.blogspot.co.id/2012/11/8-danau-pink-terindah-di-dunia.html
4. http://1.bp.blogspot.com/-XAC4sWexuUg/Uo8a2p3SmrI/AAAAAAAACzA/S7O3jLmDNIM/s640/Quairading-Pink-Lake-Australia.jpg


Related Posts :