Jumat, 27 Januari 2017

Danau Kakaban, Danau Ubur-Ubur Terindah dan Terunik Di Dunia

Di Kalimantan Timur, tepatnya di tengah-tengah himpitan Pulau Kakaban, terdapat danau yang diakui sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO. Danau ini yaitu Danau Kakaban. Dinamakan demikian, karena danau ini terletak di tengah-tengah Pulau Kakaban.

Di dalam danau seluas 5 kilometer persegi ini dengan kedalaman rata-rata 55 meter di atas permukaan laut ini, terdapat 4 jenis ubur-ubur. Karena tak ada danau yang ditempati beragam jenis ubur-ubur sebanyak Danau Kakaban, baik di Indonesia maupun di dunia, danau ini menjadi danau dengan jenis ubur-ubur terbanyak di dunia. Salah satu danau yang mungkin menjadi ‘pesaing’ pesona ubur-ubur Danau Kakaban yaitu Danau Jellyfish. Di danau yang terletak di Palau, Kepulauan Micronesia, ditempati dua jenis ubur-ubur.


Gambar 1. Danau Kakaban

Lalu, apa saja jenis ubur-ubur yang berada di dalam Danau yang terbentuk karena terangkatnya batu karang dari dalam laut ini? Masing-masing dari keempat jenis ubur-ubur yaitu ubur-ubur bulan, ubur-ubur totol, ubur-ubur kotak, dan ubur-ubur terbalik. Ukuran masing-masing jenis ubur-ubur tersebut berbeda-beda. Ubur-ubur bulan berukuran 5 hingga 50 sentimeter, ubur-ubur totol berukuran 1 hingga 20 sentimeter, ubur-ubur kotak berukuran 7 hingga 10 milimeter, ubur-ubur terbalik berukuran 15 hingga 20 sentimeter.

Nah, diantara empat jenis ubur-ubur tersebut, ubur-ubur terbalik merupakan jenis ubur-ubur yang unik dan langka Sebabnya, tentakel ubur-ubur ini menghadap ke atas saat berenang. Biasanya, saat berenang, tentakel ubur-ubur menghadap ke bawah. Nah, karena ubur-ubur bertentakel terbalik begitu unik, ubur-ubur ini menjadi ikon danau ini.


Gambar 2. Ubur-Ubur di Dalam Danau Kakaban


Gambar 3. Ubur-Ubur di Dalam Danau Kakaban

Lalu, mengapa tentakel ubur-ubur terbalik? Ubur-ubur berenang dengan tentakel terbalik, agar ganggang dapat menaikinya tentakelnya untuk mendapatkan sinar matahari. Ganggang sangat memerlukan sinar matahari untuk mengolah makanan yang dihasilkannya. Sebagai ‘balasan’ menaiki tentakel ubur-ubur, ubur-ubur mendapatkan makanan yang dihasilkan oleh ganggang. Singkatnya, penyebab tentakel ubur-ubur terbalik yaitu adanya interaksi simbiosis mutualisme (saling menguntungkan) dengan ganggang. Interaksi ini terjadi karena adaptasi ubur-ubur dan ganggang dengan lingkungan.

Perilaku seluruh ubur-ubur di Danau Kakaban berbeda dengan perilaku ubur-ubur pada umumnya. Ubur-ubur di Danau Kakaban sama sekali tak menyengat. Biasanya, ubur-ubur akan menyengat apapun yang mengancam mereka. Karena ubur-ubur tak menyengat, pengunjung Danau Kakaban dapat menyelam mengitari seluruh areal dalam danau sambil melihat-lihat pesona keindahan ubur-ubur. Dan juga, bermain-main bersama ubur-ubur.

Nah, untuk mengabadikan pengalaman menyelam Danau Kakaban sambil bermain-main bersama ubur-ubur, kita dapat mengambil foto selfie di tengah-tengah ubur-ubur. Akan tetapi, mesti menggunakan kamera yang khusus dirancang untuk mengambil gambar di dalam air.

Karena terdapat 4 macam ubur-ubur termasuk ubur-ubur bertentakel menghadap ke atas, dan telah diakui sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO, tak salah menyebut Danau Kakaban sebagai danau ubur-ubur terunik dan terindah di dunia. Nah, apakah tertarik berwisata ke danau Kakaban untuk melihat ubur-ubur dan bermain-main bersama hewan kenyal tersebut?

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1.http://1.bp.blogspot.com/-1bGj2r5i_4Q/UA4ZVgvzptI/AAAAAAAADZs/fGc2N40DmOI/s640/Danau+Kakaban.jpg
2. http://a.okezone.com/photos/2015/03/13/18869/117794_large.jpg
3.https://dyahpamelablog.files.wordpress.com/2016/09/ubur-ubur-di-kakaban-lake.jpg?w=1000


Related Posts :