Selasa, 31 Januari 2017

Danau Terdalam dan Tertua di Dunia, Danau Baikal

Danau Baikal memiliki arti danau kaya, kenapa disebut kaya? Karena danau ini menjadi tempat tinggal flora dan fauna, saat ini terdapat sekitar 1.600 jenis hewan dan 800 jenis tanaman, merupakan sebuah ekosistem besar. Danau ini lebih terlihat seperti lautan, airnya sangat jernih, bahkan saking jernihnya, anda bisa melihat sampai kedalaman 50 meter dengan mata telanjang. Nama lain dari danau ini adalah The Blue Eye of Siberia atau Mata Biru Siberia, orang Rusia dalam bahasa mereka menyebut danau ini Байка́л (Ozero Baykal, О́зеро secara harfiah artinya Danau) . Sedangkan dalam bahasa Buryat dan Mongol Danau Baikal disebut Dalai-Nor atau Laut Suci.

Danau Baikal merupakan danau terdalam dan tertua di dunia dengan kedalaman rata-rata 744 meter. Danau ini terbentuk sekitar 25 sampai 30 juta tahun yang lalu. Danau yang memiliki kedalaman maksimal 1.632 meter ini pertama kali ditemukan oleh bangsa mongol. Sementara titik terendah yang dimiliki danau ini adalah 1.219 m di bawah permukaan laut. Danau yang terletak di Siberia, Rusia ini ditetapkan menjadi situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1996.


Gambar 1. Kejernihan Air Danau Baikal

Bangsa Mongol lebih tepatnya menemukan danau ini pada abad ke-13. Saat itu Bangsa Mongol mendirikan bangunan di sekitaran danau, di bawah pimpinan Jenghis Khan. Mereka membentuk sebuah suku, yaitu Suku Buryat. Suku Buryat ini menjadi satu-satunya suku yang mendiami pesisir timur Danau Suci. Sampai akhirnya pada abad ke-16 datang bangsa Rusia yang menganggap Danau Baikal ini adalah lautan. Pulau terbesar yang terdapat di kawasan danau adalah Pulau Olkhon, memiliki penghuni sebanyak 1.500 orang. Di sana terdapat pulau yang tidak berpenghuni sebanyak 27 pulau.

Danau Baikal memiliki volume air 23 ribu kilometer kubik, yang unik lagi dari danau ini adalah danau ini menjadi tempat 20 persen air tawar di dunia bahkan 90 persen lebih air tawar di Rusia. Luas permukaan yang dimiliki danau unik ini adalah 31.722 kilometer persegi, panjang danau 640 km dan lebar terpanjang yang dimiliki danau mencapai 79,5 km. Jika dilihat dari luas permukaannya memang benar-benar menyerupai lautan.


Gambar 2. Keindahan Permukaan Danau Baikal ketika Membeku.

Keindahan alam yang dimiliki Danau Baikal ini memang sangat luar biasa. Sekitar 500 ribu turis dari mancanegara mengunjungi tempat ini. Anda akan menemukan penghuni danau yang paling populer, yaitu Nerpa, anjing laut air tawar di Danau Baikal, satu-satunya jenis anjing laut air tawar. Satu lagi hewan endemik yang dimiliki danau ini, yaitu Golomyanka. Golomyanka adalah ikan yang paling unik yang dimiliki Danau Baikal. Bentuknya kecil, setengah bening dan memiliki warna berkilauan. Ikan ini kaya akan vitamin A, sepertiga tubuhnya mengandung lemak. Dan yang paling unik, jika terpapar matahari ikan ini akan meleleh, hanya tersisa lemak dan tulang. Masih banyak hewan dan tumbuhan unik lainnya yang hanya bisa anda temukan di Danau Baikal.

Oleh: Nora
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi tulisan:
http://wol.jw.org/id/wol/d/r25/lp-in/102007445
https://id.wikipedia.org/wiki/Danau_Baikal
https://tekno.tempo.co/read/news/2017/01/27/061840395/baikal-danau-terbesar-terdalam-dan-tertua-di-dunia
http://ketahui.com/yuk-ketahui-danau-terdalam-di-dunia
Sumber gambar:
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/b/b6/Beautiful-Lake-Baikal-Rusia-2.jpg
https://aura-ilmu.com/wp-content/uploads/2016/10/permukaan-danau-baikal.jpg


Related Posts :