Kamis, 26 Januari 2017

Danau Terindah Di Dunia, Danau Plitvice

Satu lagi danau unik yang akan kita ulas di sini. Danau Plitvice atau Plitvice Lake, danau yang sudah memiliki predikat danau paling indah di dunia. Danau ini berada di Taman Nasional Plitvice di Kroasia. Dan karena keindahannya yang luar biasa ini Danau Plitvice ditetapkan sebagai salah satu situs warisan UNESCO pada tahun 1979. Danau ini juga merupakan tempat pariwisata yang paling tua di Eropa.

Danau Plitvice ini sebenarnya merupakan kumpulan dari 20 danau-danau kecil yang ada di Taman Nasional Plitvice, kemudian membentuk satu danau besar. Danau ini terbentuk menjadi dua bagian, yaitu bagian atas dan bagian bawah. Terdapat air terjun menakjubkan yang mengalir di tebing pemisah danau atas dan bawah. Sungguh pemandangan yang sangat cantik. Keindahan alam yang menunjukkan kebesaran sang maha pencipta.


Gambar 1. Air terjun di Danau Plitvice

Danau ini dikelilingi tebing-tebing yang menambah eksotisnya pemandangan. Ada tiga gunung yang mengelilingi danau cantik ini, diantaranya adalah Gunung Mala Kapela, Gunung Dinaric Alps, dan Gunung Medvedak. Keunikan yang lainnya lagi adalah warna air danau. Warna air Danau Plitvice ini bisa berubah-ubah tergantung musim dan kandungan mineral air. Cahaya sinar matahari juga sangat berpengaruh pada warna air. Kadang danau berwarna biru, kadang hijau, dan terkadang abu-abu.


Gambar 2. Danau berwarna hijau

Untuk mengakses danau ini anda tidak perlu khawatir mengalami kesulitan. Pemerintah setempat menyediakan jembatan terbuat dari kayu yang bisa anda gunakan untuk menuju pusat air Danau Plitvice. Sepanjang perjalanan meniti jembatan kayu anda akan disuguhkan pemandangan hutan Eropa Timur yang masih sangat asri. Keindahan dan keasrian taman lindung ini memang sangat terjaga, pengelola memberlakukan peraturan yang sangat ketat, dilarang membuang sampah , merusak, dan mengambil situs taman nasional. Ini dilakukan untuk menjaga keberlangsungan hidup ekosistem di Taman Nasional Danau Plitvice.


Gambar 3. Jembatan kayu yang bisa digunakan pengunjung

Kecantikan panorama danau ini bisa membuat anda seolah-olah terhipnotis. Tetapi anda dihimbau untuk tetap berhati-hati karena letaknya yang berada di dalam hutan, menjadikan danau ini menjadi sumber air yang digunakan untuk kelangsungan hidup binatang buas yang ada di sana. Ada beruang, serigala, babi hutan, rusa, dan masih banyak hewan lain yang bergantung pada air danau. Karena keasriannya yang masih terjaga di taman nasional ini juga masih ditemukan hewan-hewan langka.

Walaupun keasrian dan keaslian situs di danau ini masih sangat terjaga akan tetapi perkembangan kawasan wisata di sekitar Taman Nasional Danau Plitvice saat ini berkembang sangat pesat. Banyak sekali hotel yang bisa anda gunakan untuk beristirahat. Ini salah satu faktor pendukung yang mempermudah para wisatawan ketika berkunjung.

Oleh: Nora
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi tulisan:
1. http://travel.detik.com/read/2012/02/09/180840/1838746/1025/danau-plitvice-danau-terindah-di-dunia
2. https://www.merdeka.com/gaya/danau-plitvice-surga-alam-di-antara-pegunungan-kroasia.html
Sumber gambar:
1. http://1.bp.blogspot.com/_1BZTbjlIc3M/S5vs5Aj_KsI/AAAAAAAACE8/R_IhnpONyI0/s400/plitvice-lakes-1.jpg
2. https://images.detik.com/customthumb/2012/02/09/1025/img_20120209180708_4f33a8dc8a683.jpg?w=600
3. https://images.detik.com/customthumb/2012/02/09/1025/img_20120209180556_4f33a894c9120.jpg?w=600


Related Posts :