Senin, 23 Januari 2017

Danau Tuz Galo, Danau Merah Darah dari Turki

Ditemukan lagi sebuah danau yang memiliki keunikan pada air danaunya yang berwarna merah. Sebelumnya di blog ini pernah membahas beberapa danau yang mempunyai fenomena serupa, diantaranya danau Pagaralam di Bengkulu, danau Hilier di Australia, dan yang terbaru danau Bloody di kota Sadr, Irak. Ternyata selain ketiga danau itu, salah satu danau yang terdapat di Turki juga mengalami fenomena air berwarna merah tersebut.

Adalah danau Tuz Galo yang diketahui mempunyai keunikan pada air danaunya. Selain karena fenomena air danaunya yang dapat berubah warna, masyarakat sekitar mengenal danau ini sebagai danau garam. Tidak lain, karena tingkat keasinan pada air danaunya yang begitu tinggi hingga danau Tuz Galo mampu memproduksi garam bagi kebutuhan masyarakat sekitar. Bayangkan, hampir 63% kebutuhan garam bagi masyarakat Turki diperoleh dari danau Tuz Galo.


Gambar 1: Danau Tuz Galo

Banyaknya produksi garam yang dihasilkan itu juga karena didukung oleh permukaan danau yang luas. Dengan luas wilayah 643 mi² dan panjang sekitar 49,71 mil, menjadikan danau Tuz Galo sebagai danau kedua terbesar di Turki, dan kategori danau garam terbesar ketiga di dunia. Sumber air danau ini diperoleh dari aliran dua sungai besar, air tanah, dan air permukaan. Semula warna air danaunya putih bening seperti air danau biasa, namun lambat laun seiring penyusutan pada volume airnya setiap tahun, warna air pada danau Tuz Galo pun mengalami perubahan warna.


Gambar 2: Ketika Air danau Toz Galo berwarna bening

Menurut profesor riset ekologi laut dari Stony Brook University, Christopher Gobler, mengatakan bahwa penyusutan pada volume air danau yang terjadi setiap tahun terutama ketika musim panas tiba, mengakibatkan pertumbuhan ganggang (Mikroalga dunaliella salina) pada danau berkembang pesat. Hal ini dikarenakan volume air danau yang semakin dangkal dapat membunuh plankton yang menjadi pemangsa utama keberadaan ganggang tersebut. Sementara itu, pesatnya keberadaan ganggang pada danau dengan kandungan beta karoten merahnya yang tinggi menghasilkan perubahan warna air danau menjadi berwarna merah.

Tingkatan warna merah pada air danau sebenarnya bervariasi. Pada beberapa bagian ada warna air danau berwarna pink (merah muda) dan ada pula yang berwarna merah pekat (Seperti merah darah), tapi tidak menutup kemungkinan warna merah pada air danau bisa memudar menjadi normal ketika hujan turun atau saat volume air danau bertambah. Itu biasanya terjadi sehabis musim dingin usai atau di awal datangnya musim panas saat es mencair. Ketika musim panas tiba, para wisatawan yang berkunjung ke danau ini bisa memanfaatkan air danau untuk berendam sebagai terapi kesehatan. Bukan hanya itu, wisatawan yang datang juga bisa membawa oleh-oleh berupa bongkahan batu berlapiskan garam yang mudah ditemui di sekitar danau.


Gambar 3. Keberadaan Burung Flamingo di Danau Tuz Galo

Namun perlu diperhatikan, bagi wisatawan yang berkunjung ke danau ini untuk tidak mengonsumsi garam tersebut secara langsung. Sebab tingginya tingkat keasinan garam membuat garam yang dihasilkan harus diolah terlebih dahulu agar aman dicerna tubuh. Meskipun danau ini mengandung kadar garam yang tinggi, tapi masih bisa ditemui beberapa makhluk hidup yang kerap bermain di sekitar danau, seperti burung flamingo, angsa, dan alap-alap. Terletak 105 km dari sebelah timur laut kota Konya, danau Tuz Galo ini menjadi pilihan menarik untuk telusuri saat berkunjung ke Turki.

Oleh: Roma Doni
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/travelling/15/07/26/ns2voa359-tuz-golu-danau-berwarna-merah-darah-di-turki
http://life.viva.co.id/news/read/653021-uniknya-danau-garam-di-turki
http://www.wowmenariknya.com/2015/07/danau-di-turki-berubah-warna-jadi-merah-darah.html
Sumber Gambar:
http://mister-elf.blogspot.co.id/2015/07/danau-tuz-golu-turki.html
http://travel.detik.com/read/2015/09/12/131748/3009369/1025/4/sensasi-berendam-di-danau-garam-ketiga-terbesar-di-dunia#menu_stop
http://mister-elf.blogspot.co.id/2015/07/danau-tuz-golu-turki.html


Related Posts :