Rabu, 25 Januari 2017

Danau Unik di Kepulauan Varoe, Danau Leitisvatn

Mungkin nama danau unik yang satu ini terdengar cukup asing bagi kita orang Indonesia. Ya, nama danau ini terdengar asing karena danau ini memang tidak terletak di wilayah Indonesia, melainkan berada di Pulau Vagar, yaitu salah satu pulau yang ada di Kepulauan Varoe, Denmark. Dengan luas yang dimiliki, danau ini merupakan danau paling besar yang ada di Kepulauan Varoe. Luasnya adalah 3,4 kilo meter persegi dan berada sangat dekat dengan laut, hanya sekitar 30 meter di atas permukaan laut.

Di samping keindahannya yang luar biasa danau ini memiliki keunikkan bak negeri dongeng. Jika dilihat dari atas Danau Leitisvatn ini nampak seperti danau bertingkat, danau di atas danau, sesungguhnya itu hanya tipuan pandangan saja, ilusi. Tipuan ini disebabkan karena danau ini terbelah oleh bukit. Letak danau ini berada di tebing yang mempunyai ketinggian berbeda, tinggi tebing sekitar 100 meter. Salah satu permukaan danau ada di atas dan satunya di bawah. Akan tetapi sesungguhnya permukaan danau ini menjadi satu.Untuk danau yang di bawah memiliki luas yang lebih besar daripada yang di atas.


Gambar 1. Danau di lihat dari atas, danau kecil di atas, danau besar di bawah.

Selain tipuan ilusi tadi, keunikkan lain yang dimiliki danau ini adalah letaknya yang berdekatan dengan laut. Hanya dipisahkan tebing saja, di atas tebing ada danau dan di bawah langsung lautan. Jika dinikmati dari sisi laut dan danau, akan tampak seperti lautan yang bertingkat. Danau ini memiliki ujung yang menjorok ke perairan Samudera Atlantik, lengkap dengan air terjun kecil. Mempermanis pemandangan yang ada.


Gambar 2. Danau cantik yang terkenal dengan keunikan bertingkat, di atas danau, di bawah laut

Keindahan luar biasa yang disajikan alam ini menjadi daya pikat tersendiri untuk wisatawan. Banyak sekali wisatawan yang jatuh hati dengan keelokan tempat ini. Tempat yang sangat sempurna bagi penggila selfi. Tertarik untuk berkunjung ke tempat ini? Siapkan stamina dan keuangan yang sempurna juga tentunya. Dijamin anda akan terkagum-kagum melihat keindahan alamnya.


Gambar 3. Air terjun kecil yang langsung menuju laut.

Di luar ketersohoran akan keunikannya, danau di atas danau ini menjadi penyebab adanya konflik di wilayah sekitar danau. Warga setempat sempat bersitegang memperebutkan nama Danau Leitisvatn ini. Perselisihan bermula dari letak danau yang berada di dua desa, yaitu Desa Sorvagur dan Desa Midgavur. Warga di Desa Midgavur menyebut nama danau ini adalah Leitisvatn, sementara warga di Desa Sodvagur menyebut nama danau ini dengan nama desa mereka. Dan akhirnya untuk kenyamanan penduduk dan mereda konflik yang ada, di ambil kesepakatan bahwa nama danau itu adalah Vatni yang memiliki arti danau. Meskipun penduduk setempat menyebut danau itu Vatni tetapi si danau cantik ini sudah terlanjur di kenal dengan sebutan Danau Leitisvatn.

Oleh: Nora
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi tulisan:
http://palingseru.com/13327/danau-leitisvatn-danau-yang-berada-di-atas-danau
Sumber gambar:
1. http://images.detik.com/content/2012/09/24/1383/155429_danautingkat3.jpg
2. http://cdn2.tstatic.net/travel/foto/bank/images/leitisvatn-faroe_20160901_225913.jpg
3. http://cdn-2.tstatic.net/travel/foto/bank/images/leitisvatn-faroe_20160901_230059.jpg


Related Posts :